Rancangan Desain Jaringan Fiber Optik

Rancangan Desain Jaringan Fiber Optik

Desain jaringan fiber optik akan mengacu pada proses khusus yang mengarah ke instalasi dan juga pengoperasian jaringan serat optik yang sukses. Ini termasuk pertama-tama menentukan jenis sistem komunikasi yang akan dilakukan melalui jaringan, tata letak geografis (tempat, kampus, pabrik luar (OSP, dan lain-lain), peralatan transmisi yang dibutuhkan dan juga jaringan serat untuk dioperasikan. Biasanya, merancang jaringan serat optic juga membutuhkan antarmuka ke jaringan lain yang bisa dihubungkan melalui kabel tembaga dan nirkabel.

Hal berikutnya yang harus untuk dipertimbangkan adalah persyaratan izin, kenyamanan, izin, dan juga inspeksi. Setelah kami mencapai tahap itu, maka kita bisa mempertimbangkan pemilihan komponen aktual, penempatan, praktik instalasi, pengujian, pemecahan masalah, dan instalasi serta mengaktifkan peralatan jaringan. Pada akhirnya, kita harus mempertimbangkan dokumentasi, pemeliharaan, dan juga perencanaan pemulihan jika di masa depan terjadi kedatangan.

Desain jaringan fiber optik harus menyusul tidak hanya instalasi itu sendiri saja, melainkan juga harus diselesaikan untuk memperkirakan biaya proyek dan, untuk kontraktor, mengajukan pekerjaan. Desain tidak hanya akan mempengaruhi aspek teknis instalasi saja, tetapi juga aspek bisnis.

Pada akhirnya, desainer jaringan serat optik perlu untuk memahami proses instalasi. Kami menyarankan kalian untuk meninjau bagian panduan FOA pada instalasi serat optik yang mencakup instalasi serat dasar beserta instalasi serat OSP.

Desain Jaringan Fiber Optik

Desain jaringan Fiber Optik

Bekerja dengan orang lain

Untuk merancang jaringan, membutuhkan pekerjaan dengan personel lain yang terlibat dalam proyek, dan bahkan di luar pelanggan. Ini mungkin termasuk insinyur jaringan yang biasanya dari departemen TI (teknologi informasi), arsitek dan insinyur yang mengawasi proyek-proyek besar dan juga kontraktor yang terlibat dalam pengembangan proyek. Kelompok lain seperti insinyur atau desainer yang terlibat dalam aspek-aspek desain proyek seperti perancang keamanan, CATV atau sistem industri ataupun desainer khusus untuk memasang kabel di lokasi juga bisa mengawasi berbagai bagian proyek yang melibatkan desain dan juga pemasangan pabrik kabel fiber optik.

Kualifikasi untuk desainer jaringan serat optik

Ini merupakan tugas dari desainer untuk memahami tidak hanya teknologi instalasi kabel komunikasi saja, tetapi juga teknologi komunikasi, dan mengikuti perkembangan terbaru tak hanya dalam teknologi tetapi juga kedua aplikasi.

Seorang desainer harus mempunyai pengetahuan mendalam mengenai komponen dan sistem serat optik dan proses instalasi dan semua peraturan lokal, kode dan juga lokal yang berlaku. Mereka juga harus terbiasa dengan sebagian besar teknologi telekomunikasi (nirkabel atau nirkabel), survei lokasi, politik lokal, kode dan standar, dan di mana untuk menemukan ahli di lapangan pada saat bantuan dibutuhkan. Sudah jelas bahwa perancang jaringan serat optik harus terbiasa dengan sistem tenaga listrik, karena perangkat keras elektronik harus dilengkapi dengan kekuatan yang berkualitas tinggi yang tidak mudah terputus di setiap lokasi. Dan jika mereka bekerja untuk kontraktor,

Mereka yang terlibat dalam desain proyek serat optik harus memiliki latar belakang serat optik terlebih dulu, seperti menyelesaikan kursus sertifikasi CFOT FOA, dan mungkin akan memiliki pelatihan lain dalam spesialisasi desain pabrik kabel dan atau kontrak listrik. Untuk mengetahui bagaimana menemukan informasi yang mendalam itu sangat penting, sebagian besar di web, tentang produk, standar, kode, dan untuk jaringan OSP, cara menggunakan layanan pemetaan online seperti Google Maps. Pengalaman dengan sistem CAD ini merupakan nilai tambah masa lalu.