Cara Memperbaiki TV yang Tidak Ada Gambarnya dan Penyebab terjadinya

Cara Memperbaiki TV yang Tidak Ada Gambarnya dan Penyebab terjadinya

Cara Memperbaiki TV yang Tidak Ada Gambarnya dan Penyebab terjadinya – Seperti yang kita tahu televisi atau TV merupakan barang elektronik sebagai media telekomunikasi yang paling sering kita lihat karena hampir setiap masyarakat pasti mempunyai TV. Masyarakat Indonesia terutama emak emak mayoritas sangat suka dengan sinetron, gosip, dan acara lain.

TV dijaman sekarang TV mempunyai banyak jenis seperti layar tabung, LCD, dan layar LED. Dan sekarang TV juga bukan hanya sekedar untuk menonton acara yang kita suka, karena TV dijaman sekarang bisa juga untuk memonton youtube setelah semakin mudahnya mendapatkan akses internet. Selain itu ada salah satu jenis TV yang fungsi hampir sama dengan ponsel pintar, dengan ditanamkan atau diserakan dengan sistem operasi android sehingga google yang merupakan salah satu platform yang mengembangkan android, sehingga pada TV android terdapat google yang membuat fungsinya bukan hanya seperti TV pada umumnya tetapi bisa dipakai seperti ponsel pintar tetapi jelas mempunyai perbedaan penggunaan yang cukup beda.

Sejarah singkat dari TV

Televisi diciptaan oleh John Mc. Graham dari Saththam. Penggunaan kata Televisi sendiri bisa mengarah pada Kotak Televisi, Transmisi Televisi, atau Acara Televisi.

Penemuan TV juga samakan dengan penemuan roda, karena penemuan tersebut bisa perubahan pada peradaban dunia. Di Indonesia sendiri Televisi secara tidak formal sering kali disebut dengan TV, sebagian orang juga ada yang menyebutnya dengan tivi, teve atau tipi.

TV kotak pertama kali dijual bebas kepasaran sejak tahun 1920an, sejak itu TV sudah menjadi barang yang biasa di rumah, kantor bisnis, atau institusi, sebagai sumber hiburan dan berita serta juga menjadi tempat untuk iklan. Sejak 1970an, munculnya kaset video, DVD cakram laser, dan sekarang cakram Blu-ray, menjadikan TV kotak sebagai media untuk melihat hasil siaran dan hasil rekaman. Dan pada tahun tahun terakhir, siaran TV sudah bisa diakses lewat jaringan Internet, contohnya lewat iPlayer dan Hulu.

Trending :  Cara Praktis Setting TV Digital Polytron

Penyiaran siaran TV biasanya menggunakan gelombang radio VHF dan UHF dengan jalur frekuensi yang sudah ditetapkan yaitu antara 54 sampai 890 megahertz. Sekarang gelombang TV juga sudah bisa memancarkan suara berjenis stereo di banyak negara. Sampai tahun 2000, siaran TV dipancarkan dengan memakai gelombang analog. Tetapi sekarang pemerintah Indonesia dalam hal ini Kominfo akan melakuakn analog switch off dan bermigrasi ke siaran TV digital yang lebih jernih suara dan gambarnya.

Sebenarnya langkah ini akan dilakukan Kominfo pada 17 agustus 2021 lalu tetapi karena adanya pandemic COVID-19 pemerintah akhirnya mengundur rencana tersebut karen berfokus pada penanganan pandemic COVID-19. Dan akan benar benar menghentikan siaran analog paling lambat pada 2 November 2022.

Kembali ke permasalahan.

Kemungkinan TV untuk rusak itu sangat mungkin, nah bagaimana jika TV tiba tiba mempunyai masalah pada layarnya tidak berfungsi tetapi suaranya masih keluar?

Masalah ini memang sering terjadi untuk memperbaikinya sebenarnya mudah yang diperlukan hanya ketrampilan elektronik dan mengetahui penyebabnya.

Kali ini teknowarta akan menginfokan tentang cara memperbaiki TV yang tidak ada gambarnya tapi suaranya masih keluar dan penyebabnya berikut ulasannya.

Cara Memperbaiki TV Yang Tidak Ada Gambar Tapi Keluar Suaranya

Masalah ini memang sering kali terjadi dimana TV ketika dinyalakan tidak keluar gambarnya tetapi suaranya masih keluar. Ini memang kadang membuat bingung pemilik TV, memperbaikinya membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut. Untuk penjelasan mendalam tentang cara memperbaikinya berikut ulasannya.

