Pengertian Smart Canvas

Pengertian Smart Canvas – Google Workspace telah mengambil langkah berikutnya dalam kolaborasi jarak jauh. Mari kita cari tahu bersama apa itu Smart canvas.

Pada Mei 2021 lalu, Google telah mengumumkan banyak fitur baru selama keynote I/O. Fitur-fitur ini berdampak langsung pada Google Workspace (sebelumnya G Suite) karena Google bertujuan untuk membuat suite jadi lebih kolaboratif dan juga mudah digunakan. Khususnya, Google mengumumkan Smart Canvas, alat yang interaktif dan cerdas untuk menggunakan Google Documents, Google Spreadsheet, dan juga Google Slide.

Karena kami telah meneliti bagaimana Smart Canvas akan meningkatkan Google Workspace, maka kami merasa sangat senang dengan rilis yang diluncurkan Google untuk semua pengguna. Untuk selengkapnya simaklah pengertian smart canvas berikut.

 

Apa itu Smart Kanvas?

Smart Canvas merupakan kumpulan alat kolaboratif yang akan meningkatkan cara kerja Google Dokumen, Google Spreadsheet, dan juga Google Slide. Smart Canvas bukanlah rangkaian produk baru. Sebaliknya, ini merupakan “pengalaman produk baru” dari Google yang meningkatkan fitur yang sudah berguna di dalam setiap aplikasi Google.

Menurut Google, “Kanvas pintar memudahkan orang agar tetap terhubung, memfokuskan waktu dan  perhatian mereka, dan juga mengubah ide mereka menjadi dampak.”

Smart Canvas merupakan alat luar biasa yang bisa digunakan bisnis mana pun untuk menyempurnakan cara mereka menyelesaikan pekerjaan di dalam Google Workspace. Sekarang ini, sudah banyak bisnis melakukan yang terbaik untuk membiasakan diri dengan gaya kerja hybrid dan jarak jauh. Sementara beberapa karyawan mungkin akan kembali ke kantor, yang lain mungkin memilih untuk bekerja jarak jauh.

Kanvas Cerdas Google merupakan upaya besar untuk mengatasi tantangan lingkungan kerja hibrida, seperti penurunan kolaborasi tim serta kurangnya komunikasi tentang proyek dan tugas. Ini juga merupakan perubahan yang disambut baik bagi mereka yang untuk saat ini menggunakan aplikasi produktivitas seperti Asana dan OneNote, dikarenakan banyak fitur yang serupa dalam desain.

 

Bagaimana Smart Canvas Akan Meningkatkan Google Workspace

Smart Canvas Google ini menampilkan 12 pembaruan baru sejauh ini mengenai cara kita bisa menggunakan Google Documents, Google Sheets, dan juga Google Slides untuk menyelesaikan pekerjaan. Meski semua pembaruan ini adalah perubahan yang disambut baik, tetapi ada 5 fitur baru yang paling kami sukai dari Smart Canvas yang antara lain:

 

  1. Daftar Periksa Google Documents Akan Membuat Daftar Tugas Menjadi Mudah

Smart Canvas akan memungkinkan kalian untuk membuat daftar tugas kolaboratif di dalam Google Documents agar proyek bisa tetap berjalan.

Dengan mengarahkan kursor ke tugas tertulis maka akan memungkinkan kalian untuk menetapkan tugas tersebut kepada seseorang di tim kalian secara instan. Menurut Google, fitur ini akan segera terintegarasi dengan Google Tasks untuk mengelola tugas di seluruh Google Workspace.

Fitur ini akan menghilangkan kebutuhan untuk beralih dari Google Docs ke Google Tasks ketika sedang bekerja di dalam dokumen, menghemat waktu yang berharga. Bagaimanapun juga, gerakan perpindahan jendela kecil itu bertambah.

 

  1. Smart Chips Akan Menghilangkan Kebutuhan untuk Mencari File Secara Manual

Seperti yang kita tahu bagaimana rasanya mengerjakan agenda rapat, hanya perlu mencari file yang perlu ditinjau tim kalian selama panggilan. Smart Chips akan mempermudah pengambilan file dari dalam dokumen Google.

