Cara Restart Paksa iPhone dan Masuk ke Recovery Mode

Cara Restart Paksa iPhone dan Masuk ke Recovery Mode

Cara Restart Paksa iPhone dan Masuk ke Recovery Mode – Kalian ingin menempatkan iPhone kalian dalam mode pemulihan? Kalian harus menggunakan fungsi ini jika iPhone kalian mengalami sebuah masalah besar. Tetapi, cara untuk memasukkan iPhone ke mode pemulihan tidak selalu jelas, karena antar perangkat prosesnya berbeda-beda.

Pada artikel ini akan menunjukkan cara untuk memasukkan iPhone, iPad, ataupun iPod touch ke mode pemulihan, apa pun model yang kalian miliki.

 

Force Restart dan Mode Pemulihan iPhone Dijelaskan

Semoga saja kalian tidak perlu sering-sering me-restart iPhone kalian, dan hampir tidak pernah harus memasukkannya ke dalam mode pemulihan. Tetapi penting sekali untuk mengetahui ketika terjadi sebuah kesalahan.

Saat perangkat kalian menjadi benar-benar tidak responsif dan kalian tidak bisa mematikannya dengan metode biasa, alih-alih menunggu baterai habis, kalian bisa memulai ulang paksa. Pada dasarnya restart paksa iPhone sama saja dengan mencabut steker listrik komputer desktop, karena memaksa iPhone kalian untuk mati dan memulai lagi.

Mode pemulihan mengambil langkah yang lebih jauh, menempatkan perangkat kalian ke dalam keadaan dimana kalian bisa menginstal ulang iOS dengan menghubungkan iPhone kalian ke komputer yang menjalankan iTunes (atau menggunakan Finder di macOS Catalina dan yang lebih baru). Jika iPhone kalian menolak untuk boot, mogok saat startup, atau macet di logo Apple untuk waktu yang lama, maka kalian harus mengalihkan perangkat ke mode pemulihan untuk menyelamatkannya.

Perhatikan bahwa ketika kalian menginstal ulang iOS, maka kalian akan kehilangan semua data di iPhone kalian. Ini bukanlah sebuah masalah jika kalian membuat cadangan iPhone biasa, yang bisa kalian lakukan menggunakan iCloud atau secara lokal di iTunes atau Finder. Namun sayangnya, kalian tidak bisa mencadangkan perangkat kalian dalam mode pemulihan, karena prosesnya hanya akan menawarkan untuk memulihkan firmware.

Trending :  Cara Menyesuaikan Kecepatan Scrubbing Di iPhone

Dengan begitu, jika kalian terjebak dengan iPhone yang tidak bisa boot dan kalian tidak punya cadangan untuk memulihkan, maka tidak ada yang bisa kalian lakukan untuk menyimpan data kalian.

 

Cara Masuk ke Recovery Mode di iPhone 8, iPhone X, iPhone 11, dan yang Lebih Baru

iPhone 8 dan yang lebih baru termasuk setiap model iPhone dengan ID Wajah, semuanya menggunakan serangkaian langkah yang sama untuk memaksa memulai ulang dan masuk ke mode pemulihan. Dibawah ini adalah Langkah-langkah yang akan berfungsi dengan perangkat iPhone 8/8 Plus, iPhone X, XS, XR, iPhone 11, iPhone SE generasi kedua, seri iPhone 12, dan perangkat iPhone 13.

Perhatikan bahwa kalian harus melakukan kombinasi tombol ini dengan cukup cepat. Jika tidak berhasil sekali, kalian bisa mencobanya lagi tetapi lebih cepat.

 

Cara Memaksa Memulai Ulang iPhone 8 atau Lebih Baru

  • Kalian tekan kemudian lepaskan tombol Volume Naik.
  • Segera tekan kemudian lepaskan tombol Volume Turun.
  • Tahan tombol Samping sampai kalian melihat logo Apple. Lepaskan tombol ketika kalian sudah melihat logo tersebut.

