16 Cara Mengatasi “Hey Siri” Yang Tidak Berfungsi di iPhone

16 Cara Mengatasi “Hey Siri” Yang Tidak Berfungsi di iPhone

16 Cara Mengatasi “Hey Siri” Yang Tidak Berfungsi di iPhone – “Hey Siri” pada iPhone kamu tidak berfungsi? Berikut langkah mengatasi masalah tersebut.

Setelah mengaktifkan “Hey Siri,” kamu bisa memanggil asisten suara Apple tanpa harus menekan Home Button. Ini akan memudahkan dalam pemanggilan Siri dan menyelesaikan sesuatu hal ketika perangkat iPhone kamu di luar jangkauan.

Jika “Hey Siri” tidak berfungsi pada iPhone kamu, solusi yang disebutkan pada artikel ini akan membantu dalam mengatasi masalah ini.

Tidak Semua iPhone Mendukung “Hey Siri”

Kamu hanya bisa memakai “Hey Siri” ketika iPhone tidak sedang mengisi daya pada iPhone 6S dan versi yang lebih baru. Yang berarti jika kamu mempunyai model iPhone rilisan tahun 2015 atau lebih yang baru, kamu siap melakukannya. IPhone mempunyai mikrofon yang berdaya rendah dan selalu aktif untuk mendengar kata “Hey Siri” dan akan langsung beraksi ketika kamu mengucapkan kata kata itu.

Tetapi, jika kamu memakai iPhone 6 atau versi yang lebih lama, perangkat kamu harus dihubungan atau diisi dayanya supaya “Hey Siri” bisa berfungsi. Ketika kamu tidak menghubungkan iPhone lama, kamu tidak akan bisa memanggil Siri dengan suara kamu.

Jika kamu mempunyai iPhone yang mendukung dan “Hey Siri” masih tidak berfungsi, tips dibawah seharusnya bisa mengatasi masalah tersebut.

Trending :  Cara Menemukan File dan Foto yang Didownload di iPhone

1) Pastikan “Hey Siri” Disetting Dengan Benar

Pastikan kamu sudah mengaktifkan fitur “Hey Siri”. Berikut cara mengaktifkan Hey Siri:

  • Buka Pengaturandan klik Siri & Cari.
  • Pastikan Dengarkan “Hey Siri”

 2) Jangan Biarkan iPhone Menghadap ke Bawah

Pastikan iPhone tidak menghadap ke bawah baik atas meja atau di tempat tidur, kamu tidak bisa memanggil iPhone kamu dengan “Hai Siri.” Supaya fitur ini bisa berfungsi, pastikan layar iPhone menghadap ke atas.

Jika kamu ingin memakai Siri ketika iPhone kamu menghadap ke bawah atau tertutup, buka Pengaturan > Aksesibilitas > Siri dan aktifkan Always Listen for “Hey Siri”.

3) Aktifkan Bluetooth jika Mepunyai Beberapa Perangkat “Hey Siri”

Apakah kamu mempunyai perangkat di sekitar yang nisa berfungsi dengan “Hey Siri”, seperti iPhone, iPad, Mac, Apple Watch, HomePod, atau AirPods? Jika ya, pastikan Bluetooth aktifkan pada perangkat ini.

Ini dibutuhkan karena ketika kamu mengatakan “Hai Siri” pada beberapa perangkat yang didukung, mereka memakai Bluetooth untuk melakukan komunikasi satu dengan yang lain dan memutuskan perangkat mana yang harus menanggapi perintah kamu. Biasanya, perangkat yang mendengar kata-kata kamu paling jelas, merupakan perangkat yang baru baru ini dipakai atau dimunculkan (atau dibuka kuncinya), merespons kueri “Hai Siri” kamu.

4) Restar iPhone

Saat “Hey Siri” tidak berfungsi, kemungkinan karena kesalahan sementara. Cara mudah untuk mengatasinya yaitu dengan merestar iPhone.

5) Lepaskan Casingnya jika Itu Menutupi Mikrofon

Kamu memakai kasing yang menutupi mikrofon iPhone kamu? Jika kamu mendapati lobang mikrofon dibagian bawah, disamping kamera, atau dibagian atas terhalang casing, kamu harus melepas casing tersebut.

6) Bersihkan Bagian Lubang Mikrofon iPhone

Pakai kain yang lembut dengan berhati-hati untuk menghilangkan kotoran dari lubang mikrofon. Jangan pakai benda logam seperti jarum atau kawat karena bisa mengakibatkan kerusakan yang serius.

7) Putuskan Sambungan AirPods atau Headphone Ketika Tidak Dipakai

Earphone nirkabel berikut dari Apple yang mendukung “Hey Siri”:

  • AirPods generasi ke-2
  • AirPods generasi ke-3
  • AirPods Pro
  • AirPods Maks
  • Beats Powerbeats (model 2020)
  • Powerbeats Pro
  • Mengalahkan Solo Pro
Trending :  Apakah Fungsi True Tone iPhone Harus Dinyalakan?

Jika kamu membiarkan iPhone terus terhubung, dan kamu tidak memakainya, iPhone kamu mungkin tidak akan merespons ketika kamu mengatakan “Hai Siri.”

Untuk mengatasi hal tersebut, putuskan sambungan tersebut dari iPhone. Sekarang, coba ucapkan “Hai Siri,” dan kamu seharusnya bisa memakai Siri secara handsfree.

