Pengertian LUT dan Cara Menggunakannya untuk Color Grading

Pengertian LUT dan Cara Menggunakannya untuk Color Grading

Pengertian LUT dan Cara Menggunakannya untuk Color Grading – Apakah kalian ingin mendapatkan tampilan sinematik yang sempurna pada video kalian? Menggunakan LUT adalah salah satu kuncinya.

Ketika kalian sedang menilai rekaman kalian, kalian mungkin ingin menerapkan tampilan yang telah kalian buat untuk klip atau adegan lain. LUT bisa melakukannya dengan cara yang mudah. Sama seperti pasangan warna mawar favorit kalian, LUT bisa digunakan untuk mengubah rekaman yang biasa-biasa saja menjadi sesuatu yang lebih menarik dengan cepat.

Tetapi sinematografi LUT ini jauh lebih dari sekadar filter video sederhana. LUT penilaian warna yang tepat membawa tampilan proyek kalian ke tingkat berikutnya dan akan menghemat banyak waktu kalian dalam rangkaian penilaian.

 

Apa Kepanjangan dari LUT?

Akronim LUT adalah kependekan dari “tabel pencarian”. Sama seperti apa bunyinya: tabel nilai yang bisa dirujuk oleh komputer atau kamera ketika memproses gambar.

Ruang warna tempat kamera kalian memotret ada sebagai rangkaian nilai yang komprehensif. Anggap saja ini sebagai palet warna yang bisa digunakan oleh kamera untuk mereproduksi gambar apa pun. Kamera menangkap apa pun yang ada di depannya menggunakan nilai-nilai ini, yang bersama-sama membentuk konfigurasi yang kita kenali sebagai gambar fotografi pemandangan.

Sebuah LUT ini ada secara analog di samping spektrum nilai asli. Untuk setiap nilai chrominance dan luminance, ada nilai yang sesuai dalam LUT yang mungkin atau mungkin tidak diimbangi dari aslinya. Satu LUT hanya bisa menangani luminositas, misalnya, tanpa menyesuaikan nilai warna aslinya sama sekali.

Pada dasarnya, LUT digunakan untuk memetakan tampilan bergradasi ke dasar ruang warna asli yang kalian mulai. Dengan demikian, maka kalian bisa menerapkan tampilan kalian ke bidikan footage lainnya dalam kondisi yang sama tanpa harus memulainya dari awal.

LUT diekspor ke format file .LUT, .CUBE, atau .3DL, itu tergantung pada jenis LUT dan program yang kalian ekspor. Format bisa dibagi di beberapa aplikasi, termasuk Premiere, DaVinci Resolve, Final Cut, hingga Photoshop.

 

Mengapa LUT Berguna?

Para pengguna yang sudah lebih berpengalaman mungkin mencemooh pra-merumuskan tampilan umum untuk semuanya. Akan tetapi, menggunakan LUT seringkali lebih mudah dibandingkan membuat setiap nilai dari awal.

Kami menghormati pendekatan artisanal—jangan salah paham—tapi manfaat praktis menggunakan LUT untuk menilai footage sudah tidak bisa disangkal lagi, terutama dalam konteks kolaboratif. Berikut ini adalah beberapa alasan seseorang mungkin ingin menggunakan LUT dibandingkan menilai rekaman secara manual:

  • Konsistensi: Menggunakan LUT akan menghilangkan tebakan dari penilaian warna. Jika kalian telah membuat nilai yang berfungsi, maka kalian bisa dengan mudah menerapkan nilai yang sama di tempat lain.
  • Efisiensi: Menilai rekaman bisa memakan banyak waktu. Dengan tampilan yang telah ditentukan sebelumnya, kalian bisa menelusuri petak-petak rekaman yang panjang dengan cepat, menerapkan LUT umum ke seluruh urutan. Kalian kemudian bisa memperbaiki fondasi ini lebih dekat berdasarkan klip demi klip.
  • Fleksibilitas: Tidak peduli aplikasi kreatif mana yang pada akhirnya kalian gunakan, LUT kalian bepergian dengan kalian tanpa ada kerumitan. Tidak ada proses konversi ataupun perkiraan yang diperlukan antar program. Sebagian besar, jika tidak semua, maka akan dengan mudah menerima file LUT kalian.

Satu hal keren tentang LUT adalah kalian juga bisa membawanya ke lokasi syuting. Kemudian kalian bisa  melihat gambar kalian dalam ruang warna apa pun, apakah dinilai ke perkiraan hasil akhir yang kalian inginkan atau datar (seperti yang disukai banyak videografer).

