Cara Menyambung Kabel Listrik Yang Benar

Cara Menyambung Kabel Listrik Yang Benar

Cara Menyambung Kabel Listrik yang Benar – Sebenarnya jika kabel mengalami putus yang benar yaitu dengan tidak meyambung atau dipasang secara benar. Tetapi pada beberapa kondisi mengharuskan kita melakukan penyambungan pada kabel yang terputus.

Walapun kita tidak bekerja pada bidang kelistrikan, tetapi melakukan penyambungan pada kabel sebenarnya bukanlah sesuatu yang sulit untuk dipelajari. Nah, apakah ingin mengetahui cara untuk menyambung kabel listrik yang benar. Dan tentu saja sesuai prosedur penginstalasi listrik dengan aman.

Nah pada artikel kali ini, teknowarta akan membahas dengan detail tentang cara penyambungan kabel listrik dengan benar dan lengkap. Disertai juga langkah langkah supaya mudah untuk dipelajari. Langsung simak saja rangkumannya di bawah.

Pentingnya Melakukan Penyambung Kabel Listrik Dengan Benar

Walapun kita tahu bahwa mengatasi kabel yang putus yaitu dengan menggantinya dengan kabel yang baru. Tetapi terkadang ada saja kondisi tertentu kita membutuhkannya untuk melakukan penyambungan kabel listrik.

Tetapi dalam kondisi terdesak, mengetahui cara untuk mengatasi penyambungan kabel listrik supaya tidak tersengat listrik sangatlah penting untuk diketahui.

Dalam urusan penyambungan kabel listrik tentu saja harus dilakukan sesuai dengan prosedur. Jika proses penyambungannya kurang baik, akan mengakibatkan dampak buruk pada instalasi listrik rumah, bahkan juga bisa menyebebkan bahaya pada lingkungan sekitar. Mengapa bisa seperti itu? Berikut kami ramgkumkan beberapa penjelasannya.

  • Kabel yang disambung dengan baik akan menyebabkan aliran listrik bisa terputus sewaktu waktu.
  • Sambungan listrik yang tidak baik bisa saja memercikkan api. Hal ini bisa menjadi pemicu kebakaran karena akibat konsleting listrik pada sambungan.
  • Sambungan listrik yang kurang baik juga bisa menyebabkan terjadinya resiko sengatan listrik atau bahkan konsleting listrik.
  • Kabel listrik yang disambung sembarangan bisa saja fungsinya tidak maksimal dan rentan mengalami kerusakan lainnya.

8 Cara Menyambung Kabel Listrik Yang Aman

Sebenarnya terdapat beberapa cara yang bisa dipakai dalam penyambungan kabel. Baik cara penyambungan kabel secara paralel atau seri. Tentunya juga dibutuhkan cara dan trik yang benar supaya hasilnya maksimal.

Berikut kami berikan beberapa tips tentang cara menyambung kabel listrik yang baik dan benar. Berikut lebih jelasnya!

1) Sambungan Mata Itik

Dikatakan sebagai mata itik karena sambungan ini mempunyai bentuk yang bulat atau lingkaran pada bagian ujung. Sambungan Mata Itik biasanya dimanfaatkan dengan proses penempatan sekrup atau baut. Tujuannya supaya bisa melekat dengan kuat pada rangkaian.

Sambungan mata itik juga bisa dipakai untuk beberapa kebutuhan khusus. Misalnya seperti instalasi pada fitting, saklar inti tunggal dan masih lagi.

2) Sambungan Connector Cable

Pada teknik penyambungan satu ini lumayan unik, karena memakai konektor. Konektor kabel sendiri mempunyai berbagai bentuk, salah satunya ada yang mirip selongsong.

Konektor kabel sendiri fungsi untuk menyambung 2 kabel, baik yang kawat tembaganya tunggal atau serabut. Untuk menyambung kabel memakai cara ini, kamu bisa mengikuti langkah langkah seperti berikut:

  • Kupas bagian kulit kabel dari kedua ujungnya yang akan disambung, panjangnya sesuai kebutuhan.
  • Lalu masukkan kedua ujung kabel yang sudah dikupas tadi.
  • Selanjutnya, jepit konektor kabel memakai tang skun supaya sambungannya bisa melekat dengan kuat.

