Booster Antena TV Terbaik Beserta Cara Memasangnya

Booster Antena TV Terbaik Beserta Cara Memasangnya – Televisi atau TV merupakan salah satu alat elektronik yang saat ini hampir dimiliki oleh setiap rumah di Indonesia. Tentang Televisi adapun juga masalah-masalah yang seringkali dialami oleh para penggunanya. Salah satu contoh masalah yang seringkali terjadi yaitu hilangnya suatu saluran atau gambar yang kurang jernih atau jelas dan masih banyak lagi permasalahan yang lainnya.

Jika kalian mengalami masalah gambar siaran kurang jernih, maka kalian membutuhkan Booster antena TV. Booster antena TV merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk menguatkan sinyal yang diperoleh antena TV dari stasiun pemancar TV yang kalian tonton agar dapat menghasilkan kualitas gambar serta suara yang lebih bagus dan jernih.

Jika kalian tinggal di lokasi yang jauh dari pemancar TV, mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan antena TV indoor booster. Tentunya instalasi antara TV tanpa booster dengan instalasi antena TV menggunakan booster ada perbedaannya. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut.

Antena TV Indoor Booster

Jika kebetulan lokasi rumah kalian jauh dari kota dan tidak bisa mendapat cukup sinyal untuk menonton TV dengan jernih, maka dengan menggunakan TV booster ini bisa menjadi solusi untuk kalian.

Berikut ini adalah keuntungan atau fungsi antena booster TV khususnya untuk bagian indoor:

  1. Lebih Mudah Instalasi dan Lebih Aman

Sebagian pengguna ada yang meletakan booster di luar rumah dengan ketinggian yang sama dengan antena. Padahal dari namanya saja sudah indoor, yang dimana kita bisa memasangnya didalam rumah dan akan tetap mendapatkan sinyal yang bagus.

Trending :  Rekomendasi Merk Antena TV Terbaik

Jika Booster TV diletakan di luar rumah, tentunya akan lebih mudah terkena petir dan bisa menyebabkan konslet. Dan jika disaat yang bersamaan kalian sedang menonton TV, maka TV akan mudah tersambar petir. Selain itu meletakannya diluar rumah juga beresiko terkena berbagai gangguan alam.

  1. Kualitas Gambar yang Lebih Baik

Booster TV ini mempunyai fungsi utama yaitu untuk memperkuat sinyal dari antena TV, jadi ia akan menguatkan sinyal yang diterima oleh antena lalu meneruskannya ke TV. Dengan demikian, maka gambar yang dihasilkan pun akan jadi lebih jernih dengan variasi TV jadi lebih beragam.

Tak hanya itu saja, booster antena TV jenis indoor ini juga lebih mudah untuk dibersihkan, begitupun juga dengan perawatannya. Karena booster disimpan didalam ruangan, tentunya akan membuatnya tahan lama karena tidak terkena hujan dan panas matahari.

Cara Memasang Kabel Antena TV ke Booster

Untuk memasang kabel antena TV ke Booster itu tidaklah rumit, asalkan kalian mau mengikuti cara-cara berikut dengan benar. Berikut langkah-langkah pemasangannya:

  • Pertama-tama kalian siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan seperti Booster TV, kabel yang sesuai dengan yang dibutuhkan dan juga panduan singkat tentang pemasangan dari produk Booster yang akan dipasang.
  • Selanjutnya kalian harus memperhatikan port Booster, ada 2 jalur yang harus kalian pasangkan. Periksalah apakah kabel yang kalian sediakan sudah sesuai dengan ukuran yang disediakan.
  • Setelah itu pasangkan jalur kabel pertama yang mengarahkan antena ke port TV dan dilanjutkan dengan memasang jalur kabel antena TV menuju Booster.
  • Dari antena menuju Booster terdapat 3 jalur tambahan, yang antara lain bagian antena UHF dan antena VHF serta bagian bawah. Pasangkan kabel sesuai dengan tempat yang sudah tersedia pada Booster.
  • Jika sudah terpasang dengan sempurna semua kabelnya, itu artinya penyambungan port Booster telah selesai. Sebelum kalian menggunakannya, sebaiknya kalian periksa sekali lagi apakah pemasangan kabel sudah benar atau belum.
Trending :  6 Langkah Cara Pasang Antena TV Di Rumah Yang Baik Dan Benar.

