Cara Mengembalikan Suara TV Yang Hilang

Cara Mengembalikan Suara TV Yang Hilang

Cara Mengembalikan Suara TV Yang Hilang – TV merupakan salah satu barang elektronik yang mayoritas atau kebanyakan masyarakat Indonesia pasti mempunyainya. TV sangat dekat dengan kita karena kita seringkali menggunakan TV untuk sarana hiburan ketika beristirahat dirumah. Ya kamu pasti sudah tahu acara apa yang paling sering ditonton, apalagi kamu bukan sinetron, infotainment, berita dan masih banyak lagi.

Awal terciptanya TV memang tidak seperti sekarang yang sudah canggih dan bahkan bukan hanya bisa untuk menonton TV saja tapi juga bisa untuk terhubung ke internet.

Seperti barang lainnya pada umumnya bukan hanya barang elektronik mempunyai kemungkinan untuk rusak, TV juga demikian.

Salah satu masalah yang sering terjadi pada TV yaitu suaranya yang tiba tiba hilang atau tidak keluar, dalam keadaan layar masih bisa memunculkan gambar tayangan TV dengan normal. Masalah ini bisa saja terjadi pada semua jenis TV.

Ketika TV mengalami masalah seperti ini, jangan terlalu buru buru untuk membawa TV ke tempat service. Coba periksa terlebih dahulu ada kemungkinan kamu bisa memperbaikinya sendiri dengan mengikuti langkah langkah yang teknowarta sampaikan pada artikel ini.

Memperbaikinya sendiri, tentu saja akan menghemat uang di dompet kamu. Apalagi sekarang biaya untuk melakuakn service TV juga lumayan mahal. Jika bisa diperbaiki sendiri, tentu saja kamu juga harus mempunyai peralatan yang memadai, ketrampilan memperbaiki barang elektronik. Tetapi jika kamu tidak mempunyai salah satu atau semuanya, ya lebih baik bawa ke tempat servis TV saja supaya sudah pasti berhasil.

Dan jika kamu memang mempunyai alat yang memadai dan ketrampilan tetapi tidak tahu cara memperbaiki TV yang tidak mengeluarkan suara, masih bisa memuncul gambar secara normal. Kamu perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Penyebab TV Tidak Mengeluarkan Suara

Semua masalah pasti ada penyebabnya begitu juga dengan permasalahan TV yang tidak mengeluarkan suara. Penyebab dari tidak keluarnya suara pada TV sebenarnya ada beberapa yang perlu pemeriksaan lebih lanjut, kemungkinan kemungkinan tersebut adalah sebagai berikut.

1) Blok Audio Yang Mengalami Kerusak

Di blok audio TV ada beberapa komponen sangat penting supaya TV bisa mengluarkan suara seperti IC audio dan komponen kompenen penting lainnya. Kemungkinan IC audio terjadi kerusakan biasanya seperti adanya retak, atau pada kaki komponen tidak menempel dengan sempurna.

Selanjutnya pada bagian jalur audio juga sering kali ditemukan mengalami putus saat pengukuran arus atau tegangan dilakukan dengan memakai multitester.

2)  Mode Mute Yang Tidak Sengaja Aktif

TV yang tidak mengeluarkan suara bisa jadi karena masalah sepele yaitu aktifnya mode mute, ini biasanya terjadi dengan tidak sengaja, kemungkinan remot tertekan tombol mute, sehingga otomatis TV menurunkan volumenya menjadi 0 tapi gambar masih tetap normal seperti biasanya.

3) Tegangan Jalur Audio Terputus

Melakukan pemeriksaan di jalur tegangan audio speaker apakah terputu atau tidak, harus memakai alat bernama DC meter, lalu pilih mode DC meter X50V, tujuan memakai Batasan 50Volt supaya memastikan keakuratannya saat melakukan pengukuran tegangan yang mempunyai rentang antara 12v sampai 15v tergantung IC yang dipakai.

4) Speaker Mengalami Kerusak

Rusaknya speaker tidak hanya terjadi pada TV layar tabung saja, pada TV LED juga sering kali mengalami speaker rusak. Beberapa faktor yang menyebabkan speaker rusak antara lain adalah karena kabel konektor yang terputus, dan kabel lilitan pada speaker yang mengalami kerusakkan.

TV yang tidak mengeluarkan suara bisa jadi karena memang speakernya yang sudah mengalami kerusakan dan harus segera diganti dengan yang baru supayatv bisa lagi mengeluarkan suara.

Cara Mengembalikan Suara TV Yang Hilang

1) Menonaktif Mode Mute

Perlunya mengetahui semua fungsi fungsi tombol pada remot TV supaya kamu tidak kebingungan ketika TV tidak mengeluarkan suara, salah satu tombol pada remot ada yang fungsinya untuk mematiikan suara TV secara cepat adalah tombol mute. Jika tidak sengaja tertekan maka TV seketika tidak akan mengeluarkan suara.

