Cara Merakit Transistor Final Toshiba 2 set Dengan Cara Paralel

Cara Merakit Transistor Final Toshiba 2 set Dengan Cara Paralel – Agar suara dari amplifier Toshiba bisa lebih optimal, biasanya orang-orang akan merakit transistor final secara parallel. Sebenarnya merakit transistor final ini tak hanya untuk mengoptimalkan suaranya saja, tapi bisa juga untuk menambah rangkaian transistor sehingga akan mengurangi beban kerja dari transistor tunggal yang ada di amplifier.

Namun kalian juga harus mewaspadai skema parallel transistor final. Jika kita menambahkan jumlah transistor final merk Sanken, Toshiba atau apapun itu, maka akan memberikan efek domino. Efek domino ini berupa pasokan daya drop. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah resistor untuk tr final Toshiba.

Jika kalian sudah berniat untuk merakit transistor final Toshiba 2 set sendiri, maka kalian bisa melihat  cara mudah merakit transistor final Toshiba 2 set secara paralel yang ada di bawah ini.

 

Manfaat Menambah Transistor

Sebelum ke caranya, alangkah baiknya kalian ketahui dulu apa saja manfaat dari menambahkan transistor. Jika kalian menambahkan transistor, maka kalian akan mendapatkan beberapa manfaat yang  antara lain:

  • Manfaat pertama, jika kalian melakukan penambahan dengan cara parallel, transistor final pada sebuah amplifier merupakan terjadinya penambahan daya amplifier. Jadi jika semakin banyak memasang transistor, maka konsekuensi logisnya adalah daya yang dihasilkan juga semakin tinggi. Tetapi pada saat yang sama beban amplifier juga akan semakin berat.
  • Manfaat Kedua, jika kalian menambahkan jumlah transistor final, maka beban kerja dari masing-masing transistor nantinya akan berkurang. Tetapi perlu kalian ingat, bahwa hal ini juga akan menyebabkan daya watt yang digunakan juga akan bertambah.

Kalian harus memahami bahwa saat kalian menambah rangkaian TR final, maka kalian harus menambahkan juga kemampuan pada trafo yang digunakan. Kalian harus memperhitungkan hal ini matang-matang karena semakin banyak TR final yang dipasang, maka daya dan beban nya juga akan  bertambah.

Transistor final Toshiba 2 set dengan cara paralel yang mengabaikan penambahan pada daya trafo maka manfaat utama dari penambahan transistor yang telah diuraikan di atas tidak akan tercapai. Tapi kebalikannya, justru trafo akan drop kekurangan pasokan tenaga.

 

Hal yang Harus Kalian Perhatikan saat Menambah Transistor

Jika kalian ingin memasang transistor final Toshiba 2 set dengan cara paralel, maka kalian harus memperhatikan beberapa hal yang antara lain:

  • Kalian tidak boleh melakukan pemasangan transistor yang berbeda merk pada satu rangkaian skema, karena nantinya akan ada perbedaan pada setiap merek transistor berdasarkan spesifikasi dari produsennya, misalnya jumlah daya nya berbeda atau tegangan masing-masing transistor berbeda.
  • Gunakanlah juga transistor dengan jenis dan nomer tipe yang sama, karena pada setiap jenis dan nomer transistor yang berbeda, maka akan menghasilkan tingkat panas yang berbeda juga. Jadi misalnya kalian telah memakai tr socl 506, maka jika kalian ingin melakukan penambahan transistor, alangkah baiknya kalian jangan menggunakan tr socl 504. Jika hal ini tetap kalian lakukan maka kualitas dari suara yang dihasilkan akan jelek.
  • Dengan penggunaan transistor final yang lebih banyak, maka akan membutuhkan pasokan daya yang lebih besar juga, jadi sebaiknya kalian pertimbangkan memasang resistor untuk paralel tr final. Tentu tujuannya supaya arus dan juga output amplifier yang dihasilkan akan seimbang. Akan tetapi, ketidak seimbangan yang terjadi akan menjadi beban bagi transistor yang terpasang, sekaligus akan mempengaruhi juga hasil audio.

 

Komponen untuk Penambahan Transistor

Untuk merakit transistor final Toshiba 2 set dengan cara paralel, terdapat beberapa komponen dasar dan penting yang kalian butuhkan menunjang efektifitas manfaat dari transistor.

