Tips & Trik Agar Menggunakan Google Search Lebih Efektif

Tips & Trik Agar Menggunakan Google Search Lebih Efektif – Kebanyakan dari kita pasti menggunakan Google Search setiap harinya, tetapi apakah kalian sudah memaksimalkannya? Berikut ini 10 tips yang bisa membantu untuk meningkatkan pencarian Google kalian.

Kalian pasti sudah pernah mendengar tentang Google dan produknya yang paling terkenal—Google Penelusuran. Kebanyakan dari kita mungkin juga menggunakannya setiap hari. Tapi apakah kalian  sudah mendapatkan hasil maksimal dari mesin pencari yang kuat?

Untuk memastikannya, berikut ini adalah 10 tips dan trik untuk membantu kalian menggunakan Google secara lebih efektif.

 

Apa Itu Halaman Cara Kerja Pencarian Google?

Sebelum membahas tips dan triknya, alangkah baiknya disebutkan bahwa Google mempunyai halaman khusus yang disebut Cara Kerja Pencarian. Seperti yang mungkin telah kalian simpulkan dari namanya, halaman tersebut memberi tahu kalian segalanya tentang cara kerja dari Google Penelusuran. Pembuat, pemilik situs web, dan juga anggota masyarakat yang penasaran telah mempunyai akses ke halaman ini sejak 2016 lalu. Dan pada Agustus 2021, Google memperbarui sumber daya.

Dalam sebuah pernyataan eksklusif, eksekutif Google Penelusuran Danny Sullivan mengatakan bahwa adanya halaman tersebut yaitu untuk membantu orang-orang “mempelajari cara mendapatkan hasil maksimal dari Google Penelusuran.”

Berbicara tentang pembaruan bulan Agustus, Sullivan menjelaskan, “Ada banyak pertanyaan yang diajukan orang tentang Penelusuran—seperti cara kerja pelengkapan otomatis, atau bagaimana kami menjaga kerahasiaan dan keamanan informasi mereka. Kami telah memperbarui situs, jadi jauh lebih mudah untuk menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini dan mempelajari semua tentang pendekatan kami dalam merancang Penelusuran.”

Pada halaman tersebut, kalian akan menemukan berbagai postingan blog mendalam yang menjelaskan cara kerja berbagai elemen Google Penelusuran. Kalian bahkan akan menemukan perincian fitur Google Penelusuran di samping penjelasan video berdurasi satu jam.

 

Tips dan Trik Menggunakan Google Search Lebih Efektif

Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini adalah 10 tips dan trik yang yang bisa membantu kalian untuk menggunakan Google Penelusuran dengan lebih efektif. Beberapa dari mereka mungkin tampak jelas, tapi yang lain, mungkin tidak begitu banyak. Pastinya ada banyak hal yang harus dipelajari tentang Google Penelusuran!

 

  1. Temukan Cara Kerja Pencarian

Langkah pertama yaitu dengan mempelajari cara kerjanya. Halaman Cara Kerja Pencarian Google adalah cara sempurna untuk melakukan ini.

Postingan blog yang mendalam pada halaman tersebut bisa mengajarkan kalian tentang bidang minat tertentu, dan videonya sangat cocok untuk gambaran umum yang lebih umum.

 

  1. Tambahkan Parameter Ekstra ke Pencarian Kalian

Google Penelusuran bisa menemukan kecocokan persis untuk istilah penelusuran kalian jika kalian menggunakan parameter tambahan. Kalian bisa menggabungkan parameter ini dengan cara menambahkan kata atau frasa di dalam tanda kutip ganda.

Contohnya, jika kalian ingin penelusuran kalian menampilkan laman yang membahas sepatu lari terbaik daripada sepatu lari terbaik, kalian bisa tambahkan “joging” dalam tanda kutip. Kutipan ini akan memberi tahu Google untuk menampilkan halaman yang hanya menyertakan kata “joging”.

 

  1. Gunakan Opsi Pencarian Lanjutan

Di Google Penelusuran, kalian akan menemukan opsi Penelusuran Lanjutan, yang akan memberi kalian kontrol lebih besar atas kueri kalian. Untuk menggunakannya, kalian klik saja ikon roda gigi di sisi kanan halaman hasil pencarian dan klik Pencarian lanjutan.

Dengan Pencarian Lanjutan, maka kalian bisa dengan mudah menemukan halaman web yang hanya tersedia dalam bahasa tertentu, situs yang berasal dari domain tertentu, ataupun dokumen yang ditulis dalam satu bulan atau tahun terakhir. Singkat cerita, Pencarian Lanjutan bisa membuat hidup kalian jauh lebih mudah.

 

  1. Jelaskan Apa yang Sedang Kalian Cari

Salah satu cara untuk menghubungkan penelusuran kalian dengan hasil di web yaitu dengan mencocokkan istilah. Contoh, jika kalian mencari sepatu lari, Google akan menampilkan halaman yang berisi kata lari dan sepatu.

