Cara Mengatasi Widget yang Tidak Berfungsi di Mac

Cara Mengatasi Widget yang Tidak Berfungsi di Mac – Apakah widget di Mac kamu lambat, tidak responsif, atau tidak bisa memuat dengan benar? Berikut cara pemecahan masalah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan pada widget di Mac.

Pusat Pemberitahuan di macOS ini bisa menyampaikan banyak informasi visual dengan bentuk widget. Tetapi, kamu mungkin menemukan widget tidak selalu berfungsi sebagai mana semestinya. Misal, beberapa widget mungkin gagal menyegarkan atau mengalami masalah ketika sedang memuat.

Cara Mengatasi Widget yang Tidak Berfungsi di Mac

Daftar perbaikan di bawah akan membantu kamu dalam memperbaiki sebagian besar masalah widget di Mac. Berikut ulasannya.

1) Atur Ulang Pusat Pemberitahuan

Jika widget pada Pusat Pemberitahuan Mac kamu tiba-tiba bertingkah aneh, cara cepat untuk membuatnya bisa berfungsi lagi yaitu dengan memulai kembali Pusat Pemberitahuan. Biasanya ini mengharuskan kamu menjalankan perintah lewat Terminal.

Jadi buka Launchpad, pilih Other > Terminal. Kemudian, salin perintah berikut dan tekan Enter:

default hapus com.apple.notificationcenterui ; killall Pusat Pemberitahuan

Tunggu beberapa detik dan buka kembali Pusat Pemberitahuan. Jika masalah masih terdapat, lanjutkan dengan cara perbaikan lainnya.

2) Restart Perangkat Mac Kamu

Jika mengatur ulang Pusat Pemberitahuan tidak berhasil, coba restart sistem operasi. Misal, Mac kamu sudah berjalan selama berhari-hari mungkin akan mulai mengalami masalah yang hanya bisa diperbaiki dengan reboot perangkat.

3) Perbarui Widget secara paksa

Jika widget mengalami masalah tampilan informasi terbaru, membuka aplikasi yang relevan akan memaksa widget untuk menyegarkan. Misal, jika widget Saham macet, coba buka aplikasi Saham.

4) Edit Widget tersebut

Jika widget menunjukan informasi yang salah, kemungkinan kamu tidak meluangkan waktu untuk mengatur widget dengan benar. Kamu bisa melakukannya dengan menekan Control sambal mengklik widget dan memilih Edit [Nama Widget]. Kemudian buat perubahan yang dibutuhkan seperti memilih lokasi yang benar di widget Jam.

Jika widget tidak menunjukan opsi untuk mengeditnya, coba lihat di dalam aplikasi yang relevan untuk mengetahui apakah ada cara untuk mengeditnya di sana.

5) Periksa Layanan Lokasi

Widget yang bergantung dengan Layanan Lokasi Mac tidak akan memperlihatkan informasi yang benar jika tidak mempunyai akses ke Layanan Lokasi.

Kamu bisa memperbaikinya dengan membuka menu Apple, kemudian pilih System Preferences > Privacy & Security. Lalu alihkan ke tab Privasi, pilih Layanan Lokasi di bar samping, dan pilih centang kotak di samping widget yang relevan.

6) Perbarui macOS

Memperbarui macOS merupakan cara lain untuk memperbaiki masalah pada widget yang tidak berfungsi di Mac. Itu juga harus menyertakan masalah dengan widget stok seperti Jam, Cuaca, dan Foto.

Jadi buka menu Apple, pilih System Preferences > Software Update. Jika alat Pembaruan Perangkat Lunak mendeteksi adanya pembaruan, pilih Perbarui Sekarang untuk melakukan pembaruan dan menginstalnya.

7) Hapus dan Instal Ulang Aplikasi yang Relevan

Kadang, widget bisa berhenti berfungsi karena masalah yang berhubungan dengan aplikasi. Menghapus dan menginstal ulang aplikasi tersebut mungkin bisa membantu.

Untuk melakukannya, cukup buka folder Aplikasi dan seret aplikasi ke Sampah. Kemudian, instal ulang aplikasi tersebut di App Store atau unduh versi terbaru lewat situs web pengembang.

Kata Penutup

Semoga perbaikan di atas bisa berhasil, dan kamu kembali memakai widget tanpa ada masalah di Mac. Tetapi, jika kamu mempunyai masalah serupa dengan widget di iPhone, kamu membutuhkan serangkaian cara pemecahan masalah yang terpisah.

Demikian yang teknowarta sampaikan semoga membantu sekian dan terimakasih.

Check Also

Mengatasi RDP Error Yang Tidak Terhubung Ke Komputer

Mengatasi RDP Error Yang Tidak Terhubung Ke Komputer

Mengatasi RDP Error Yang Tidak Terhubung Ke Komputer – Koneksi Remote Desktop merupakan cara yang …