8 Pemeriksaan Keamanan Yang Bisa Dilakukan

8 Pemeriksaan Keamanan Yang Bisa Dilakukan

8 Pemeriksaan Keamanan Yang Bisa Dilakukan – Keamanan sering kali terasa seperti sebuah tugas yang menakutkan. Siapa yang punya waktu berjam jam hanya untuk mengunci akun dan memperketat pengamanan pada ponsel atau komputer.

Tetapi sebenarnya kamu tidak perlu takut tentang keamanan, dan bisa memecahnya menjadi beberapa bagian yang bisa diatur. Kamu bisa melakukan pemeriksaan penting itu hanya dalam hitungan menit dan kehidupan online kamu akan jauh lebih aman dari sebelumnya.

8 Pemeriksaan Keamanan Yang Harus Dilakukan Setiap Orang

Berikut beberapa pemeriksaan keamanan yang penting supaya sesuai dengan jadwal kamu. Lakukan ini sesekali, dan kamu akan lebih aman jika dibandingkan dengan kebanyakan orang.

1) Terapkan Pembaruan perangkat lunak pada semua perangkat

Pembaruan perangkat lunak biasanya dilakukan Pengembang untuk mengatasi permasalahan yang bisa muncul pada perangkat, itulah sebabnya Pengembang memberikan pembaruan. Kamu bisa melakukan melakukan ini agar perangkat kamu tetap aman dari kemungkinan terjadinya masalah yang bisa muncul.

Sebenarnya perangkat kamu juga bisa melakukan pembaruan perangkat lunak secara otomatis atau meminta kamu untuk melakukan pembaruan perangkat secara teratur.

Ketika kamu membuka program dan melihat permintaan pembaruan, lakukan segera. Dan jangan lupa pada perangkat lain, memperbarui router, Kindle, Xbox, dan lain lain. Akan membuat perangkat kamu lebih aman ketika dipakai.

2) Pakai Pengelola Kata Sandi Untuk Mengubah Kata Sandi Lemah

Memakai kata sandi yang kuat menjadi sangat penting untuk menjaga keamanan akun. Kata sandi yang pendek, satu kata sandi yang kamu pakai pada banyak situs web, dan kata sandi yang mudah ditebak menjadi sasaran empuk. Kami merekomendasikan kamu untuk mulai memakai pengelola kata sandi untuk menangani masalah kata sandi.

Mulailah dengan mengubah kata sandi pada akun kamu yang paling penting seperti email, bank, atau akun media sosial kamu. Kamu tidak perlu mengubah kata sandi setiap waktu, tetapi kamu harus waspada dengan pelanggaran besar.

Jangan pakai PIN yang jelas seperti 1234 sebagai PIN kamu.

3) Tinjau Pengaturan Privasi Media Sosial

Kontrol media sosial yang salah konfigurasi, bisa secara tidak sengaja membagikan informasi kepada banyak orang daripada yang kamu sadari. Penting meluangkan waktu sebentar untuk melihat dengan siapa kamu berbagi informasi.

Di Facebook, buka Pengaturan dan klik Privasi di sisi kiri. Lihat pengaturan untuk mengatur siapa yang bisa melihat postingan kamu, siapa yang bisa menghubungi kamu, dan siapa yang bisa mencari kamu memakai pencarian. Kamu juga harus meninjau tab Profil dan Penandaan untuk mengubah siapa yang bisa memposting di halaman kamu.

Pada Twitter, buka Pengaturan dan Privasi, klik tab Privasi dan keamanan. Di sini kamu bisa melindungi tweet kamu supaya tidak dipublis, menghapus lokasi kamu dari tweet, menonaktifkan penandaan foto, dan mencegah orang lain melacak kamu.

4) Periksa Izin Aplikasi

Setiap aplikasi di Android atau iOS pasti akan meminta izin untuk akses pada perangkat smartphone kamu. Aplikasi akan meminta kamu untuk memberikan izin ketika aplikasi membutuhkannya, tetapi kamu bisa memberikan izin atau menolak izin kapan saja.

