Software Untuk Mendiagnosa Kesehatan PC

Software Untuk Mendiagnosa Kesehatan PC – Pakai software pendiagnosa komputer untuk memeriksa kesehatan PC dan memperbaiki masalah. Bagus juga untuk diagnostik dan dukungan Windows 10.

Tidak peduli siapa kamu, pemula atau yang sudah lama, sistem Windows akhirnya akan mengalami masalah yang tidak mudah didiagnosa (Ini juga terjadi pada sistem operasi lain). Saat itu terjadi, apa yang akan kamu lakukan?

Kamu bisa mempekerjakan seseorang untuk memecahkan masalah itu, tetapi itu menjadi pilihan terakhir. Tidak perlu membayar seseorang saat kamu bisa dengan mudah mengatasi masalah itu sendiri memakai software yang bisa kamu unduh secara gratis.

Kami menyarankan untuk mencoba alat ini dahulu. Kamu mungkin akan terkejut dengan beberapa banyak masalah yang bisa kamu selesaikan sendiri!

Alat Untuk Diagnosa Sistem Windows

HWiNFO

HWiNFO merupakan alat ringkasan sistem yang paling komprehensif. HWiNFO bisa menampilkan semua informasi yang berhubungan dengan komputer mulai dari suhu CPU sampai voltase dari kipas. Faktanya, jika kamu memakai prosesor Ryzen, ini harus menjadi pilihan utama karena alternatif seperti CPU-Z akan menunjukkan pembacaan yang salah.

HWiNFO merupakan alat yang bagus dimiliki ketika kamu menginginkan pembacaan yang paling akurat dari semua yang berhubungan dengan komponen komputer.

Unduh : HWiNFO

Performance Monitor

Seperti versi sistem operasi lebih lama, Windows 10 mempunyai Monitor Kinerja, kecuali sekarang terdapat sebagai aplikasi. Setelah diluncurkan, lihat bilah sisi. Di bagian bawah Alat Pemantauan, kamu akan melihat Monitor Kinerja.

Secara default, Monitor hanya memperlihatkan “Persentasi Waktu Prosesor” yang memperlihatkan berapa banyak CPU yang kamu pakai pada waktu tertentu, tetapi kamu bisa menambah lebih banyak Penghitung seperti pemakaian disk, energi yang dipakai, ukuran file paging, ukuran indeks pencarian, dan lainnya.

Software Diagnostik Untuk Memeriksa Jaringan Windows

WiFi Analyzer

Baik kamu memakai Wi-Fi atau Ethernet, terdapat kemungkinan kamu mengalami masalah jaringan. Masalah jaringanmerupakan salah satu masalah yang paling umum dialami. Itulah sebabnya kamu membutuhkan alat alat ini.

WiFi Analyzer merupakan alat gratis yang bisa melakukan persis seperti namanya: menganalisis jaringan Wi-Fi kamu untuk melihat apakah saluran nirkabel kamu mengganggu jaringan Wi-Fi terdekat lainnya.

Setelah dianalisis, WiFi Analyzer akan merekomendasikan pengaturan jaringan untuk kamu. Ini tidak akan sempurna, terutama di apartemen yang padat atau kota yang padat, tetapi dalam beberapa kasus, ini bisa meningkatkan kecepatan dan keandalan dari Wi-Fi kamu dengan jumlah yang signifikan.

Unduh : Penganalisis WiFi

Alat Diagnostik Untuk Drive Windows

Windows Disk Management

Windows Disk Management merupakan utilitas disk bawaan untuk pengelola partisi pada Windows 10. Alat ini memungkinkan pengguna memeriksa kesehatan dari SSD atau HDD dan membuat partisi baru.

Lewat utilitas ini, kamu bisa memindai partisi untuk kemungkinan terjadinya kesalahan. Untuk melakukan itu, klik kanan pada partisi yang ingin dipindai, buka Properties > Tools > Check.

Harap dicatat, hak administrator diperlukan untuk melakukan ini.

Alat Diagnostik Untuk Memeriksa Memori Windows

Resource Monitor

Windows mempunyai fitur yang disebut Resource Monitor, yang diimplementasikan kembali di Vista. Kamu harus meluncurkan lewat Task Manager, tetapi sekarang aplikasi tersebut terpisah di Windows 10 yang bisa kamu luncurkan lewat Start Menu.