Jadi, jika kalian tidak ingat apa namanya, cobalah untuk menjelaskan dengan kata-kata yang kalian gunakan untuk menjelaskannya kepada teman. Beberapa situs mungkin menggunakan bahasa yang mirip dengan deskripsi kalian, dan Google Penelusuran akan mencocokkan kalian dengan halaman tersebut.

 

  1. Dapatkan Spesifik Dengan Permintaan Kalian

Ketika kalian menelusuri sesuatu di Google, hal-hal spesifik sering kali bisa membantu. Itulah alasannya mengapa kalian harus ingat untuk fokus memasukkan informasi yang spesifik untuk pencarian kalian.

Misalnya, jika kalian melihat bendera yang tidak kalian kenali, kalian akan mencari “Bendera apa yang berlatar belakang merah dengan palang putih?” daripada “Apa bendera merah putihnya?” Detail tambahan berarti kalian lebih mungkin menemukan hasil yang akurat.

 

  1. Coba Cari dengan Berbagai Cara

Jika kalian tidak bisa menemukan apa yang sedang kalian cari pada awalnya, maka coba istilah lain. Menggunakan kata pencarian sinonim berarti kalian mungkin akan mendapatkan serangkaian hasil yang lebih luas yang mungkin mencakup apa yang kalian cari. Tetapi, meskipun baik untuk spesifik, kalian tidak ingin berlebihan!

Misalnya, jika kalian menelusuri “bendera dengan latar belakang biru dan salib kuning” tetapi tidak menemukan kecocokan, maka coba telusuri “bendera dengan salib kuning”.

 

  1. Hilangkan Hasil Pencarian yang Tidak Diinginkan

Terkadang, kalian mungkin tidak ingin hasil menyertakan kata-kata tertentu, terutama jika mungkin menyinggung atau mengecewakan. Di situlah simbol minus Google masuk.

Dengan menelusuri dengan simbol minus (-), kalian memberi tahu kepada Google untuk menemukan hasil yang mengecualikan kata yang didahului dengan simbol minus. Contoh, jika kalian tahu bahwa bendera yang kalian cari bukanlah bendera Inggris Raya, maka kalian akan menelusuri “bendera dengan salib putih -Inggris Raya”.

 

  1. Coba Jelajahi Hasil Pencarian Visual

Seringkali, contoh visual bisa menunjukkan apa yang kalian cari dengan lebih mudah. Kalian bisa  mengeklik tab Gambar atau Video untuk menemukan hasil visual untuk kueri penelusuran kalian. Kalian juga bisa menelusuri menggunakan gambar dengan menyeret gambar dari desktop ke Google Penelusuran.Galeri Gambar (2 Gambar)

Selain itu, dengan Google Lens, kalian bisa menggunakan kamera ponsel untuk mengidentifikasi objek di dunia nyata. Buka aplikasi Google di Android atau iOS dan ketuk ikon kamera Lens di bilah pencarian untuk memulai.

 

  1. Periksa Kredibilitas Sumber Kalian

Kalian bisa menggunakan alat Google Penelusuran bawaan untuk mempelajari lebih lanjut tentang situs yang tidak dikenal. Ketika melihat hasil pencarian, kalian akan melihat tiga titik vertikal di sebelah judul. Jika kalian meng-klik titik-titik ini maka akan menampilkan panel bernama Tentang hasil ini.

Panel ini akan memberi kalian detail kontekstual tentang alasan mengapa Google menampilkan situs tertentu. Dengan begitu, kalian bisa membuat keputusan yang lebih tepat tentang situs mana yang kalian kunjungi. Tentunya, pencarian Google kuno yang baik juga bisa memberikan informasi yang sama.

 

  1. Kontrol Riwayat Pencarian Kita

Siapa saja yang menggunakan Google secara teratur mungkin ingin memastikan bahwa mereka mengontrol riwayat pencarian mereka. Jadi, aplikasi Google mempunyai tombol khusus untuk menghapus 15 menit terakhir dari riwayat yang disimpan. The panel Web & Aplikasi juga memberikan wawasan tambahan ke halaman yang kalian kunjungi dan pencarian kalian.

Di panel, kalian bisa memilih supaya Google menghapus riwayat penelusuran kalian secara otomatis. Kalian juga bisa melihat riwayat pencarian yang disimpan dan menghapus item dari daftar secara manual.

 

Apakah Kalian Mendapatkan Hasil Maksimal Dari Pencarian Google?

Meski kebanyakan dari kita menggunakan Google Search setiap hari, seringkali mudah untuk mengabaikan betapa hebatnya alat ini. Semoga saja, dengan menggunakan beberapa kiat ini, kalian  bisa  memaksimalkan Google Penelusuran.

Dan itulah tadi Tips & Trik Agar Menggunakan Google Search Lebih Efektif

Leave a Comment