Panduan Cara Memakai FaceTime di PC Windows

Panduan Cara Memakai FaceTime di PC Windows

Panduan Cara Memakai FaceTime di PC Windows – Memakai FaceTime di PC Windows mungkin terlihat mustahil, tetapi sebenarnya bisa dipakai di PC Windows. Berikut cara membuatnya untuk bekerja.

Apakah kamu pemakai video chat yang rajin dan ingin memakai FaceTime di PC Windows? Maka kamu datang ke tempat yang tepat! FaceTime merupakan teknologi eksklusif yang miliki Apple dan berjalan di iPhone, iPad, dan Mac, yang berarti tidak akan langsung bekerja pada Windows.

Apple belum merilis aplikasi FaceTime untuk Windows, tetapi siapa saja yang mempunyai perangkat iOS bisa membuat tautan undangan yang bisa berfungsi untuk aplikasi Windows lain seperti Google Chrome.

Panduan Cara Memakai FaceTime di PC Windows

Cara bagaimana bisa memakai FaceTime di PC Windows.

Bergabung dengan Panggilan FaceTime di PC Windows

Sebagai pemilik PC Windows, kamu tidak bisa mengadakan rapat di FaceTime secara mandiri. Ini karena aplikasi FaceTime bukan untuk sistem operasi Windows. Kamu membutuhkan teman dengan perangkat iOS untuk membuat tautan undangan supaya kamu bisa bergabung pada panggilan FaceTime di PC Windows.

Untuk bergabung rapat virtual memakai tautan undangan yang diberikan teman atau kolega kamu, kamu harus memakai browser seperti Google Chrome atau Microsoft Edge. Teman kamu juga bisa mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di bawah ini untuk membantu membuat tautan FaceTime pada perangkat iOS. Itu akan membuat tugas mengatur dan bergabung pada panggilan FaceTime di PC Windows dengan lebih mudah.

Bagaimana FaceTime Bisa Bekerja di Windows

Sekarang setelah kamu tahu tidak ada FaceTime pada Windows, kamu pasti bertanya-tanya bagaimana cara kerja FaceTime di Windows? FaceTime hanya bisa berfungsi di dua browser yang ada di Windows seperti Google Chrome dan Microsoft Edge. Karena itu, sebaiknya unduh salah satunya sebelum melanjutkan.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kamu membutuhkan tautan undangan dari seorang teman pengguna iPhone, iPad, atau Mac. Mereka harus membagikan tautan undangan ke kamu sehingga kamu bisa bergabung rapat. Yang berarti kamu tidak bisa membuat tautan undangan di PC Windows atau ikut bergabung rapat tanpa adanya tautan.

Setelah terhubung ke FaceTime di browser Windows, kamu akan menyadari bahwa terdapat batasan untuk memakai aplikasi. FaceTime pada Windows tidak mendukung dengan fitur SharePlay yang memungkinkan kamu menonton film atau mendengarkan musik Apple bersama teman ketika FaceTime.

Aplikasi FaceTime hanya menawarkan kontrol dasar seperti mengaktifkan dan menonaktifkan video, audio, dan tata letak kotak. Terlepas dari ini, FaceTime memungkinkan kamu untuk terhubung dengan pemilik iOS pada PC Windows kamu tanpa membutuhkan akun ID Apple.

Membuat Tautan Undangan FaceTime di Mac

Jika ada teman yang ingin kamu ajak FaceTime mempunyai Mac, kamu harus melakukan ping ke teman dan beri tahu teman untuk membuat tautan rapat. Ikuti langkah langkah dibawah untuk membantu teman membuat dan membagikan tautan undangan supaya kamu bisa mencoba FaceTime di Windows.

  1. Buka FaceTime. Masuk dengan ID Apple atau Buat ID Apple Baru jika tidak mempunyai ID Apple.
  2. Setelah terbuka, klik Buat Tautan yang ada pada browser percakapan. Jika ingin, kamu bisa memberi nama tautan.
  3. Setelah membuat tautan FaceTime, klik ” i ” untuk mengakses opsi berbagi.
  4. Selanjutnya, klik Bagikan pada menu dan pilih metode untuk berbagi. Kamu bisa membagikan tautan lewat Mail, Pesan singkat, atau aplikasi pengirim pesanan yang didukung di Menu Berbagi. Kamu juga bisa menyalin tautan undangan dan membagikan lewat aplikasi pengirim pesan lain seperti Telegram atau Whatsapp pada desktop.

