Tutorial Cara Memprogram TV SHARP

Tutorial Cara Memprogram TV SHARP

Tutorial Cara Memprogram TV SHARP – Kamu pengguna TV dari merk SHARP dan tidak tahu caranya untuk memprogram TV SHARP? Kamu masuk ke artikel yang tepat kare teknowarta akan membahas cara memprogram TV SHARP. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

SHARP adalah salah satu merk barang elektronik multi nasional dari Jepang yang ada di Indonesia, SHARP Corporationsebagai perusahan pemilik merk SHARP yang berkantor di Sakai, Perfektur Osaka Jepang. Produk produk elektronik yang dihasilkan oleh SHARP seperti AC, mesin cuci, lemari es, dan TV. TV dari SHARP juga terdapat beberapa jenis.

Jenis Jenis TV Dari SHARP

Sebelum membahas tentang cara memprogram pada TV SHARP, sebaiknya mengetahui dahulu beberapa jenis pada TV yang ada sekarang ini. Ini disebabkan karena setiap jenis TV mempunyai cara kerja yang berbeda. Berikut beberapa jenis TV yang masih bisa ditemui sekarang ini:

1) TV Layar Tabung

Jenis TV pertama merupakan TV layar tabung yang memanfaatkan teknologi yang namanya Cathode Ray Tube atau disingkat CRT dengan ciri ciri yang dimilikinya yang berbadan lebar dengan bentuk tabung pada bagian belakang. TV jenis ini dikatakan sebagai TV yang berteknologi lama dan masyarakat mulai meninggalkannya seiring teknologi LED terus berkembang.

Walapun jenis lama, TV layar tabung masih unggul di beberapa sisi. Pertama harganya yang lebih terjangkau dibanding dengan TV jenis lainnya. TV ini juga mempunyai sudut pandang yang luas dan gambar yang jernih. Tetapi sayangnya, TV tabung memerlukan daya listrik yang tidak kecil dan ukuranya yang memakan banyak tempat.

2) TV Plasma

TV jenis ini merupakan TV yang masuk dalam kategori High Definition Television atau HDTV yang memanfaatkan gas bernama neon dan xenon. Jika kedua gas tersebut terkena aliran listrik maka akan memunculkan sinar dan membentuk bayangan yang kamudian diteruskan ke layar yang ada di depannya.

Trending :  Cara Melakukan Registrasi K-Vision Bagi Pemula

Kelebihan dari TV jenis plasma ini yaitu sudut pandangnya yang cukup lebar, mempunyai kontras yang tinggi, dan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan TV layar LCD atau LED. Kekurangannya, TV Plasma mempunyai penggunaan listrik yang besar, berat, dan gambar yang akan memudar jika memakainya dalam waktu lama.

3) TV LCD

Jenis ini merupakan satu jenis TV yang sedang banyak dicari masyarakat sekarang ini. Cara kerja dari TV ini yaitu dengan memanfaatkan kandungan liquid crystal yang juga membutuhkan cahaya dari luar supaya bisa memunculkan gambar. Selain mempunyai gambar yang kualitasnya lebih baik jika dibanding dengan TV tabung atau TV plasma, TV LCD juga membutuhkan daya yang lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis sebelumnya.

Bentuknya yang ramping juga akan memudahkan pengguna menaruh TV LCD di atas meja atau menempelnya di dinding. Ya walau begitu, TV LCD juga mempunyai kekurangan, yaitu sudut pandang yang sempit, refresh, dan response rate yang kalah jika dibandingkan dengan TV tabung atau TV plasma.

4) TV LED

Brand SHARP juga ikut mengeluarkan TV berjenis layar LED. Sekarang ini, TV LED merupakan TV yang cukup banyak diminati masyarakat. Dengan kelebihan kelebihan yang bisa diberikan TV jenis ini seperti gambar yang tajaman, penggunaan daya yang kecil, dan ukurannya yang ramping.

Untuk kekurangan dari TV jenis ini yaitu harganya yang lumayan mahal jika dibanding dengan jenis TV lainnya. Wajar saja, melihat teknologi yang ada di TV jenis ini, mulai dari layar yang dipakai, fitur-fitur di dalamnya, dan semua kelebihan lain yang diberikan TV jenis LED ini.

5) Smart TV

Smart TV adalah jenis TV modern yang memanfaatkan internet dalam penggunaannya. Dengan adanya fitur ini, memungkinkan kamu memakai Smart TV untuk menonton Youtube, film di Netflix, atau melihat channel channel kesukaan kamu.

