Cara Melihat Password atau Kata Sandi Wifi yang Tersimpan di Handphone Android

Cara Melihat Password atau Kata Sandi Wifi yang Tersimpan di Handphone Android – Kalian perlu untuk melihat kata sandi Wifi untuk jaringan yang disimpan di ponsel Android kalian? Cobalah untuk menggunakan aplikasi dan cara ini.

Kalian ingin tahu bagaimana cara untuk menampilkan kata sandi Wifi di Android? Mungkin kalian  terhubung ke jaringan di mana kalian lupa kata sandi dari jaringan tersebut, atau kalian ingin memeriksa kata sandi untuk berbagi jaringan wifi dengan teman sehingga kalian bisa menghubungkan perangkat lain.

Apapun alasannya, pada artikel ini akan menunjukkan cara untuk menemukan kata sandi Wifi yang tersimpan di Android menggunakan beberapa metode berbeda. Perhatikan bahwa ini hanya memungkinkan kalian melihat kata sandi untuk jaringan yang pernah kalian sambungkan sebelumnya.

 

Cara Melihat Kata Sandi Wi-Fi di Android Tanpa Root

Mulai di Android 10, kalian sekarang bisa melihat kata sandi Wi-Fi untuk jaringan yang kalian simpan tanpa perangkat yang di-rooting. Mari kita lihat bagaimana cara melakukan ini pada Android 11 prosesnya mungkin akan terlihat sedikit berbeda tergantung pada ponsel dan versi Android kalian.

Untuk melihat Password Wifi di Android 10 atau yang lebih baru, kalian  buka Pengaturan dan buka Jaringan dan Internet. Klik Wifi dan kalian akan melihat jaringan Wifi kalian  saat ini di bagian atas daftar. Kemudian pilih (atau koneksi sebelumnya dalam daftar Jaringan tersimpan di bawah) untuk melihat opsi jaringan.

Pada halaman ini, kalian pilih tombol Bagikan. Kalian harus mengonfirmasi wajah atau sidik jari kalian, atau memasukkan kode PIN kalian, untuk melanjutkan. Setelah melakukannya, kalian akan melihat Password Wifi jaringan kalian tercantum di bawah kode QR.

Jika kata sandinya tidak muncul karena alasan tertentu, maka kalian bisa memindai kode QR di perangkat lain untuk menambahkannya ke jaringan.

 

Cara Untuk Melihat Kata Sandi Wifi di Android 9 dan Versi Lama

Jika kalian menjalankan Android 9 atau yang lebih lama, atau ponsel kalian tidak mempunyai opsi di atas, maka kalian harus beralih ke metode lain untuk melihat kata sandi Wifi kalian. Sayangnya, semua metode ini membutuhkan perangkat Android yang sudah di Root.

Dikarenakan file yang menyimpan kredensial Wifi untuk jaringan yang disimpan berada di direktori penyimpanan ponsel kalian yang dilindungi. Kalian tidak akan mempunyai izin untuk melihat folder ataupun file di dalamnya kecuali HP kalian telah di Root.

Jika kalian sudah di Root, maka kalian bisa menuju ke /data/misc/wifi menggunakan aplikasi file explorer yang mendukung penelusuran Root. Buka wpa supplicant.conf dan kalian akan melihat nama jaringan kalian ( ssid ) dan kata sandinya ( psk ).

Jika ini masih saja tidak berhasil, atau kalian ingin mencoba metode lain, maka kalian bisa mencoba menggunakan aplikasi penampil kata sandi Wifi Android seperti WiFi Password Viewer. Ini akan  memungkinkan kalian untuk memilih jaringan yang disimpan untuk melihat kata sandi.

Mereka membutuhkan Root, dan biasanya caranya berbeda-beda tipis karna biasanya setiap HP berbeda-beda sehingga caranya mungkin akan berbeda-beda juga, tapi ini adalah tutorial yang biasa dan umumnya digunakan dan berhasil. Jika ponsel kalian mengenkripsi file yang berisi kata sandi Wifi, tidak banyak yang bisa aplikasi ini lakukan.

 

Melihat Kata Sandi Wifi di Perangkat Lain

Ini adalah dua metode utama untuk melihat kata sandi Wifi yang disimpan di Android. Jika HP kalian tidak di Root dan menggunakan Android 9 atau yang lebih lama, maka cara terbaik kalian adalah memeriksa kata sandi Wifi di perangkat desktop. Ini akan membuatnya jauh lebih mudah jika kalian punya PC atau Laptop di rumah kalian.

Leave a Comment