 

Cara Memasukkan iPhone 8 atau Lebih Baru Ke Mode Pemulihan

  • Hubungkan iPhone kalian ke komputer.
  • Di PC Windows atau Mac yang menjalankan macOS Mojave atau versi yang lebih lama, luncurkan iTunes. Di Mac yang menjalankan macOS Catalina atau yang lebih baru, bukalah Finder. Kalian mungkin harus menutup dan membuka kembali iTunes jika iTunes sudah berjalan.
  • Tekan, kemudian lepaskan tombol Volume Naik.
  • Segera tekan kemudian lepaskan tombol Volume Turun.
  • Tahan tombol Samping, dan jangan lepaskan ketika kalian melihat logo Apple.
  • Tetap tahan tombol Samping hingga kalian melihat layar Mode Pemulihan.

 

Cara Masuk ke Recovery Mode di iPhone 7/7 Plus dan iPod Touch

IPhone 7/7 Plus merupakan model iPhone pertama yang tidak mempunyai tombol Home mekanis, itu berarti tombol Home tidak akan berfungsi saat telepon dimatikan. Hal ini mengharuskan Apple untuk mengubah pintasan paksa restart dan mode pemulihan untuk pertama kalinya sejak iPhone diluncurkan pada 2007.

Langkah-langkah ini juga berfungsi untuk memaksa memulai ulang iPod touch generasi ketujuh, yang dirilis pada tahun 2019. Kini iPod touch yang terbaru sudah tersedia.

 

Cara Memaksa Restart iPhone 7 atau 7 Plus

  • Tekan dan tahan tombol Samping (atau tombol Atas di iPod touch) dan tekan juga tombol Volume Turun secara bersamaan.
  • Lanjutkan dengan menahan tombol sampai kalian melihat logo Apple, lalu lepaskan.
Trending :  Apakah Fungsi True Tone iPhone Harus Dinyalakan?

 

Cara Memasukkan iPhone 7 atau 7 Plus Ke Mode Pemulihan

  • Hubungkan iPhone kalian ke komputer.
  • Di PC Windows atau Mac yang menjalankan macOS Mojave atau versi yang lebih lama, kalian luncurkan iTunes. Di Mac yang menjalankan macOS Catalina atau yang lebih baru, bukalah Finder. Kalian mungkin harus menutup dan membuka kembali iTunes jika iTunes sudah berjalan.
  • Tekan dan tahan tombol Samping (tombol Atas di iPod touch) dan tombol Volume Turun secara bersamaan.
  • Tetap tahan tombol meskipun kalian sudah melihat logo Apple.
  • Lepaskan kedua tombol ketika kalian melihat layar Mode Pemulihan, lalu lanjutkan melalui langkah-langkah (yang akan dijelaskan di bawah).

 

Cara Masuk ke Recovery Mode di iPhone 6s dan Lebih Lama

IPhone 6s, dirilis pada tahun 2015, yaitu iPhone terakhir Apple dengan tombol home mekanis. Langkah-langkah dibawah ini berfungsi untuk perangkat itu, serta semua iPhone yang datang sebelumnya. Ini termasuk model Plus, iPhone SE generasi pertama, dan juga iPod touch generasi keenam dan sebelumnya.

 

Cara Memaksa Restart iPhone 6s dan Lebih Lama

  • Tekan dan tahan tombol Utama dan juga Samping (atau Atas).
  • Di iPhone 6 dan lebih baru, tombol Samping ada di sisi kanan. Untuk iPhone 5s dan sebelumnya, tombol Atas berada di atas perangkat, seperti yang kalian harapkan.
  • Lepaskan tombol jika kalian sudah melihat logo Apple.

 

Cara Memasukkan iPhone 6s dan yang Lebih Lama ke Mode Pemulihan

  • Hubungkan iPhone kalian ke komputer.
  • Di PC Windows atau Mac yang menjalankan macOS Mojave atau versi yang lebih lama, luncurkan iTunes. Di Mac yang menjalankan macOS Catalina atau yang lebih baru, bukalah Finder. Kalian mungkin harus menutup dan membuka kembali iTunes jika iTunes sudah berjalan.
  • Tekan dan tahan tombol Rumah dan Samping (atau Atas), seperti yang disebutkan di atas tadi.
  • Tetap tahan tombol meskipun kalian sudah melihat logo Apple.
  • Lepaskan kedua tombol ketika kalian melihat layar Mode Pemulihan.

