Kode Remot Untuk TV JVC Dan Cara Mensettingnya

Kode Remot Untuk TV JVC Dan Cara Mensettingnya

Kode Remot Untuk TV JVC Dan Cara Mensettingnya – Kamu sedang kebingungan karena TV JVC kamu remotnya hilang atau rusak, tenang saja kamu bisa menggantinya dengan remot universal. Tetapi supaya remot bisa berfungsi dengan baik kamu memerlukan yang namanya kode remot. Nah pada artikel kali ini kami akan membahas tentang kode remot untuk TV JVC dan cara mensettingnya supaya remot bisa berfungsi dengan benar.

Tetapi sebelum itu kita akan membahas sedikit tentang TV dan merk JVC terlebih dahulu sebagai wawasan.

Sedikit Tentang TV

Televisi atau kadang juga disebut dengan TV, merupakan media telekomunikasi untuk melakukan transmisi suara dan gambar yang bergerak. Istilah ini bisa mengarah kepada pesawat televisi atau media transmisi pada televisi. Televisi juga menjadi salah satu media massa untuk mengiklankan produk, berita, hiburan, dan lain lain.

TV juga tersedia dalam bentuk eksperimental kasar pada akhir tahun 1920 an, tetapi itu hanya beberapa tahun setelah pengembangan lebih lanjut pada teknologi baru akhirnya dipasarkan ke konsumen. Setelah berakhirnya Perang Dunia ke 2, bentuk lebih baik dari penyiaran TV hitam putih menjadi terkenal di negara Inggris dan Amerika, dan TV menjadi barang yang biasa ada di rumah, tempat bisnis, dan institusi pemerintahan. Selama tahun 1950 an, TV sudah media utama yang dipakai untuk mempengaruhi opini publik. Pada pertengahan tahun 1960 an, siaran berwarna mulai diperkenalkan di Amerikan dan sebagian besar negara maju.

Munculnya berbagai jenis media untuk menyimpan arsip seperti Betamax dan VHS, DVD, Blu-ray Disc definisi tinggi, hard disk drive yang mempunyai kapasitas yang lebih tinggi, flash drive, dan perekam video digital cloud sudah memungkinkan penonton untuk menonton kembali apa yang sudah direkam sebelumnya, Seperti film contonya.

Trending :  Cara Masuk Service Mode Tv Akari Dengan Mudah

Sedikit Tentang JVC

Merk JVC pada TV adalah salah satu merk TV yang bisa kamu temukan di Indonesia. TV JVC merupakan produk yang berasal dari perusahaan Jepang. JVC mempunyai kepanjangan berupa Victor Company of Japan, berdiri sejak tahun 1927 dan diklaim sebagai perusahaan yang memproduksi TV dan perangkat video recorder pertama di Jepang.

JVC juga membuat barang elektronik lain, seperti video player, audio recorder, radio, software, aksesoris komputer, dan lainnya. TV mungkin menjadi produk yang diunggulkan oleh JVC dan tersedia dengan berbagai jenis seperti TV layar tabung sampai TV layar LED.

Salah satu masalah yang mungkin hampir dialami semua pemilik TV yaitu remot TV hilang atau rusak. Seperti yang kita ketahu jarang sekali ada produsen TV yang menjual remot secara terpisah, termasuk juga merk JVC.

Solusi yang bisa kita lakukan yaitu dengan menggantinya dengan remot TV universal karena bisa dipakai untuk semua merk TV yang tersedia. Remot ini juga bisa ditemukan dihamoir semua toko elektronik online atau offline, harganya juga terjangkau. Sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak hanya untuk remot ini.

Untuk bisa memakainya di TV JVC, dibutuhkan penyetinggan dan kode khusus untuk remot yang harus dimasukkan.

Fungsi Kode Remot TV

Sebelum lanjut membahas tentang kode remot TV untuk TV JVC, lebih baik kamu mengetahui lebih dahulu tentang apa itu fungsi dan kegunaan kode remot TV. Fungsi kode remot sendiri adalah untuk menghubungkan antara remot universal atau remot pengganti dengan TV supaya fungsinya normal seperti remot aslinya.

Karena jika menganti remot asli dengan remot universal dan remot langsung dipakai, akan membuat remot tidak akan berfungsi seperti remot aslinya. Jadi diharuskan untuk masukkan kode remot sesuai dengan merk dan juga dari jenis TV yang dipakai.