Trending :  Cara Pasang Parabola Mini KVision Khusus Pemula

Smart TV biasanya sudah ditanamkan OS (sistem operasi) tertentu yang dirancang pabrikan pembuatnya. Dan ada juga Smart TV yang memakai OS Android atau biasanya disebut sebagai Android TV. Dengan seperti itu, kamu bisa melakukan banyak hal pada TV seperti kamu sedang memakai smartphone.

Cara Memprogram TV Merk SHARP

Terdapat beberapa hal yang harus dilakukan ketika melakukan pemprograman pada TV SHARP supaya bisa dipakai dengan normal. Sebenarnya, TV Sharp sendiri terdapat beberapa jenis yang beredar dipasaran, cara pemrogramannya juga terdapat sedikit perbedaan. Untuk itulah, kali ini akan membahas caranya secara umum saja:

1) Mencari Channel Pada TV SHARP

Pertama yang harus dilakukan pada TV SHARP baru yaitu mencari channel TV yang natinya akan ditonton. Pastikan juga remote TV berfungsi dengan baik dengan mencoba melakukan hal hal sederhana seperti menyalakan dan mematikan TV memakai tombol power di remot. Jika sudah, ikuti langkah langkah berikut ini:

  1. Pertama, nyalakan TV dengan menekan tombol power pada remot.
  2. Setelah itu, tekan tombol Menu pada remot.
  3. Setelah tampilan menu muncul, silakan pilih Programme Setup. Kamu bisa memakai tombol navigasi atas, bawah, kiri, dan kanan untuk memilih menu.
  4. Jika sudah, kemudian tekan OK atau Enter.
  5. Setelah masuk ke dalam menu Programme Setup, kamu akan melihat beberapa pilihan seperti Auto Installation, Auto Search, Manual Adjust, dan Programme Edit. Untuk menemukan channel TV secara otomatis, pilih saja Auto Search.
  6. Kemudian tekan OK atau Enter.
  7. Kemudian menu baru dengan tulisan Start Scan akan muncul. Klik opsi tersebut dengan menekan tombol OK atau Enter untuk memulai pencari channel TV.
  8. Tunggu proses pencarian channel selesai.
  9. Jika ingin melakukan pencarian channel TV secara manual, kamu bisa memilih Manual Adjust di dalam menu Programme Setup. Setelah itu, kamu bisa mencari dan menentukan letak channel TV sendiri.
Trending :  Cara Mudah Memprogram TV Digital Dengan Benar

2) Reset Ulang TV SHARP

Opsi ini sebenarnya sudah coba dilakukan pada TV SHARP Aquos. Jika kamu adalah seprang pengguna TV SHARP dari seri lain, sesuaikan saja langkah langkahnya. Untuk caranya silahkan ikuti berikut ini:

  1. Pertama, nyalakan TV dengan menekan tombol power pada remot.
  2. Pastikan remote berfungsi dengan baik.
  3. Selanjutnya, geser ke menu TV Setup memakai tombol navigasi kanan dan kiri.
  4. Pada kategori Picture, kamu akan menemukan opsi Reset di bagian paling bawah.
  5. Silakan pilih opsi Reset, kemudian tekan OK atau Enter.
  6. Setelah itu, kamu diharus untuk memasukkan kode kontrol orang tua jika sebelumya kamu melakukan pengaturan tersebut. Tapi jika tidak, skip saja tahap ini.
  7. Jika sudah, pilih YA, Kemudian tekan OK atau Enter.
  8. Kemudian akan muncul pesan konfirmasi untuk melakukan reset, pilih YA sekali lagi.
  9. Jika sudah, tunggu sampai proses reset selesai dilakukan. Pastikan aliran listrik pada TV tidak terputus ketika proses tersebut sedang berjalan. Dan Selesai.
  10. Pada tahap ini, TV akan kembali ke pengaturan awal sehingga harus untuk mencari channel TV lagi karena channel TV yang tersimpan sebelumnya sudah hilang.

Secara merk SHARP adalah salah satu merek TV terkenal di Indonesia yang kualitas yang cukup bagus. Itu terbukti dengan banyaknya pengguna yang bisa memakai TV merk SHARP dalam waktu yang lumayan lama. Jika kamu termasuk salah satu pengguna TV SHARP, harus kamu tahu cara memprogram TV SHARP yang sudah kami sebutkan di atas.

Kata Penutup

Itulah Cara Memprogram TV SHARP yang sudah teknowarta rangkumkan dan bisa kamu ikuti supaya kamu bisa mengunakan TV SHARP dengan lebih mudah. Sekian semoga bermanfaat dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.