Dan juga, saat mode mute ini diaktif akan memunculkan ikon berupa gambar speaker yang dicoret atau disilang pada bagian pojok layar TV atau juga bisa ditengah layar. Untuk menonaktifkan mode mute hanya perlu menekan tombol mute kembali pada remot sampai ikon mode mote pada layar TV menghilang, dan secara otomatis TV akan mengeluarkan suara kembali.

2) Mereset Pengaturan Suara Bagi TV LED

Mereset suara pada TV LED juga bisa menjadi cara untuk mengatasi TV yang suaranya hilang. Pada beberapa TV LED sekarang sudah disediakan menu dan berbagai macam pengaturan yang bisa disesuaikan termasuk untuk mereset pengaturan suara.

Melakukannya cukup dengan membuka menu pada TV dan pilih pengaturan suara untuk mereset pengaturan kembali keawal. Setelah mereset pengaturan suara, diperlu untuk mematikan dan menyalakan kembali TV, setelah itu langsung menuju pengaturan untuk mengatur ulang volume audio dan sound.

3) Mematikan Dan Menyalakan Ulang TV

Sebelum benar benar melakukan perbaikan pada TV lebih baik coba untuk mematikan TV dan mencabut semua kabel colokan untuk beberapa menit, kemudian coba nyalakan lagi TV. Cara gampang ini terkadang bisa dipakai untuk mengembalikan suara TV yang tadinya hilang pada beberapa type TV seperti pada TV layar LED yang sudah dilengkapi system reboot dari pabrik pembuatnya. Untuk melakukan pengembalian setelan pabrik.

Jika masih belum berhasil, coba lakukan kembali cara yang sama dan tunggu sampai beberapa jam dengan tujuan mendinginkan mesin dan komponen pada TV yang panas karena terlalu lama dipakai.

4) Periksa Pada Bagian Speaker

Fungsi kerja dari speaker pada TV yaitu mengubah gelombang elektromagnetik menjadi getaran yang kemudian getaran tersebut dikonversi menjadi suara sehingga TV bisa mengeluarkan suara. Kerusakan speaker pada TV sebenarnya jarang terjadi, jika TV sudah dilengkapi dual speaker.

Pemeriksaan pada speaker TV juga perlu dilakukan. Dengan mengukur semua tegangan atau daya pada speaker memakai multitester agar lebih mudah mengetahui kondisi speaker apakah masih bagus atau kabel pada speaker sudah terputus.

5) Periksa Tegangan Pada Jalur Audio

Putusnya jalur tegangan audio juga bisa menjadi penyebab TV tidak bisa mengeluarkan suara. Diperlukan pemeriksaan lebih lanjut pada jalur tegangan IC audio supaya memastikan adanya jalur yang terputus atau tidak. Tegangan IC normalnya di antara 12V sampai 15V DC, jika tegangan kurang ada kemungkinan terjadinya kerusakan pada IC audio.

6) Solder Ulang Kaki Kaki IC Audio

TV tabung lama sering kali mengalami kerusakan pada kaki IC audio karena sudah tidak menempel dengan baik atau bahkan terlepas. Ini sering kali ditandai dengan suara dari TV yang tiba tiba menghilang saat TV mengalami goncangan.

PCB yang lembab dan lama tidak dibersihkan bisa menjadi faktor kaki IC audio mengalami keroposan dan bahkan terlepas. Memperbaikinya bisa dengan memulai membersihkan komponen memakai sikat gigi yang halus. Kemudian solder ulang menggunakan tinol atau timah untuk menyambung kaki IC yang lepas.

Lalu, coba nyalakan TV dan periksa apakah suara TV sudah normal. Diperlukan juga untuk melakukan pemeriksaan pada bagian kaki IC kontrol, jika sudah mengalami keropos langsung saja lakukan solder ulang untuk mengkuat kembali kaki IC kontrol. Seperti yang dilakukan pada IC audio usahakan memberishkan komponen terlebih dahulu sebelum melakukan solder ulang pada kaki kaki IC audio.

Kate Penutup

Demikian yang teknowarta sampaikan, semoga kamu bisa memahami apa yang sudah disampaikan diatas. dan berhati hatilah supaya terhindar dari hal yang tidak diinginkan, sekian dan terimakasih.

Check Also

Rekomendasi Speaker Aktif Yang Bagus

Rekomendasi Speaker Aktif Yang Bagus

Rekomendasi Speaker Aktif yang bagus – Speaker aktif adalah salah satu perangkat audio yang sudah mempunyai …