Cara Mengaktifkan Live Text di iPhone dan Cara Menggunakannya

Cara Mengaktifkan Live Text di iPhone dan Cara Menggunakannya – Berikut adalah cara menggunakan Live Text supaya ponsel kalian mengenali teks di foto, di situs web, ataupun di aplikasi Kamera dengan cerdas.

iOS 15 diresmikan oleh Apple pada konferensi pengembang tahunannya yang menambahkan sejumlah fitur baru. Salah satu fitur tambahannya yaitu fitur Live Text yang didukung oleh pembelajaran mesin.

Pada artikel kali ini, akan membahas mengenai apa itu Live Text, cara mengaktifkan fitur tersebut, dan juga cara menggunakannya. Simak selengkapnya berikut.

 

Apa itu Live Text ?

Live Text merupakan fitur pengenalan teks yang menggunakan pembelajaran mesin. Live Text ini mirip dengan Google Lens, namun untuk perangkat iOS.

Dengan Live Text, maka kalian tidak perlu mengetik teks secara manual seperti yang kalian lihat di dunia nyata. Kalian tinggal arahkan kamera ke gambar dengan teks dan iPhone kalian melakukan semua pekerjaan berat (atau membaca) atas nama kalian. Kalian juga bisa mengambil tindakan berbeda pada teks yang diidentifikasi.

Dan bagusnya lagi, Live Text berfungsi dengan teks tulisan tangan dan teks yang diketik. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai apa itu Live Text dan fungsinya .

 

Cek Support dan Ketersediaan Live Text

Terlepas dari kelebihannya, tetapi Live Text tidak tersedia untuk semua iPhone dan iPad yang menjalankan iOS dan iPadOS 15. Menurut Apple, Live Text tersedia hanya untuk iPhone dan iPad dengan chip Bionic A12 7nm atau yang lebih baru. Ini semua termasuk iPhone dan iPad yang dirilis pada 2018 dan yang lebih baru. Selain itu, Live Text juga tersedia di Mac 2018 dan yang lebih baru.

 

Cara Untuk Mengaktifkan Live Text

Live Text aktif secara default di iOS 15. Tapi jika kalian perlu untuk mengaktifkannya, maka berikut adalah caranya:

  1. Buka aplikasi Pengaturan di iPhone atau iPad kalian.
  2. Geser ke bawah ke bagian aplikasi lalu pilih Kamera .
  3. Di bawah pengaturan kamera, kalian aktifkan Live Text . Jika sakelar berwarna hijau, artinya Live Text aktif.

Galeri Gambar (3 Gambar)

Dengan Live Text yang sudah diaktifkan, sekarang mari kita lihat bagaimana kalian bisa memanfaatkan fitur tersebut.

 

Cara Untuk Menggunakan Live Text

Kalian bisa menggunakan fitur Live Text dalam skenario yang berbeda di iOS atau iPadOS 15. Adapun juga kasus penggunaan lain tergantung di mana kalian berada.

Jadi singkatnya,kalian bisa menggunakan Live Text untuk menerjemahkan teks, mencari kata atau frasa, dan menyalin teks. Kalian juga bisa melakukan berbagai tindakan pada teks, seperti menelepon nomor, mengirim email, dan lain sebagainya.

Di bawah ini kami akan membahas dasar-dasar penggunaan Live Text dalam berbagai skenario, dimulai dengan aplikasi Foto.

 

Cara Menggunakan Live Text di Aplikasi Foto

Kalian bisa berinteraksi dengan teks apa pun yang ada pada foto menggunakan ;Live Text. Jika kalian mempunyai gambar dengan tulisan tangan atau teks yang diketik di dalamnya, maka ikutilah langkah-langkah ini menggunakan Live Text:

  1. Kalian buka aplikasi Foto.
  2. Klik gambar apa pun dengan teks.
  3. Kemudian klik ikon Live Text (menyerupai pemindai) di kanan bawah. Lalu Live Text akan menyorot semua teks yang bisa dikenali dalam gambar.
  4. Ketuk dan tahan layar, lalu gerakkan jari kalian untuk memilih semua teks yang kalian inginkan. Jika kalian akan memilih semua teks, maka klik Pilih Semua dari popup sorotan.
  5. Pilih apa yang ingin kalian lakukan dengan teks dari popup. Kalian bisa  Menyalin , Menerjemahkan , Mencari , dan bahkan membagikan teks melalui aplikasi yang berbeda.

Galeri Gambar (3 Gambar)

Cara Menggunakan Live Text di Aplikasi Kamera

Live Text juga tersedia dalam aplikasi kamera. Berarti, kalian sudah tidak perlu mengambil gambar. Kalian bisa memindai teks dari gambar dan melakukan apa pun yang kalian inginkan secara langsung.

Berikut adalah cara untuk menggunakan Live Text di aplikasi Kamera:

  1. Buka dulu aplikasi Kamera .
  2. Arahkan kamera ke teks mana pun.
  3. Lalu klik ikon Live Text di bagian bawah. Area target kalian akan muncul di layar yang memungkinkan interaksi. Sebelum mengetuk ikon Live Text, pastikan dulu teks yang ingin kalian salin sepenuhnya tertutup di dalam tanda kurung kuning. Ini karena Live Text hanya memungkinkan kalian untuk memilih teks di dalam bingkai.
  4. Gesek atau klik teks untuk memilih.
  5. Pilih tindakan apa pun yang ingin kalian ambil dari popup sorotan.

Galeri Gambar (2 Gambar)

Dalam hal URL situs web, nomor telepon, dan alamat email, kalian bisa berinteraksi secara langsung. Misalnya, dengan tautan situs web, ketukan sederhana akan membuka URL di browser default kalian.

 

Cara Menggunakan Live Text di Aplikasi Lain

Tak hanya di Foto dan aplikasi Kamera saja, tapi Live Text juga tersedia di aplikasi lain. Selama ada kolom input, maka kalian bisa menyisipkan teks dari kamera menggunakan Live Text.

Sebagai contoh, kami akan menggunakan aplikasi Catatan Apple. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Di dalam catatan kalian, klik dan tahan bidang input untuk mengaktifkan menu popup iOS universal.
  2. Kemudian kalian pilih ikon Live Text. iOS akan membagi layar menjadi dua—satu untuk tampilan kecil catatan kalian dan yang berikutnya untuk aplikasi Kamera.
  3. Arahkan kamera ke teks yang ingin kalian salin.
  4. Ketuk tombol Sisipkan untuk menyelesaikan.

Galeri Gambar (2 Gambar)

Teks yang ada pada gambar sekarang akan muncul di dalam catatan kalian. Dengan dukungan seluruh sistem, kalian bisa menggunakan Live Text dalam banyak cara di iPhone dan iPad kalian.

 

Gunakan Live Text untuk Meningkatkan Produktivitas

Live Text merupakan fitur produktivitas yang fantastis karena membantu kalian untuk mengambil data secepat mungkin. Meskipun mengambil gambar merupakan cara yang cepat untuk menangkap data, hal ini tidak akan memberikan kenyamanan tambahan dari Live Text. Sekarang kalian tidak perlu mulai mengetik nomor telepon itu lagi setelah mengambil gambar. Plus, kalian bahkan tidak perlu untuk mengambil gambar lagi.

Dan itu bukan hanya Live Text saja. iOS 15 dikirimkan dengan fitur-fitur bagus dan produktif lainnya yang harus kalian gunakan.

Leave a Comment