Yang harus kalian lakukan yaitu mengetik “@” dan Google akan menampilkan file yang direkomendasikan, seperti dokumen dan spreadsheet lain, untuk disertakan dalam pekerjaan kalian. Ini berfungsi juga untuk menandai orang di dokumen Google, yang telah menjadi fitur selama beberapa waktu.

 

  1. Integrasi Google Meet Akan Meningkatkan Kolaborasi On-the-Fly

Saat kalian dan tim kalian bekerja pada tenggat waktu yang ketat, tidak ada yang mengalahkan pertemuan tatap muka. Smart Canvas akan menyempurnakan cara kalian menggunakan Google Meet di dalam Google Dokumen, Google Spreadsheet, dan juga Google Slide.

Misalnya, kalian akan mempresentasikan dokumen atau spreadsheet kepada tim kalian langsung dari Google Documents, Google Spreadsheet, ataupun Google Slide menggunakan browser kalian secara instan.

Dengan fitur ini juga akan memungkinkan kalian untuk bertemu di dalam dokumen Google kalian, sehingga kalian benar-benar bisa berbicara dengan dan melihat tim kalian ketika kalian berkolaborasi pada dokumen kalian.

 

  1. Capture Catatan Google Meet Secara Otomatis

Jika kalian dan tim kalian menggunakan Google Meet untuk berkolaborasi, maka Smart Canvas akan memungkinkan kalian untuk merekam catatan rapat langsung dari undangan rapat Google Kalender secara otomatis. Fitur ini tersedia dalam bentuk template Google doc.

Setelah kalian membuka template, maka informasi seperti siapa yang hadir dalam rapat, apa yang dibahas, atau informasi relevan lainnya yang tercantum dalam undangan rapat kalian akan ditambahkan ke dokumen. Ini juga termasuk menarik item tindakan potensial dari undangan kalian.

Fitur ini akan menghilangkan kebutuhan untuk melakukan pekerjaan kalian dua kali ketika sedang membuat undangan rapat dan menyiapkan dokumen catatan serta daftar tugas untuk dibagikan dengan orang lain.

 

  1. Template Tabel Akan Membantu Anda Mengumpulkan Feedback Tim

Google Documents telah memudahkan tim untuk bertukar pikiran mengenai proyek dan ide yang akan datang. Template tabel baru yang diaktifkan oleh Smart Canvas akan membawa brainstorming dan mengumpulkan umpan balik ke tingkat berikutnya.

Dengan membuat tabel voting topik menggunakan template Brainstorming, maka anggota tim bisa memberikan umpan balik instan dalam bentuk “suara” pada tugas, ide, catatan, dan masih banyak lagi.

Baik kalian memutuskan dari mana memesan pizza untuk rapat dewan berikutnya atau mendiskusikan topik potensial untuk posting blog minggu depan, templat tabel menghilangkan gesekan dalam membagikan pendapat kalian.

Smart Canvas juga dilengkapi dengan tabel pelacak proyek, tempat kalian bisa memasukkan pencapaian dan catatan proyek untuk melacak proyek.

 

Fitur Smart Canvas Lainnya yang Diharapkan

Penurunan fitur pertama untuk Smart Canvas juga akan menyertakan format tanpa halaman baru di Google Documents yang memperluas dokumen yang sedang kalian kerjakan supaya nanti sesuai dengan perangkat kalian serta tampilan baru di Google Spreadsheet, termasuk tampilan garis waktu untuk meningkatkan pelacakan tugas. Smart Canvas juga akan memperkenalkan emoji baru ke Google Documents, yang menambahkan beberapa kesenangan dan kepribadian pada kolaborasi tim.

Pembaruan lainnya termasuk fitur penulisan berbantuan tambahan di Google Documents, seperti peringatan bahasa yang menyinggung, dan juga lebih banyak fungsi analisis terbantu di Google Spreadsheet.

 

Smart Canvas Akan Meningkatkan Kolaborasi di Google Workspace

Meski set pertama pembaruan Smart Canvas akan memengaruhi Google Dokumen, Google Spreadsheet, dan juga Google Slide, tapi kami berharap bisa mendengar lebih banyak pembaruan untuk Google Workspace lainnya dimasa mendatang. Smart Canvas merupakan tambahan yang menjanjikan untuk rangkaian alat kolaborasi Google yang sudah berguna.

Dan itulah tadi Pengertian Smart Canvas

Leave a Comment