 

Cara Memaksa Restart dan Masuk ke Recovery Mode di iPad

Kalian perlu memaksa memulai ulang atau menggunakan mode pemulihan di iPad kalian? Prosesnya sederhana.

Untuk melakukan prosedur ini pada model iPad dengan tombol Utama, ikuti instruksi yang sama untuk iPhone 6s dan versi yang sebelumnya, yang dijelaskan di atas. Kalian harus menekan dan menahan tombol Atas dan Utama secara bersamaan. Lepaskan saat kalian sudah melihat logo Apple jika kalian ingin memaksa restart, atau tetap tahan jika kalian ingin masuk ke mode pemulihan.

Trending :  16 Cara Mengatasi “Hey Siri” Yang Tidak Berfungsi di iPhone

Jika kalian mempunyai iPad dengan ID Wajah, maka ikutilah langkah-langkah di atas untuk memulai ulang paksa dan menggunakan mode pemulihan pada iPhone 8 atau yang lebih baru. Tekan dan lepaskan dengan cepat tombol Volume Naik, Volume Turun, dan juga Atas dalam urutan itu.

Ingatlah bahwa pada model iPad, tombol daya nya berada di atas, bukan di samping.

 

Cara Memulihkan iPhone Kita Menggunakan Mode Pemulihan

Ketika kalian memasukkan perangkat ke mode pemulihan menggunakan petunjuk di atas, kalian mempunyai waktu 15 menit untuk mulai menginstal ulang iOS atau iPadOS sebelum perangkat kalian  keluar dari mode pemulihan secara otomatis. Kalian harus mengulangi kombinasi penekanan tombol untuk mengembalikannya ke mode pemulihan jika ini terjadi.

Kalian mungkin melihat permintaan pemulihan, yang diilustrasikan di bawah, segera setelah perangkat kalian memasuki mode ini. Jika tidak, cobalah klik perangkat kalian (di bilah sisi kiri Finder, atau gunakan ikon Perangkat di kiri atas iTunes) untuk menampilkan permintaan pemulihan.

Pada pesan kesalahan seperti di bawah ini, coba opsi Perbarui terlebih dahulu, yang akan mencoba memperbarui perangkat kalian tanpa menghapus apa pun. Jika ternyata tidak berhasil, maka kalian  harus memilih Pulihkan, yang akan menginstal ulang iOS atau iPadOS dan menghapus semua yang ada di iPhone atau iPad kalian.

Setelah iPhone kalian melakukan boot ulang mengikuti proses pemulihan, kalian harus melakukan penyiapan lagi seperti iPhone baru. Bagian dari ini adalah masuk dengan kredensial ID Apple kalian untuk menghapus Kunci Aktivasi Apple. Ini merupakan fitur keamanan yang bisa mencegah orang lain menggunakan perangkat kalian jika disetel ulang tanpa keluar dari iCloud.

Karena itulah, kalian tidak boleh membeli iPhone bekas jika penjual menolak untuk membukanya di depan kalian. Telepon yang disetel ulang dengan Kunci Aktivasi yang masih diaktifkan akan meminta ID Apple pemilik sebelum kalian bisa memulai proses penyiapan, sehingga tidak berguna bagi kalian.

 

Mode Pemulihan iPhone, Menjadi Mudah

Kami telah melihat cara untuk memaksa memulai ulang iPhone apa pun dan masuk ke mode pemulihan dengan kombinasi tombol untuk setiap model iPhone, iPad, dan juga iPod touch. Ini adalah proses yang sederhana jika kalian sudah mengetahuinya, tetapi kombinasi tombol yang semakin membingungkan agak tumpul. Semoga saja, kalian tidak harus sering-sering menggunakan ini, jika pernah.

Dan itulah tadi Cara Restart Paksa iPhone dan Masuk ke Recovery Mode.

Leave a Reply

Your email address will not be published.