Kode Remot TV Akira Dan Cara Settingnya

Kode Remot TV Akira Dan Cara Settingnya

Kode Remot TV Akira Dan Cara Settingnya – Kamu pengguna TV Akira baik itu layar tabung atau LED, dan sedang mencari kode remot TV Akira kamu benar mampir ke artikel ini karena teknowarta akan membahas tentang Kode Remot TV Akira Dan Cara Settingnya. Silahkan simak artikel ini untuk mengetahuinya.

Akira merupakan salah satu merk TV di Indonesia yang cukup banyak penggunanya dan berasal dari Singapura. Dikenal sebagai perusahaan elektronik multinasional asal Singapura dari TT internasional. Pemasaran produk Akira dipegang oleh oleh PT akira elekctronics Indonesia, walaupun belakangan mengalami krisis.

Sejak munculnya merk Akira sudah banyak produk yang diasilkan seperti AC, Kipas angina, Kulkas, Mesin cuci, dan juga TV. Fokus Akira pada produk produknya yaitu pada kualitas dan keterjangkauannya. TV Akira mempunyai beberapa jenis mulai dari TV tabung, LCD, dan LED yang cukup disukai oleh pasar Asia Tenggara.

Ya seperti yang dialami oleh pemilik TV lain permasalahan pasti selalu ada di remotnya, ya barang kecil yang berguna untuk mengoprasikan TV ini memang kadang menjadi masalah jika hilang atau rusak karena kita akan repot ketika sedang memonton TV. ana turka tidak ada remot saat kita akan memindahkan channel kita harus mendekati TV untuk menekan tombol supaya kita bisa berpindah channel sesuka kita.

Tapi jika memakai remot kita bisa dengan mudah memindah channel tanpa harus menekan tombol pada TV. Seperti yang kita tahu produsen TV tidak menjual remot secara terpisah sehingga jika remot rusak atau hilang harus menggantinya dengan remot lain yang bukan dari produsen TV itu sendiri.

Salah satu remot yang bisa kamu pakai untuk TV Akira adalah remot universal yang bisa dipakai untuk semua merk TV. Tetapi untuk memakainya perlu dilakukan penyettingan terlebih dahulu supaya bisa berfungsi dengan benar pada TV. Penyettingan juga membutuhkan kode khusus yang biasanya 3 digit angka yang harus dimasukan. Kode pada setiap TV juga berbeda jadi pastikan dahulu kamu sudah mengetahui kodenya sebelum mensetting.

Trending :  Tutorial Cara Memprogram TV Polytron

Pastikan juga apakah pada kemasan remot juga disertakan kode sehingga kamu tidak remot untuk mencari kodenya di internet.

Yang dimaksud remot TV universal

Bagi yang belum tahu Remot TV universal merupakan remot TV yang bisa dipakai pada semua merk TV. Fungsinya sama dengan remot TV kebanyakan yaitu untuk mengontrol receiver digital atau TV, baik untuk setting TV atau berpindah channel ana tur volume suara. Hanya saja remot ini bisa dipakai untuk semua merk TV dan perlu penyesuaian memakai kode supaya remot berfungsi dengan benar.

Remot ini juga menjadi solusi praktis ketika remot TV yang asli hilang atau rusak. Selain mudah didapatkan karena banyak dijual di toko elektronik, baik offline atau online, harganya juga terjangkau dan bervariasi mulai dari Rp20.000 an saja kamu sudah bisa mendapatkan remot universal.

Seperti yang sudah disebutkan diatas tadi dibutuhkan penyettingan dahulu untuk bisa memakai remot TV universal, supaya bisa terhubung dengan TV. Cara mensetting yang paling umum yaitu dengan memakai kode remot yang sesuai dengan merk TV.

Tetapi sebenarnya, kita bisa menghubungkan remot dengan TV tanpa memakai kode. Fitur ini sudah disediakan remot TV universal lewat scan otomatis.

Kode Remot TV Akira

Kodenya sendiri sebenarnya ada beberapa kombinasi pada TV merk Akira. Beberapa kode mungkin akan cocok dan bisa untuk diapaki, tetapi ada kemungkinan kode tidak bisa berfungsi. Karen type TV pada merk Akira ada beberapa kami akan membaginya seperti layar TV dan tabung lama.