Komponen yang kalian butuhkan yaitu Resistor kapur 0,1 ohm dengan daya 5 watt sampai 0,5 ohm dengan daya yang juga sebesar 5 watt. Nantinya Resistor ini akan dipasang di setiap kaki emitor transistor final.

Pemasangan resistor ini berfungsi untuk membantu melakukan penyeimbangan terhadap adanya perbedaan karakteristik pada setiap Transistor final. Dengan pemasangan resistor ini, sekaligus juga sebagai jalan pintas ketika kalian tidak bisa menemukan transistor final yang berkarakteristik sama.

Dipasangkannya resistor kapur 0,5 ohm / 5 watt di setiap kaki emitor Transistor final ini mempunyai tujuan utama yaitu akan membantu menyeimbangkan semua transistor final yang sudah dipasang dan akan dipasang.

Dengan hal itu, maka diharapkan juga panas yang dihasilkan oleh transistor akan bisa tersebar secara  menyeluruh dan merata secara seimbang.

Transistor yang beredar di pasaran untuk saat ini ada 2 bentuk, yang dimana punya beberapa kesamaan  mulai dari kaki, pangkalan, emitor sampai dengan pangkalnya. 2 transistor tersebut adalah:

  • Sanken (‘2SC2922 dan 2SA1216)
  • Toshiba dan St (2N3055 & MJE2955). Keduanya punya kaki, pangkalan, kolektor dan juga emitor yang sama.

 

Cara Menambahkan Transistor Final Amplifier

Cara merakit transistor final Toshiba 2 set dengan cara paralel atau lebih ternyata mudah. Tapi pada proses pemasangannya membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi. Untuk lebih jelasnya, simaklah langkah-langkah berikut untuk cara merakit transistor final Toshiba 2 set dengan cara paralel berikut ini:

  • Inti dari cara pemasangan transistor pada semua skema yaitu dengan melakukan metode penyambungan yang sama antar kaki transistor. Selain itu, pemasangan komponen yang lainnya juga menggunakan azas pasang yang sama juga, yaitu basis dengan basis, kolektor dengan kolektor, dan juga emitor dengan emitor.
  • Pasangkan dua jenis transistor yaitu NPN dan PNP pada kaki basis dan kolektor, yang dimana antar keduanya tidaklah tersambung alias terpisah. Tapi kalian pastikan bahwa pada kaki emitor NPN dan PNP, harus membentuk ke output speaker, caranya dengan kaki emitor saling bertemu satu sama lain.
  • Kemudian di setiap kaki basis berikanlah resistor pembatas sebesar 10 0hm. Sementara di kaki Emitor pasangkanlah resistor 5W 0,5 ohm atau 0,47 ohm juga bisa. Kalian harus melakukan hal tersebut supaya terjadi keseimbangan antara resistor dan output sekering.
  • Kalian harus melakukan proses tersebut secara hati-hati. Karen ajika terjadi kesalahan pada proses penyambungan antar kaki, maka bisa menyebabkan korslet, terlebih lagi pada bagian basis dengan Kolektor. Jika konslet sampai terjadi, maka akan mengakibatkan kerusakan fatal pada semua transistor yang ada.
  • Ada sedikit tips yang bisa kalian gunakan untuk mengetahui urutan kaki:

Yang paling depan, dari arah kiri adalah basis, kolektor tengah, setelah itu baru emitor.

  • Jika kalian melakukan pemasangan transistor, artinya akan dibutuhkan juga penambahan pendingin yang lebih besar karena pada saat ada peningkatan penambahan tegangan, maka beban kerja dari transistor final akan meningkat jadi suhu juga akan semakin meningkat.
  • Karena itu, kalian usahakan untuk melakukan penambahan voltase pada sumber daya juga atau power supply supaya nantinya sumber daya yang diperlukan oleh transistor untuk bekerja jadi bisa terpenuhi.
  • Harus kalian pahami, jika pada suatu sistem OCL mempunyai semakin tinggi daya maka akan itu akan semakin baik jika dilakukan sebuah penambahan transistor final dengan keseimbangan daya PSU.

Jadi bisa kita simpulkan bahwa cara merakit transistor final Toshiba 2 set dengan cara paralel atau penambahan pada merk transistor yang lainnya itu mudah sekali.

 

Penutup

Itulah tadi ulasan mengenai cara merakit transistor final Toshiba 2 set dengan cara paralel. Semoga  cara yang sudah dijelaskan tadi bisa kalian pahami dengan mudah dan bisa membantu kalian.

Leave a Comment