7 website generator untuk webite tampilan statis open-source

7 website generator untuk webite tampilan statis open-source

7 website generator untuk webite tampilan statis open-source – Salah satu cara terbaik membuat situs web kamu terlihat aktif dan berjalan cepat merupakan dengan bantuan generator situs statis. Berikut merupakan SSG yang terbaik.

Apakah kamu sedang mencari generator situs statis dengan sumber terbuka? Sekarang kamu tidak perlu mencari lagi, pada artikel ini kamu bisa menemukannya.

Situs web bisa disebut statis atau dinamis. CMS atau Content Management System) seperti WordPress biasanya mendukung dengan situs web yang dinamis. Sistem manajemen konten mendapat informasi dari database yang kemudian diisi dengan konten di halaman web pada setiap kali pengguna memintanya.

Situs statis merupakan situs web yang disajikan oleh server web kepada klien tanpa perubahan. Ini merupakan metode untuk membangun situs website karena pada setiap halaman situs web merupakan file HTML yang terpisah. Pada awal awal web, begini cara membangun situs web.

Jadi, jika kamu mengunjungi beranda pada situs web statis, kamu akan melihat file beranda yang asli.

7 website generator untuk webite tampilan statis open-source

Pada artikel ini, kami akan menunjukan 11 generator situs statis open-source dan gratis yang bisa dipakai untuk membangun sebuah situs website.

1) Jekyll

Jekyll merupakan pelopor terbentuknya generator situs statis. Jekyll pertama kali rilis tahun 2008 oleh salah satu pendiri Github yaitu Tom Preston-Werner. Jekyll ditulis memakai Ruby, dan menghasilkan situs statis yang memuat konten jenis file TSV, YAML, JSON, dan CSV.

Jekyll juga mendukung untuk GitHub Pages, yang memungkinkan pengguna meng-host situs web berdasarkan akun repositori GitHub mereka tanpa biaya tambahan apapun.

Trending :  Web Hosting Indonesia : Pentingnya Kualitas Web Hosting Untuk Digital Marketer

Link Github: https://github.com/jekyll/jekyll

2) Hugo

Hugo merupakan generator situs statis open-source yang dibuat memakai bahasa pemrograman Go. Hal yang membuat Hugo unggul yaitu pada seberapa cepat Hugo bisa membangun situs web. Ini sangat fleksibel dan menawarkan sistem yang kuat dan memungkinkan membuat tema kamu sendiri.

Hugo tersedia pada beberapa platform OS, mendukung URL cantik, dan mempunyai berbagai opsi jenis konten.

Link Github: https://github.com/gohugoio/hugo

3) Publii

Publii merupakan aplikasi yang berbasis desktop open-source gratis. Publii bisa berjalan secara lokal pada mesin kamu alih-alih pada server situs dan tidak membutuhkan akses internet. Jadi, jika kamu bisa bekerja pada situs secara offline.

Saat kamu online, cukup unggah saja perubahan ke server dan itu bisa menyimpan perubahan. Terdapat beberapa opsi unggahan, termasuk server HTTP atau HTTPS standar, GitHub Pages, Amazon S3, SFTP, Netlify, dan Google Cloud.

Dengan memakai Publii, kamu bisa membuat blog pribadi, portofolio, atau situs web untuk perusahaan. Publii juga mendukung pembangunan, pengubahan, dan menjalankan situs tanpa batas aplikasi yang sama dengan peralihan yang instan juga. Kamu tidak perlu mengingat database atau kredensial lainnya.

Link Github: https://github.com/GetPublii/Publii

4) Nuxt

Nuxt merupakan kerangka kerja web intuitif yang didasarkan pada Vue sehingga memungkinkan kamu untuk membangun situs statis. Next open-source, dan saat kamu membangun situs statis, kamu bisa meng-host-nya dengan gratis pada Aplikasi Web Statis Azure. Nuxt dapat mendukung pada rendering sisi server, yang mengarah ke peningkatan SEO yang besar, UX yang lebih bagus, dan lebih banyak peluang jika dibandingkan dengan aplikasi satu halaman atau SPA Vue tradisional .

Link Github: https://nuxtjs.org

5) Hexo

Hexo merupakan kerangka kerja blog yang cepat, sederhana, dan juga kuat serta didukung Node.js. Hexo mendukung untuk semua fitur GitHub Flavoured Markdown dan sebagian besar plugin Octopress. Hexo juga mepunyai tampilan API yang canggih dan menawarkan ekstensibilitas tanpa batas.

Trending :  Web Hosting Indonesia : Pentingnya Kualitas Web Hosting Untuk Digital Marketer

Terdapat berbagai plugin yang mendukung sebagian besar mesin template, seperti Pug, EJS, Nunjucks, dan banyak lagi. Hal itu bisa mudah integrasi pada paket NPM (Node Package Manager) seperti PostCSS, Less/Sass, dan Babel.

Link Github: https://github.com/hexojs/hexo

6) VuePress

VuePress merupakan SSG yang bertenagakan Vue minimalis yang dibuat oleh Evan You pencipta dari Vue.js. VuePress dikembangkan supaya mendukung pada kebutuhan dokumentasi teknis pada proyek Vue. VuePress juga didukung oleh Webpack, Vue Router, dan Vue. Dan VuePress open-source, mudah dipakai, serta membutuhkan pengaturan yang minimal dengan penurunan harga.

Lik Github: https://github.com/vuejs/vuepress

7) Pelican

Pelican merupakan SSG open-source yang ditulis dengan memakai Bahasa Python. Fitur-fiturnya termasuk penulisan konten pada markup reStructuredText atau Markdown, mudah untuk meng-host output statis, dan tema yang bisa disesuaikan lewat template Jinja. Pelican juga multi-bahasa, penyorotan sintaks kode, mempunyai feed atom atau RSS, impor dari WordPress dan layanan lain, repositori plugin yang sesuai, sistem plugin modular, dan banyak fitur lainnya.

Link Github: https://github.com/getpelican/pelican

Kata Penutup

Sekian yang teknowarta sampaikan dan terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.