 

Berbagai Jenis LUTS

Terdapat banyak variasi LUT yang digunakan dalam produksi video.

 

Kamera LUT

LUT ini berasal dari produsen kamera itu sendiri—dan di sinilah kalian akan menemukan “keajaiban” yang terkenal dengan merek kamera tertentu.

Formula ilmu warna berpemilik adalah beberapa merek dagang kreatif yang dibuat dengan cermat yang bisa ditemukan di industri ini. Panalog Panavision merupakan salah satu contoh penting. Tetapi LUT kamera terbaik bisa mengekstrak variasi nilai terbesar dari apa pun yang kalian gunakan untuk memotret.

Proses konversi analog-ke-digital merupakan aspek sinematografi yang kompleks dan menarik. LUT kamera diterapkan pada gambar sebagai profil gambar saat cahaya yang masuk masuk ke sensor. Kemudian akan dirubah menjadi medan sinyal tegangan. Ada alasan bagus mengapa footage dari ARRI ALEXA terasa jauh berbeda dari footage dari DSLR.

 

Tampilkan LUT

LUT tampilan, dikenal juga sebagai LUT tampilan, seringkali digunakan secara bersamaan di samping LUT datar di set untuk menutupi tampilan rekaman mentah yang tidak menarik pada saat rekaman ditampilkan pada monitor referensi—Rec. 709 adalah contoh klasik.

Kamera cine terbaik bisa menghasilkan video log yang beresolusi penuh untuk pascapemrosesan dan umpan tampilan yang ditingkatkan dengan LUT tampilan secara bersamaan. Rekaman ini ditampilkan di set terlihat bagus. Dan siapa pun yang berada di ruang pengeditan akan tetap mempunyai rekaman datar yang sesuai dengan yang dibutuhkan untuk kelas yang terlihat profesional.

 

LUT kreatif

Setelah mengoreksi warna rekaman dalam arti teknis, maka pembuat film mempunyai kesempatan untuk meningkatkan suasana setiap adegan dengan nilai yang lebih kreatif. Setelah grade dipilih, maka sudah bisa disimpan sebagai LUT untuk digunakan di tempat lain.

Jika kalian pernah berjalan-jalan melalui preset Lumetri di Premiere, kalian akan menemukan banyak filter video termasuk yang dalam judul ini. Seperti filter ini, LUT kreatif digunakan untuk mengatur mood. Apakah merenung, halus, steril, LUT ini akan membantu kalian untuk mengomunikasikan suasana hati kepada penonton secara tidak sadar.

 

LUT teknis

Dari sudut pandang teknisi, LUT sangatlah berguna. Teknisi bisa menggunakannya untuk mengonversi rekaman dari satu ruang warna ke ruang warna yang lain untuk pameran. Misalnya, menggunakan LUT khusus untuk mengonversi Rec. 709 footage ke sesuatu seperti DCI-P3 akan memudahkan peralihan ruang warna.

Kalibrasi LUT biasanya juga digunakan dalam pembuatan film, yaitu digunakan untuk menstandardisasi tampilan proyek di beberapa jenis tampilan. Mereka juga mengimbangi inkonsistensi teknis kecil dalam kualitas yang mungkin akan dikenakan oleh merek monitor yang berbeda pada gambar.

 

Memasukkan Video LUT ke Proyek Anda Sendiri

Jika semua pembicaraan mengenai konversi LUT dan LUT kamera ini cukup untuk membuat kalian mempertimbangkan kembali karir kalian di pascapemrosesan, kami memohon kepada kalian untuk berpikir lagi. Menggunakan LUT untuk video kalian membantu akan membantu menghadirkan tampilan Hollywood yang besar itu kepada audiens kalian, dan kalian bisa melakukan semuanya dengan sendiri.

Meskipun ada banyak paket LUT gratis di luar sana untuk diunduh, bahkan lebih bermanfaat untuk membuat tampilan khusus. Jadi, jika proyek kalian terasa membosankan, kami sarankan untuk bereksperimen dengan LUT yang berbeda hingga kalian menemukan yang sempurna untuk footage kalian.

Dan itulah tadi Pengertian LUT dan Cara Menggunakannya untuk Color Grading.

Check Also

Inilah Frekuensi O Channel Terbaru

Inilah Frekuensi O Channel Terbaru

Frekuensi O Channel Terbaru – Pada 2005, O channel didirikan atas kerjasama dari MRA Media …