Booster Antena TV Terbaik

Jika kalian sudah mengetahui cara untuk memasang Booter antena TV, maka kalian harus tahu brand Booster mana sajakah yang mempunyai kualitas baik. Dengan antena TV yang bagus dan berkualitas, maka gambar yang dihasilkan juga akan lebih bagus.

Sebenarnya untuk sekarang ini sudah banyak antena TV terbaik yang sudah termasuk dengan internal booster, sehingga dalam pemasangannya lebih mudah dan cepat. Berikut adalah beberapa antena tersebut.

  1. Skybox Set Top Box DVB T2

Yang pertama adalah Skybox Set Top Box DVB T2. Booster keluaran Skybox ini, akan merubah sinyal digital menjadi sinyal analog supaya bisa menghasilkan gambar yang lebih jernih, serta suara yang lebih jelas. Selain itu kalian juga bisa merekam serial favorit kalian menggunakan flashdisk, yang dimana fitur ini jarang bisa kalian temui di booster lainnya.

Pada booster DVB T2 ini tentunya sudah support dengan input antenna UHF

Kalian bisa mendapatkan booster antena TV Skybox ini dengan harga sekitar Rp300.000 – Rp400.000 ribuan.

  1. Falcom FDA S400

Selanjutnya adalah Falcom FDA S400. Brand Falcom membuat produknya terbuat dari metal, sehingga akan lebih aman dari interferensi gangguan sinyal untuk TV kalian.

Dengan bahan yang terbuat dari metal, maka bodi dari booster ini tidak akan mudah rusak, meskipun diletakkan di luar ruangan dengan cuaca yang ekstrim sekalipun.

Kalian bisa mendapatkan booster antena TV Falcom S400 dengan harga berkisar 1 jutaan dan sudah tersedia tipe indoor dan outdoor.

  1. Booster PF DX W9900

Selanjutnya adalah Booster PF DX W9900. Booster antena TV ini cocok sekali bagi kalian yang sedang mencari booster antena TV dengan harga yang terjangkau karena Booster ini hanya berkisar Rp100.000 an saja harganya. Kalian tidak perlu khawatir, karena dengan harga tersebut booster ini sudah mempunyai penguat sinyal dari antena TV yang cukup memadai.

Trending :  Tinggal di Daerah Terpencil? Inilah 7 Antena TV Digital Terbaik untuk Anda!

Untuk memasang booster ini ada 2 bagian yang harus kalian pasangkan pada indoor dan outdoor. Kualitas gambar tentunya akan berbeda jika pemasangan booster hanya dilakukan di indoor saja.

Berikut ini adalah beberapa fitur booster nya:

  1. Gain Control
  2. Super High Power
  3. Super High Gain
  4. Super Low Noise
  5. Hybrid Filter
  6. Selector Switch
  7. Max Gain : 48dB
  8. Booster Rapid 8620SA2

Yang terakhir adalah Booster Rapid 8620SA2. Booster ini juga mempunyai harga yang terjangkau dengan penguat sinyal yang cukup baik. Jika kalian mempunyai 2 unit TV, maka booster yang satu ini cocok untuk kalian karena dengan harga yang murah sudah bisa mendapatkan booster dengan output untuk 2 unit TV.

Jika menggunakan booster ini, maka kalian sudah tidak perlu pusing-pusing lagi mencari-cari paralel booster antena TV lagi.

Dibawah ini adalah spesifikasi dari booster Rapid 8620SA2 yang harus kalian tahu:

  1. CATV Signal Amplifier 2 Way : IN (Antena), OUT (2 unit TV)
  2. Gain Control Lampu Power
  3. LED Penggunaan
  4. Penggunaan indoor
  5. Material : Aluminium
  6. Daya : 1 Watt
  7. Tegangan : 220 Volt
  8. Frekuensi : 50Hz
  9. Amplify Gain : 20dB (Max)
  10. Berat : 50 gram
  11. Dimensi : 7.9 x 5.8 x 2.8 cm

Untuk mendapatkan Booster ini, kalian hanya perlu mengluarkan uang paling mahal Rp100 ribuan saja, tetapi jika dicari dipasaran maka akan tersedia beberapa merek seperti Rapid, Rayden, JMA dan NEWSAT.

Akhir Kata

Dan itulah tadi Booster antena TV terbaik beserta cara memasangnya yang bisa kalian coba ikuti. Adapun harga dari booster yang cukup mahal hingga yang terjangkau. Semoga informasi tentang Booster yang telah disampaikan diatas bisa bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.