Membuat Zoom Meeting Lebih Produktif dengan Miro

Membuat Zoom Meeting Lebih Produktif dengan Miro – Dengan papan tulis Miro dalam Zoom, maka kalian akan bisa bertemu, bertukar pikiran, dan juga memecahkan masalah secara virtual dari mana saja. Inilah cara agar kalian bisa menggunakannya!

Miro sendiri merupakan alat kolaborasi online yang menyediakan kanvas untuk manajemen proyek dan sesi papan tulis. Integrasi Miro dengan Zoom merupakan cara yang bagus untuk menciptakan pengalaman rapat virtual di satu tempat.

Ada versi gratis Zoom dan Miro. Kalian bisa berpartisipasi selama 40 menit dalam versi gratis Zoom dan membuat tiga papan yang bisa diedit di versi gratis Miro. Miro melalui Zoom dapat menghilangkan kerumitan beralih antar aplikasi dalam rapat dan berbagi layar. Simaklah cara mengatur aplikasi Miro untuk Zoom dibawah ini.

 

Apa itu Miro untuk Zoom?

Zoom adalah alat konferensi video serbaguna yang digunakan untuk menyelenggarakan rapat di ponsel ataupun laptop. Alat kolaborasi Miro tersedia sebagai aplikasi yang bisa diintegrasikan dengan Zoom. Kalian harus mempunyai akun Zoom untuk menyelenggarakan rapat video.

Akan tetapi, kalian tidak harus punya akun Miro untuk menghadiri rapat. Satu-satunya tangkapan adalah bahwa papan Miro kalian dihapus setelah 24 jam, dan kalian mempunyai akses ke templat Miro terbatas.

 

Mengakses Miro Dari Zoom

Untuk mengakses Miro dari Zoom, maka unduh Zoom di laptop kalian.

  • Kalian klik Aplikasi Saya > Tambahkan Aplikasi atau pilih tab Temukan.
  • Geser ke bawah halaman, pilih Miro, lalu klik saja Tambah.
  • Di laman Otorisasi Marketplace, klik Otorisasi.
  • Kalian bisa membuat papan tanpa registrasi, atau memilih masuk dengan kredensial masuk kalian untuk mengakses papan Miro yang ada.
  • Pilih tim dari daftar tarik-turun lalu klik Instal dan otorisasi.
  • Pilih pengaturan akses untuk rapat. Selama rapat, kalian bisa memilih drop-down Rapat di kiri atas untuk memilih papan lain.
  • Klik Mulai Rapat. Dan Papan Miro dibagikan kepada para peserta.

Semua fitur Zoom dan Miro bisa diakses dengan mudah oleh peserta dalam tampilan berdampingan. Jika kalian menggunakan Miro versi berbasis browser, maka yang terbaik yaitu menutup semua tab sebelum mengakses Miro melalui Zoom. Jika tidak, maka kalian akan melihat kursor duplikat di papan Miro, yang mungkin tidak akan jelas bagi peserta.

 

Sekarang setelah kalian mempelajari cara untuk mengintegrasikan Miro dengan Zoom, sekarang mari kita pahami cara untuk melakukan rapat yang produktif.

 

Bagaimana Melakukan Pertemuan Dengan Miro

Kalian bisa melakukan berbagai jenis pertemuan seperti retrospektif, sesi curah pendapat, ide, atau bahkan pemecah kebekuan di Miro. Kalian bisa menggunakan kanvas kosong untuk rapat, memilih template yang dibuat oleh komunitas Miro, atau yang disediakan melalui Miroverse.

Sebelum memulai rapat, kalian bisa mengklik tombol Kirim untuk membagikan aplikasi Miro dengan orang lain.

 

Mengatur Papan Miro

Sangat membantu untuk mengatur papan Miro dengan template yang relevan dengan rapat. Ini akan memberikan kerangka visual untuk diskusi.

  • Di Miro, kalian klik template lalu masuk ke Rapat.
  • Kalian pilih polanya.

  • Untuk memasukkan atau memformat konten, kalian klik dua kali di mana saja pada template.\

  • Beberapa pengaturan telah dikonfigurasi sebelumnya di Miro untuk kelancaran rapat. Kalian bisa menyimpannya dan memilih pengaturan tambahan.