Walaupun pada sebagian besar aplikasi tidak berbahaya dan memerlukan izin supaya bisa berfungsi dengan baik, lebih baik lakukan tinjau sesekali untuk memastikan aplikasi tidak mengambil informasi yang tidak dibutuhkan. Aplikasi seperti Facebook membutuhkan jumlah izin yang tidak masuk akal yang mungkin akan membuat kamu mencopot pemasangannya.

5) Tinjau Proses yang Berjalan di PC Anda

Meski kamu tidak perlu mengetahui tujuan pada semua yang berjalan pada komputer kamu, lebih baik periksa semua proses yang aktif sesekali. Melakukan itu akan membantu kamu mempelajari lebih dalam tentang komputer kamu ketika sedang dijalankan.

Di Windows, pakai Pengelola Tugas untuk meninjau dan mengontrol semua proses yang sedang berjalan. The Proses tab berisikan semua yang berjalan pada komputer, pastikan kamu tidak menghentikan proses vital apa pun.

Untuk pengguna Mac OS juga bisa melihat proses yang sedang berjalan dengan Activity Monitor. Cara tercepat membukanya yaitu dengan menekan Cmd + Space untuk membuka Spotlight, lalu ketikkan Activity Monitor dan Enter. Lihat lewat tab CPU untuk melihat apa saja yang sedang berjalan di mesin kamu.

Ketika melakukannya, kamu harus meninjau ekstensi dari browser yang diinstal secara teratur. Perangkat yang berbahaya bisa membajak penjelajahan kamu, bahkan ekstensi yang tidak bersalah juga bisa dibeli dan menjadi spyware. Di Chrome, buka Menu > Alat lainnya > Ekstensi dan nonaktifkan atau hapus semua yang mencurigakan. Pada Firefox bisa menemukan di daftar ini Menu > Add-ons and themes.

6) Pindai Malware Atau Virus

Kamu mungkin melihat tanda-tanda bahwa perngkat kamu ada malware, tetapi pada banyak kasus, infeksi juga tidak menimbulkan tanda tanda. Pemindai antivirus yang bagus bisa menangkap sebagian besar infeksi dari malware sebelum masuk ke sistem kamu,

Di Windows, tidak ada yang bisa mengalahkan Malwarebytes. Instal aplikasi ini versi gratis untuk memindai semua jenis malware yang ada dan menghapusnya hanya dengan beberapa menit. Kamu tidak perlu memakai antivirus. Di Mac OS kamu harus berhati-hati, tetapi tidak ada salahnya menginstal Malwarebytes untuk ketenangan pikiran.

7) Siapkan Otentikasi Dua Faktor Dimana Saja

Otentikasi dua faktor atau 2FA merupakan salah satu langkah terbaik untuk menambah lebih banyak pengamanan pada akun kamu. Ketika diaktifkan, kamu membutuhkan kode dari aplikasi atau pesan teks, selain kata sandi, untuk masuk ke akun kamu. Jadi, jika kata sandi kamu bocor atau dicuri, terdapat lapisan perlindungan kedua pada akun kamu. Proses pengaktifan 2FA memang sedikit berbeda pada setiap layanan.

8) Lihat Siapa yang Memakai Wi-Fi Kamu

Kamu pasti tidak mau orang mengintip jaringan rumah kamu, dan semoga sudah mengamankan router kamu sehingga orang yang tidak berwenang tidak bisa terhubung. Dibutuhkan pemeriksaan mendalam untuk memastikan tetangga kamu tidak mengetahui kata sandi Wi-Fi kamu, atau yang serupa.

Kata Penutup

Itu cara untuk memeriksa perangkat yang mencurigakan pada jaringan kamu. Sekian yang teknowarta sampaikan tentang Pemeriksaan Keamanan Yang Bisa Dilakukan. Semoga membantu dan terimakasih.

Check Also

Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi Semua Tipe

Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi Semua Tipe

Cara Mengatasi Ghost Touch – Bagi para pengguna Smartphone, tentunya sudah tidak asing lagi dengan …