Trending :  Kode Remot TV Sony Tabung LED Dan LCD

Kode ini terdari dari 3 digit angka dan pada setiap TV mempunyai kode yang berbeda beda. Seperti contohnya kode remot pada TV JVC akan berbeda dengan TV merk Akari, Polytron, SHARP, Panasonic, dan merk merk TV lain.

Kode Remot TV JVC

Untuk kode remot TV dibedakan berdasarkan jenis TV. Untuk TV JVC jenis layar LED dan LCD mempunyai kode remote TV yang sama. Supaya lebih jelas silahkan simak dan ikuti pembahasan di bawah sampai selesai.

TV JVC Tabung

  1. 004
  2. 024
  3. 103
  4. 089
  5. 156
  6. 161

TV JVC LED/LCD

  1. 101
  2. 115
  3. 332
  4. 665
  5. 889

Cara Memsetting Kode Remot TV JVC

Untuk memakai remot universal supaya bisa bekerja pada TV JVC, maka harus dilakukan penyettingan terlebih dahulu dengan memasukkan kode remot yang sudah kami sebutkan diatas pada remot universal.

Untuk cara menyettin remot universal silahkan ikuti langkah langkah berikut ini:

  1. Pastikan kamu sudah mempunyai remot TV universal.
  2. Nyalakan TV dengan menekan tombol power.
  3. Pilih kode remot.
  4. Kemudian tekan tombol SET dan tahan pada remot universal sampai lampu indikator pada remot menyala.
  5. Jika lampu indikator sudah menyala, masukkan kode secara urutan misal 004, maka mulai dari 0 – 0 – 4 pada tombol di remot.
  6. Jika sudah lampu indikator pada remot akan mati dengan sendiri.
  7. Setelah itu silahkan coba arahkan remot ke TV, sambil menekan tombol tombol remot satu per satu.
  8. Jika semua tombol sudah berfungsi sebagai mana semestinya, berarti penyetingan remot sudah selesai. Tetapi jika masih belum, silahkan coba masukkan kode lain sampai bisa merespon.
  9. Dan jangan lupa untuk mencatat kode tersebut dan disimpannya, supaya jika remot rusak atau batrainya harus diganti hanya tinggal memsettingnya lagi.
Trending :  Cara Pasang Parabola Mini KVision Khusus Pemula

Tetapi jika cara diatas belum berhasil, dan sudah memasukkan semua kode yang kami sebutkan diatas, maka cobalah cara kedua,

Cara Kedua

  • Tekan tombol SET pada remot dan tahan tunggu sampai lampu indikator remot menyala.
  • Kemudian arahkan remot ke sensor yang ada di TV.
  • Lalu tekan tombol volume min (-) atau volume plus (+) berulang kali sampai muncul tanda volume pada layar TV.
  • Jika sudah muncul tanda Volume, coba tekan tombol SET kembali sampai lampu indikator pada remot mati.
  • Kemudian coba tekan tombol tombol lain yang ada di remot, apakah tombol sudah sesuai fungsinya, jika sudah sesuai pengaturan setting remot universal berarti sudah selesai.
  • Namun jika belum, coba diulangi cara diatas hingga tombol berfungsi sesuai dengan fungsinya.

Tips Sebelum Memakai Kode Remot

Tidak hanya mengetahui tentang kode remot dan cara settingnya saja. Kamu juga harus menetahui beberapa tips sebelum melakukan penyetingan pada remot. Terdapat beberapa hal perlu diperhatikan supaya nantinya remot bisa bekerja dengan lancar.

  • Pertama, periksa dan pastikan remot universal kecocokan dengan merek TV dan jenis.
  • Memilih remot universal yang kemungkinan mudah dipakai.
  • Masukkan salah satu dari semua kode remot TV yang sudah kami sebutkan tadi.

Kata Penutup

Demikian informasi tentang Kode Remot Untuk TV JVC Dan Cara Mensettingnya, remot universal memang bisa dipakai untuk semua merk dan jenis TV. Tetapi kodenya pasti berbeda setiap merk dan jenisnya, jadi tinggal sesuaikan saja. Sekian dari teknowarta sampaikan semoga bermanfaat dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.