Membuat Tautan Undangan FaceTime di iPad atau iPhone

Membuat tautan FaceTime di iPad dan iPhone itu sangat mudah. Seperti yang sudah disebutkan, kamu harus meminta teman dengan perangkat iOS membuat dan membagikan tautan undangan kepada kamu. Untuk membuat dan membagikan tautan FaceTime di perangkat iOS, bisa dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pada iPhone atau iPad, cari aplikasi FaceTime dan luncurkan. Buat ID Apple Baru jika kamu pengguna baru atau langsung Masuk jika kamu sudah memiliki ID.
  2. Di FaceTime, klik Buat Tautan untuk membuat tautan undangan.
  3. Dengan tautan yang dihasilkan dari aplikasi, sekarang kamu bisa membagikan ke teman-teman di PC Windows. Kamu harus membuka bagian Mendatang pada aplikasi FaceTime dan menemukan tautan yang dihasilkan.
  4. Klik ” i ” di sebelah tautan FaceTime untuk membuka opsi pada menu seperti Bergabung dengan FaceTime, Bagikan Tautan, atau Hapus tautan.
  5. Klik Bagikan Tautan pada menu dan pilih metode untuk berbagi.

Cara Memakai FaceTime di PC Windows

Setelah kamu mendapatkan tautan undangan FaceTime, kamu sekarang bisa bergabung rapat virtual. Untuk melakukan ini pada PC Windows, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Klik tautan undangan FaceTime yang dibagikan, buka browser Google Chrome atau Microsoft Edge. Temple tautan di salah satu browser.
  2. Tautan akan membuka halaman pengalaman web FaceTime, yang mana kamu akan mendapatkan perintah untuk Memasukkan Nama kamu. Masukkan nama kamu dan klik Lanjutkan.
  3. Pesan pop-up akan muncul pada website untuk meminta izin akses ke kamera dan mikrofon perangkat. Klik Izinkan untuk akses ke kamera dan mikrofon pada PC Windows.
  4. Di kiri bawah halaman, klik Gabung untuk meminta tuan rumah mengizinkan kamu memasuki ke rapat virtual.
  5. Tunggu prompt muncul, yang menandakan tuan rumah sudah menerima permintaan kamu bergabung rapat.
  6. Ketika teman kamu menerima permintaan bergabung ke dalam rapat, kamu bisa memakai FaceTime di PC Windows. Kamu juga bisa meninggalkan rapat kapan saja kamu mau dengan klik Leave yang berwarna merah.

Mengunduh FaceTime di PC Windows

Jika kamu mencari aplikasi video call yang menawarkan video dan audio yang jernih, FaceTime merupakan pilihan yang terbaik. Tetapi, jika kamu tidak mempunyai perangkat iOS atau Mac, akan sulit mengaktifkan FaceTime.

Emulator seperti iPadian memungkinkan kamu menginstal iOS pada perangkat kamu, tetapi kami tidak menyarankan pemakaiannya. Risiko paling signifikan memakai emulator pihak ketiga pada Windows yaitu soal keamanan. Emulator ini juga bisa membuat lambat PC, terutama jika PC memakai prosesor lama atau RAM yang kecil.

Singkatnya, FaceTime tidak tersedia untuk Windows saat ini. Tetapi, ada aplikasi panggilan video lain yang sama menariknya dan bisa kamu unduh untuk PC Windows.

Kata Penutup

Sekian yang teknowarta sampaikan dan terimakasih.

Check Also

Cara Flash HP Advan 100% Sukses Untuk Semua Tipe

Cara Flash HP Advan 100% Sukses Untuk Semua Tipe

Cara Flash HP Advan  – Advan merupakan salah satu brand lokal yang cukup terkenal. Jika …