8) Periksa Bahasa Siri

Siri akan merespons dengan benar jika bahasa yang dipakai tepat.

Misalnya, jika kamu berasal dari India, pastikan kamu memakai bahasa Inggris (India) untuk bahasa Siri. Jika kamu memakai Bahasa Inggris (AS) atau Bahasa Inggris (UK), Siri mungkin tidak akan mengenali dan merespons kamu karena perbedaan aksen.

Berikut cara untuk mengatur bahasa Siri untuk memastikan “Hey Siri” bisa berfungsi dengan benar:

  • Buka Pengaturandan klik Siri & Cari.
  • Klik Bahasa,kemudian pilih bahasa yang sesuai dari daftar.
  • Restar iPhone, dan sekarang “Hey Siri” bisa berfungsi dengan baik.

9) Matikan Mode Daya Rendah

Fitur “Hey Siri” juga bisa berfungsi ketika iPhone memakai Mode Daya Rendah. Tetapi kadang, karena baterai atau bug, Mode Daya Rendah juga bisa mengakibatkan masalah lain. Untuk mengatasinya, buka Pengaturan > Baterai dan matikan Mode Daya Rendah. Semoga, ini berarti “Hai Siri” sudah mulai berfungsi lagi.

10) Nonaktifkan dan Aktifkan Kembali Siri

Cara perbaikan yang praktis lainnya dalam penyelesaiyan masalah Siri yaitu dengan mematikan dan menyalakan kembali siri. Berikut cara melakukannya pada iPhone kamu:

  • Buka Pengaturan dan klik Siri & Pencarian.
  • Klik Tombol Samping untuk Siri > Matikan Siri.
  • Selanjutnya, matikan Izinkan Siri Saat Terkunci dan Dengarkan “Hey Siri”.
  • Restar iPhone kamu.
  • Buka Pengaturan > Siri & Cari dan aktifkan klik Tombol Samping untuk Siri > Aktifkan Siri.
  • Dan juga, pastikan mengaktifkan Izinkan Siri Saat Terkunci.
  • Terakhir, aktifkan Dengarkan “Hey Siri” dan selesaikan penyiapan.

11) Atur “Hey Siri” Lagi di Lingkungan yang Tenang

Jika kamu melakuakn pengaturan “Hey Siri” di lingkungan yang bising, seperti kipas angin, AC, atau suara anak-anak, hal itu juga bisa mengakibatkan kesalahan pada Siri yang gagal mengenali kata kata pemicu.

Buka Pengaturan > Siri & Cari dan matikan Dengarkan “Hey Siri”. Sekarang, berpindah ke area yang tenang, aktifkan Dengarkan “Hey Siri”, dan ikuti petunjuk pada layar untuk melakukan pengatur kembali. Dengan melakukan ini akan memastikan proses penyiapan suara kamu yang sebenarnya dan dengan seperti itu Siri akan bekerja lebih efisien.

Trending :  Cara Mengaktifkan Live Text di iPhone dan Cara Menggunakannya

12) Perbarui iOS Dengan Versi Terbaru Pada Iphone

Kadang, fitur “Hey Siri” kemungkinan tidak akan berfungsi seperti biasanya karena bug pada perangkat lunak yang baru. Cara paling ampuh untuk memperbaikinya yaitu dengan menginstal iOS versi terbaru di iPhone kamu.

13) Pastikan iPhone Tidak Terjebak dalam Mode Headphone

Situasi ini jarang terjadi, iPhone mungkin mengira sedang terhubung ke headphone padahal sebenarnya tidak. Saat ini terjadi, speaker dan mikrofon pada perangkat mungkin tidak akan berfungsi karena iPhone mencoba memakai speaker dan mikrofon pada headphone yang tidak ada sebagai gantinya.

Setelah keluar dari mode headphone, “Hey Siri” akan mulai berfungsi lagi.

14) Atur Ulang Semua Pengaturan iPhone

Ketika kamu mengatur ulang pengaturan pada iPhone, data pribadi seperti musik, aplikasi, foto, video, tetap seperti pada semestinya. Tetapi, semua pengaturan yang pernah kamu ubah, seperti konfigurasi VPN, pengaturan Keyboard, tata letak Layar Beranda, kata sandi Wi-Fi, dan lain lain akan kembali ke default.

Berikut cara mengatur ulang semua pengaturan untuk mengatasi masalah “Hey Siri” pada iPhone:

  • Buka Pengaturandan klik Umum.
  • Klik Transfer atau Atur Ulang iPhoneAtur Ulang > Atur Ulang Semua Pengaturan.
  • Setelah pengaturan ulang selesai, buka PengaturanSiri & Cari dan pastikan Dengarkan “Hey Siri” Setelah ini, kamu seharusnya bisa menelepon dan memakai Siri secara handsfree lagi.

15) Pastikan “Hey Siri” Tersedia di Negara kamu

Siri tidak tersedia di semua negara atau wilayah. Jika kamu masih tidak bisa memakai “Hey Siri,” atau tidak melihat opsi di Pengaturan, buka halaman Dukungan Apple resmi untuk memastikan ketersediaan Siri di negaramu.

16) Hubungi Dukungan Apple dan Periksa iPhone Kamu

Terakhir, jika tidak ada yang bisa membantu, hubungi Dukungan Apple dan periksa perangkat kamu. Kamu bisa menghubungi Apple lewat situs web resmi Apple atau Twitter di @AppleSupport.

Kata penutup

Sekian yang teknowarta sampaikan dan terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.