3) Sambungan Scarf

Teknik pada sambungan Scarf memang mirip dengan sambungan Britania. Yaitu karena cara ini juga sama memanfaatkan kabel tembaga kecil sebagai pengikat kedua kabel. Cara pemasangannya pada teknik ini silahkan ikuti langkah berikut:

  • Siapkan dulu kabel kecil, sebaiknya kabel kecil pipihkan dahulu supaya sambungan tidak terlalu besar.
  • Siapkan dua kabel yang sudah dikupas ujungnya, lalu letakkan kedua inti kabel tersebut secara bersisian.
  • Kemudian, lilitkan kabel tadi yang sudah dipipihkan.
  • Caranya dengan melilit kabel secara kuat mengitari kabel utama.
  • Pastikan lakukan ikatan dengan kuat supaya tidak mudah terlepas.

4) Sambungan Pig Tail atau Ekor Babi

Sambungan pig tail atau ekor babi merupakan salah satu cara sederhana dan cukup mudah untuk dilakukan dalam penyambungan kabel. Jenis sambungan satu ini sangat efektif dipakai. Terutama jika kamu ingin tahu tentang cara menyambung kabel tunggal.

Berikut adalah cara menyambungkan kabel dengan memakai sambungan Pig Tail atau ekor bagi:

  • Pertama, kengupas terlebih dahulu pada bagian isolasi kira kira panjangnya sekitar 2 atau 3 cm. biasanya bagian ini ada di ujung kabel listrik. Jadi, pengupasan dilakukan hingga terlihat bagian inti kabel.
  • Setelah inti kabel sudah terlihat, gabungkan saja kedua ujung kabel menjadi satu. Dan satukan keduanya dengan cara memplintirnya.
  • Setelah sambungan menempel dengan rapat, potong ujung kabel supaya rapi.
  • Kemudian, kamu bisa memakai solasi khusus untuk menutup sambungan supaya aman.

5) Sambungan Joint Sleve

Sambungan jenis ini sekilas mirip seperti sambungan connector cable. Tetapi bedanya, pada joint sleve lebih sering dipakai pada penyambungan kabel dengan ukuran yang besar.

Joint sleve juga sering dipakai untuk menyambung kabel kabel yang terbuat dari berbagai bahan. Seperti kabel yang terbuat dari bahan tembaga, aluminum dan lainnya.

6) Sambungan Scun Cable

Pada Sambungan Scun Cable jika dilihat, cara penyambungan ini hampir sama dengan metode mata itik. Hanya saja, perbedaan terletak pada proses penyambungannya yang tidak harus dibentuk melingkar lebih dahulu.

Untuk cara melakukan penyambungan silahkan ikuti langkah langkah berikut ini:

  • Pertama, kupas terlebih dahulu ujung kabel.
  • Kemudian pasangkan dahulu Scun Cable yang berbentuk bulat pada ujung kabel.
  • Manfaatkan baut atau juga bisa skrup sebagai pengikat supaya sambungan lebih kuat.

7) Sambungan Bolak Balik

Cara penyambungan kabel pada metode bolak balik ini mempunyai banyak kelebihan. Seperti sambungan yang lebih kuat sehingga sambungan tidak mudah untuk terlepas.

Jika sedang mencari cara untuk menyambungkan kabel listrik 3 warna atau lebih, cara bolak balik ini bisa menjadi pilihan yang benar. Cara silahkan ikuti langkah langkah berikut ini:

  • Kupas ujung kabel dengan panjang sekitar 3 sampai 4 cm.
  • Posisikan kedua kabel tersebut dengan sejajar.
  • Selanjutnya silangkan kedua ujung kabel sampai membentuk huruf X.
  • Kemudian putar kedua kabel secara bersamaan.
  • Sisa kabel yang mempunyai ujung lebih panjang bisa kamu bengkokkan sampai posisi 180 derajat atau seperti garis lurus.
  • Terakhir, putarkan kedua seperti pada langkah diawal supaya sambungan menjadi lebih kuat.

8) Menyambung Kabel Dengan Solder

Menyambung kabel dengan mensoldernya biasa dipakai untuk penyambungan kabel yang mempunyai inti serabut. Seperti yang kita ketahui, ukuran inti pada kabel serabut cukup kecil sehingga kurang memungkinkan jika harus melilitnya dengan tangan.

Cara menyambung kabel memakai solder ini juga lebih mudah. Bahkan bagi pemula pasti bisa melakukannya. Untuk langkah langkahnya silahkan ikuti yang kami bagikan berikut ini.

  • Kupas ujung kedua kabel serabut yang nantinya akan disambung.
  • Setelah karet kabel atau bagian luar dari kabel bersih pada bagian ujungnya, satukan kedua ujungnya kabel dengan cara dipuntir.
  • Selanjutnya kamu bisa memakai alat solder dan tinol untuk merekatkan kedua ujunga kabel.

Kata Penutup

Demikian yang teknowarta sampaikan sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.