Cara Memindahkan Photo Di Mac Ke Drive Eksternal

Cara Memindahkan Photo Di Mac Ke Drive Eksternal

Cara Memindahkan Photo Di Mac Ke Drive Eksternal – Aplikasi Foto di macOS merupakan tempat yang pas untuk menyimpan foto dan menjaganya tetap aman. Tetapi, jika kamu seperti kebanyakan foto, perpustakaan foto kamu mungkin merupakan entitas yang akan terus berkembang. Setelah beberapa waktu, kebutuhan akan penyimpanan perpustakaan kamu mungkin mulai bertambah, mengakibatkan kurangnya penyimpanan pada perangkat Mac kamu.

Fotografer dan Juru kamera profesional lebih rentan mengalami masalah penyimpanan file karena ukuran dari media penyimpanan mereka.

Salah satu pilihan untuk menghindari masalah tersebut yaitu dengan memindahkan file foto di Mac ke drive eksternal. Pada artikel ini kami akan memperlihatkan cara melakukannya pada ulasan berikut ini.

Pertimbangkan Mencadangkan Foto Ke iCloud Drive

Mencadangkan perpustakaan ke iCloud Drive memungkinkan kamu kamu menyimpan file di media yang cukup besar.

Untuk meyimpan Foto ke iCloud Drive ikuti langkah berikut:

  1. Buka System Preferences di Mac.
  2. Klik ID Apple pada bagian atas jendela.
  3. Pilih iCloud di sebelah kiri dan aktifkan Foto.

Ini akan secara otomatis melakukan pencadangan semua file yang ada di perpustakaan Foto default. Setelah selesai, foto yang beresolusi rendah akan menjadi foto yang beresolusi tinggi pada perangkat (Kamu bisa mengunduh foto yang beresolusi tinggi kapan saja, jika dibutuhkan). Otomatis ini akan menghemat ruang di Mac kamu.

Catatan:

Jika kamu menghapus foto yang diambil di iPhone, dan sinkronk dengan iCloud, itu juga akan dihapus di iCloud. Karena itu, kami menyarankan untuk memindahkan perpustakaan Foto kamu dari penyimpanan internal ke drive eksternal untuk perlindungan yang lebih baik.

Cara Memilih Drive Eksternal untuk Perpustakaan Foto Mac

Jika kamu mempunyai perpustakaan foto yang besar di Mac kamu, mentransfer media ke drive eksternal bisa menghemat ruang penyimpanan kamu. Tetapi terdapat beberapa pertimbangan yang harus kamu buat untuk memilih drive eksternal yang terbaik untuk dipakai.

Jenis Penyimpanan Apa yang Harus Kamu Pakai?

Karena mengakses foto dan media bisa menjadi tugas yang membutuhkan data yang banyak, kami menyarankan untuk mempunyai driver eksternal yang cepat. Hard drive USB 3.0, USB-C, atau Thunderbolt mungkin menarik, tetapi jika kamu ingin menghabiskan waktu untuk memakai aplikasi Foto untuk mengedit foto dan lainnya, opsi terbaik yaitu mempertimbangkan SSD.

Format Drive Eksternal Apa yang Harus Kamu Pakai?

Sebelum kamu mulai, pastikan drive eksternal yang akan kamu pakai diformat sebagai Mac OS Extended. Kami menyarankan untuk memformat drive sebelum dipakai sehingga kamu tidak mengalami masalah apa pun. Kamu bisa memformat drive eksternal langsung di Utilitas Disk macOS.

Mentransfer Photo Library Di Mac Kamu ke Drive Eksternal

Aplikasi Foto yang ada macOS menyimpan semua media kamu dalam bentuk “Perpustakaan Foto”. Perpustakaan Foto ada di folder Gambar pada folder Beranda macOS kamu. Kami bisa memindah perpustakaan foto langsung ke drive eksternal, sebelum meperintahkan aplikasi Foto untuk memuat perpustakaan dari drive eksternal secara default.

Ikuti cara berikut untuk melakukannya.

Pasang drive eksternal ke Mac, pastikan drive tersebut muncul di bar samping Finder.

Buka Finder baru dan tekan Cmd + Shift + H untuk masuk ke folder Home, kemudian pilih Pictures. Kamu  akan melihat file Perpustakaan Foto di sini.

Sebaiknya kamu pastikan mempunyai ruang kosong yang cukup untuk perpustakaan foto di drive eksternal. Control + klik file Perpustakaan Foto, kemudian pilih Dapatkan Info untuk memeriksa ukuran penyimpanan perpustakaan.

Setelah diperiksa, seret dan lepas ikon Perpustakaan Foto ke ikon hard drive, baik di sisi Finder atau di sebelah desktop kamu. Kamu cukup menyalinnya (Cmd + C) dan tempel (Cmd + V) file Perpustakaan Foto ke hard drive eksternal. Penyalinan mungkin membutuhkan waktu, tergantung seberapa besar perpustakaan kamu.

Setelah selesai, buka aplikasi Foto di Mac sambil menahan Opsi, meminta Foto untuk mencari lokasi perpustakaan yang baru. Kemudian pilih Perpustakaan Lain dan arahkan ke lokasi baru file Perpustakaan Foto di drive eksternal. Aplikasi Foto harus memuat perpustakaan foto secara normal.

Setelah dimuat, klik Preferensi > Umum dari menu di Foto. Pilih Gunakan sebagai Perpustakaan Foto Sistem.

Langkah ini akan membuat aplikasi Foto memakai perpustakaan yang disimpan di drive eksternal sebagai Perpustakaan Foto Sistem.

Menghapus Library Lama

Uji perpustakaan baru dengan melepas drive eksternal untuk memastikan foto-foto tersebut memang sudah dipindahkan ke sana. Setelah terhubung kembali, pastikan semuanya berfungsi dan semua media sedang dimuat.

Ketika kamu yakin semuanya baik-baik saja, kamu bisa mengarahkan kembali ke folder Gambar di Mac dan memindah file Perpustakaan Foto lama ke Sampah. Untuk segera mengosongkan ruang di peyimpanan internal, kosongkan Sampah untuk menghapus semua perpustakaan Foto yang lama secara permanen.

Kamu sudah berhasil memindahkan perpustakaan Foto ke drive eksternal, tempat kamu bisa terus melihat foto dan video seperti biasa.

Kata Penutup

Demikian yang teknowarta sampaikan tentang Cara Memindahkan Photo Di Mac Ke Drive Eksternal, sekian dan terimakasih.

Check Also

Cara Flash HP Advan 100% Sukses Untuk Semua Tipe

Cara Flash HP Advan 100% Sukses Untuk Semua Tipe

Cara Flash HP Advan  – Advan merupakan salah satu brand lokal yang cukup terkenal. Jika …