1) Bawa Ketempat Servis TV

Cara mudah untuk mengembalikan TV kamu seperi semula adalah dengan membawanya ketempat servis TV. Apa lagi jika kamu tidak mempunyai kemampuan dalam dunia elektronik atau kamu hanya tahu sedikit dan tidak mempunyai peralatan yang memadai. Sebab terdapat masalah yang cukup rumit penanganannya.

Trending :  Aplikasi Streaming TV Online Gratis dan Chanel Lengkap

Jadi lebih baik serahkan saja kepada ahlinya saja supaya benar benar masalahnya teratasi dan kamu tidak perlu repot repot memperbaikinya.

2) Backlight Mati

Backlight merupakan komponen TV yang terletak dibagian belakang panel LCD yang dirangkai secara seri.

Pada rangkaian tersebut jika salah satunya mati semua lampu akan ikut mati.

Ini bisa mengakibatkan panel tidak bisa mendapatkan cahaya dan membuat TV menjadi layar gelap. Untuk memastikan kondisinya diperlukan untuk melihat bagian belakang TV memakai senter apakah terjadi backlight atau tidak.

Ketika diperiksa menggunakan senter, maka tidak akan terlihat gambar atau titik titik rester. Jadi siapkan miltitester dan bongkar TV kemudian ikuti langkah langkah berikut ini:

  1. Ukur masing masing lampu backlight TV.
  2. Pastikan probe merah kejalur positif dan probe hitam kejalur negatif.
  3. Cari mana lampu backlight yang rusak atau mengganti semua lampu backlight supaya lebih tahan lama.
  4. Lampu backlight pengganti pastikan mempunyai tegangan atau voltase yang sama supaya bisa berfungsi kembali.

3) T-con yang bermasalah

Cara lain untuk memperbaiki TV yang gambarnya tidak muncul yaitu dengan memeriksa pada bagian T-Con. Bagian ini sering menjadi salah satu sumber permasalahan yang terjadi pada TV LED atau LCD.

T-Con pada TV mempunyai fungsi sebagai penyalur tegangan atau daya ke panel. Masalah yang muncul bisa bermacam-macam, mulai dari suplai tegangan atau daya yang kirang, konektor yang putus atau juga karena konektor rusak.

Untuk memastikan apakah permasalahannya ada pada T-con, coba senyentuh IC utama di T-Con apakah panas atau tidak. Jika panas dan suhunya tinggi, permasalahannya bisa jadi karena komponen di sekitar IC pada T-con yang menalami kerusakan.

Trending :  Cara Setting Remote TV Universal Tanpa Tombol SET

Langkah untuk menganti IC sebagai berikut:

  1. Pertama pastikan tegangan pada power supply normal. Periksa juga tegangan output driver LED.
  2. Jika tegangannya tidak ada atau 0, kemungkinan harus mengganti IC driver.

4) Tegangan Output Mengalami Sumbatan

Cara untuk memperbaiki TV tidak ada gambarnya, berikutnya yaitu dengan membenarkan tegangan atau daya pada output yang mengalami sumbatan.

Coba lepas kaki pada basis transistor horizontal, kemudian ukur tegangan atau daya output TV.

Jika sudah sesuai petunjuk pada PCB, periksa juga semua jalur penyaluran tegangan output televisi.

5) Memeriksa Tegangan Power Supply Atau PSU

Hal ini bisa dilakukan dalam perbaikikan TV yang gambarnya tidak muncul tapi suaranya keluar. Pastikan tegangan atau daya power supply normal, kemudian periksa tegangan atau daya output dari driver LED.

Jika kosong atau 0, diharuskan untuk mengganti IC driver dan pastikan konektornya benar benar terpasang dengan benar.

Kemudian, bersihkan komponen TV dari debu dan periksa kembali apakah solderannya sudah benar.

Kata Penutup

Penanganan TV yang gambarnya tidak muncul tetapi suaranya keluar, sebenarnya masih bisa teratasi asalkan kamu mempunyai alat yang memadai dan keterampilan elektronik untuk memperbaikinya. Namun jika kamu tidak mempunyai alat dan ketrampilan lebih baik bawa saja ke tampat servis TV atau elektronik karena itu akan lebih mudah jika dibandingkan kamu memperbaikinya sendiri.

Demikian yang teknowarta sampaikan sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.