Trending :  Inilah Perbedaan TV Analog dan Digital

Kode Remot TV Akira Layar LED

Untuk kamu yang menggunakan TV Akira layar LED kodenya sebagai berikut :

  1. 104
  2. 181
  3. 103
  4. 213
  5. 224
  6. 073
  7. 013
  8. 140
  9. 015
  10. 102

Pilih salah satunya untuk mensetting.

Kode Remot TV Akira Layar Tabung

Walaupun zaman sudah berkembang dengan pesat tetapi penggunaan TV layar tabung masih ada orang yang memaki type ini, karena masih bisa menyala dan saying dibuang.

Kode remot untuk kamu yang masih menggunakan TV Akira layat tabung sebagai berikut:

  1. 103
  2. 213
  3. 140
  4. 015
  5. 102
  6. 104
  7. 182
  8. 224
  9. 073
  10. 102

Itulah kodenya untuk cara mensetting silahkan terus simak ulasan pada artikel ini karena kami akan memberitahukan caranya.

Cara mensetting remot TV Akira

Langkah ini perlukamu lakukan supaya remot bisa berfungsi pada TV Akira kamu dengan benar. Langkah langkahnya seagai berikut:

  1. Pastikan kamu sudah membeli remot universalnya baik itu Joker atau Chunghop.
  2. Pastikan juga bisa berfungsi dengan baik.
  3. Nyalakan TV.
  4. Arahkan remot ke TV.
  5. Tekan tombol SET dan tahan.
  6. Tekan juga tombol power sampai lampu indikator pada remot menyala.
  7. Ketika lampu indikator menyala lepas kedua tombol.
  8. Kemudian masukan kode yang sudah kamu pilih secara urut, contoh jika kamu memilih kode 103 maka kamu harus menekan tombol 1 0 3 pada remot secara urut.
  9. Jika kode yang kamu pilih benar lampu indikator akan mati.
  10. Tapi jika lampu indikator masih menyala coba ulangi langkah langkahnya dengan memasukan masukan kode lain sampai lampu indikator mati.
  11. Coba tes apakah tombol pada remot berfungsi dengan benar.

Cara Mensetting Remote TV Universal Tanpa Memakai Kode

Seperti yang sudah disebutkan diatas remot bisa disetting tanpa harus memasukan kode. Untuk langkah langkahnya silahkan simak berikut ini.

  1. Siapkan remot unversalnya baik Joker atau Chunghop.
  2. Pastikn berfungsi dengan benar.
  3. Kemudian nyalakan TV.
  4. Arahkan remot universal ke sensor TV.
  5. Tekan dan tahan tombol SET untuk melakukan scan secara otomatis.
  6. Selanjutnya biarkan lampu indikator remot berkedip beberapa saat sampai channel TV berpindah sendiri.
  7. Setelah channel berpindah sendiri lepas tombol SET.
  8. Pada tahap ini penyettingan remot universal tanpa memakai kode sudah selesai.
  9. Lakukan test untuk memastikan tombol pada remot sudah berfungsi dengan benar.
  10. Jika belum lakukan langkahnya sampai tombol berfungsi dengan benar.
  11. Dan remot sudah siap untuk dipakai.
Trending :  Kode Remot TV Sony Tabung LED Dan LCD

Kesimpulan

Cara mensetting remot TV diatas sebenarnya bisa dipakai untuk semua merk TV pastinya dengan kode yang sesuai dengan merk TV yang dipakai. Jadi merk TV lain seperti Polytron, SHARP, LG dan merk lainnya bisa memakai cara yang sama dengan kode yang berbeda.

Dan untuk cara yang kedua mensetting remot dengan tidak memakai kode juga bisa di pakai untuk semua merk TV. Yang penting kamu harus mengetahui yang mana tombol SET nya pada remot universal. Jika tidak ada tombol SET. Kamu bisa memakai tombol MODE.

Kata Penutup

Demikian informasi yang tektowarta sampaikan tentang Kode Remot TV Akira Dan Cara Settingnya. Semoga bermanfaat untuk kamu dan terimakasih sudah membaca artikel dari teknowarta ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.