Resource Monitor merupakan cara lanjutan untuk melihat data real-time yang berhubungan dengan sistem dan biasanya dipakai bersama dengan Performance Monitor. Tetapi, saya sering memakainya untuk melihat detail proses dan pemakaian memori. Memang, ini merupakan salah satu cara mudah untuk mengatasi masalah RAM.

Windows Memory Diagnostic

Windows sebenarnya mempunyai alat bawaan yang bisa menguji modul RAM untuk memeriksa RAM bebas dari kesalahan. Aplikasi tersebut bernama Windows Memory Diagnostic.

Memakai Windows Memory Diagnostic akan me-restart komputer kamu. Ketika komputer kamu sedang booting, alat ini akan melakukan beberapa tes pada RAM, dan jika menemukan kesalahan atau kegagalan, Windows Memory Diagnostic akan memberi tahu kamu modul mana yang menjadi penyebabnya.

Alat Diagnostik Untuk Tampilan Windows

JScreenFix

Perhatikan baik-baik layar monitor kamu. Apakah terlihat bitnik bintik yang tidak bukan disebabkan karena bintik-bintik debu? Jika iya, kemungkinan layar kamu mempunyai piksel yang macet, yaitu piksel yang macet pada warna tertentu.

JScreenFix merupakan website yang bisa membantu. Yang perlu dilakukan hanyalah mem-flash pada area layar yang mempunyai piksel macet dengan ratusan warna berbeda setiap detiknya. Ini akan bisa melepaskan piksel setelah memakan sekitar sepuluh menit.

Apakah itu selalu berhasil mengatasi masalah piksel? Jawabannya Tidak. Terkadang piksel macet akan terjadi selamanya karena cacat fisik pada layar. Tetapi JScreenFix mempunyai tingkat keberhasilan lebih dari 60%.

Situs web : Jscreen Fix

PixelHealer

PixelHealer merupakan utilitas gratis yang sangat efektif dan bisa kamu pakai untuk menghidupkan kembali piksel yang mati. Tidak seperti Jscreen Fix, utilitas ini mengharuskan pengguna untuk mengunduhnya, ukuran filenya kurang dari 100KB, sehingga tidak akan memakan banyak tempat.

Saudarany, InjuredPixels ini bisa dipakai untuk mendeteksi piksel yang mati, macet, bisa diperbaiki oleh PixelHealer. Aplikasi akan mem-flash warna RGB di atas piksel yang mati untuk menghidupkannya kembali.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan penginstal portabel yang menghilangkan kebutuhan akan menginstalnya. Pengguna cukup mengektrak file dan menjalankan program.

Unduh : PixelHealer | Pixel Injured

Alat Diagnostik Untuk Malware Di Windows

AdwCleaner

Tidak banyak orang tahu tentang AdwCleaner, aplikasi ini fantastis dan layak mendapatkan pengakuan lebih. AdwCleaner hanya pemindai malware yang sederhana, tetapi kerjanya cepat, efisien, dan juga gratis.

AdwCleaner dirancang untuk menargetkan malware yang disertakan pada file penginstal, sehingga bisa mendeteksi adware, bilah alat, program yang tidak diinginkan, hacking, dan lain lain. Hasil pemindaian diurutkan sesuai dengan layanan, file, DLL, tugas yang terjadwal, entri registri, dan lain sebagainya.

Unduh : AdwCleaner

Malwarebytes

Malwarebytes sudah menjadi rajanya pemindai malware selama bertahun-tahun sampai sekarang. Kebanyakan orang pasti pernah mendengarnya setidaknya sekali, tetapi jika kamu belum pernah mendengernya, ketahuilah sudah bahwa banyak orang menganggap AdwCleaner sebagai aplikasi yang harus dipunyai di setiap komputer.

Malwarebytes hadir dalam versi dua Gratis dan Premium. Versi Gratis juga bagus, dan lebih dari cukup untuk sebagian besar pengguna, tetapi versi Premium mempunyai semua jenis fitur yang mengagumkan. Pelajari lebih lanjut mengapa Malwarebytes Premium bernilai uang.

Unduh : Malwarebytes

Kata Penutup

Sekian yang teknowarta sampaikan tentang Software Untuk Mendiagnosa Kesehatan PC dan terimakasih.

Leave a Comment