Tetapkan Agenda

Sebelum kalian memulai rapat, penting untuk menetapkan agenda terlebih dulu. Ini bisa mencakup topik utama diskusi, jadwal, pertanyaan, dan juga informasi relevan lainnya. Dengan agenda yang jelas, maka akan membantu peserta memahami alur rapat. Kalian juga bisa menentukan waktu untuk setiap agenda.

 

Tentukan Tujuan dan Peserta

Untuk memastikan bahwa peserta memahami hasil pertemuan, maka penting untuk mendefinisikannya dengan jelas. Menambahkan nama dan juga penunjukan peserta akan membantu mereka yang melihat rekaman rapat.

  1. Pada template, masukkan nama peserta lalu pilih tambahkan tag.
  2. Tetapkan peran kepada peserta lalu batasi dengan warna tertentu. Jangan lupa untuk menetapkan warna yang unik untuk semua orang.

Selama rapat, siapa saja bisa membuat catatan tentang Miro. Untuk melakukannya, klik note di kanan atas papan Miro. Catatan ini bisa dilihat oleh semua peserta selama rapat. Kalian bisa memformat dan mengatur catatan.

 

Membahas Ide

Untuk memimpin diskusi, terdapat banyak cara. Kalian bisa melakukan brainstorming ide, memberikan umpan balik atau memberikan solusi. Peserta bisa berkolaborasi pada bingkai yang berbeda di papan Miro dan menghadiri rapat secara bersamaan.

Dengan fitur ini akan memastikan bahwa kalian mempunyai semua informasi di satu tempat dan menghilangkan kebutuhan untuk menyampaikan informasi dari satu tim ke tim lainnya.

Jika template kalian tidak mempunyai fitur untuk membantu aktivitas apa pun, maka kalian bisa  mengklik template dan memilih Brainstorming dan Pemetaan. Jika sudah memilih template tertentu, kalian bisa mengubah ukurannya.

 

Mengikuti Pembawa Acara

Untuk meminta perhatian selama pertemuan tatap muka itu sangat mudah, namun menjadi tantangan dalam kolaborasi virtual. Peserta bisa terganggu atau terlibat dalam percakapan sampingan.

Miro mempunyai fitur bagus yang memungkinkan presenter untuk membawa fokus kepada mereka. Kalian bisa membawa fokus seluruh tim pada kalian atau meminta fokus peserta tertentu. Opsi sebelumnya tersedia.

 

Berbagi dan Menutup Rapat

Menyimpulkan pertemuan dengan hasil yang logis dan praktis itu penting. Kalian bisa  menggunakan template Rapat dan Refleksi di Miro untuk menangkap pembelajaran. Kalian juga bisa  menetapkan tugas kepada peserta dengan fungsi komentar atau dengan mengingatkan moderator untuk mengirim ringkasan rapat. Dan yang terakhir ini akan sangat membantu bagi orang-orang yang tidak punya waktu untuk menonton rekaman lengkap.

Setelah sesi zoom berakhir, kalian bisa membagikan rekaman rapat dengan anggota lain melalui email.

 

Menghapus instalasi Miro

Jika kalian tidak menikmati pengalaman terintegrasi, maka kalian bisa menghapus aplikasi Miro dari Zoom.

  1. Klik Aplikasi > Kelola.
  2. Masuk ke Pasar Aplikasi.
  3. Klik Copot pemasangan.

 

Memaksimalkan Kolaborasi Hebat Ini

Menggunakan alat kolaborasi Miro dengan Zoom merupakan strategi efektif untuk melakukan rapat. Tapi kalian harus ingat, bahwa ada kurva belajar yang terkait dengan Miro. Miro bisa sulit dipelajari saat peserta fokus pada rapat Zoom.

Akan sangat membantu untuk membagikan tutorial Miro ataupun memberi mereka waktu untuk menjelajahi aplikasi sebelum rapat. Kalian bisa melihat sumber belajar di situs web Zoom dan Miro Academy untuk mempelajari lebih lanjut tentang integrasi ini.

Microsoft dan Google juga menawarkan konferensi video dan aplikasi papan tulis, masing-masing adalah Jamboard dan Papan Tulis. Jika kalian sudah terbiasa dengan aplikasi ini, maka Zoom dan Miro mungkin akan sulit digunakan.

Dan itulah Cara Membuat Zoom Meeting Lebih Produktif dengan Miro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rekomendasi Terkait
Menu