Inilah 7 Aplikasi Pembuat Formulir Online Terbaik

Inilah 7 Aplikasi Pembuat Formulir Online Terbaik

Formulir online itu penting untuk bisnis apa pun. Dengan menggunakan formulir kontak, formulir pendaftaran, dan juga survei, maka kalian bisa mengumpulkan data dari pelanggan.

Apakah kalian ingin mengumpulkan beberapa data, tetapi tidak tahu bagaimana cara untuk melakukannya? Aplikasi pembuat formulir online ini akan membantu kalian. Baik kalian mengumpulkan data kualitatif untuk penelitian, melakukan jajak pendapat singkat, ataupun merekrut, formulir ini telah kalian liput.

Berikut adalah 7 aplikasi pembuat formulir online yang bisa kalian gunakan.

 

  1. Google Forms

Formulir Google merupakan salah satu pembuat formulir online yang paling populer. Untuk menggunakannya mudah, bisa digunakan dengan gratis dan yang terbaik untuk melakukan survei. Formulir Google ini mengkurasi tema formulir agar sesuai dengan logo atau foto kalian, jika kalian menggunakannya.

Formulir Google menyimpan data kalian secara otomatis dalam format Excel. Itu juga terintegrasi dengan lembar Google melalui Google Workspace. Jadi, kalian bisa mengakses ke data kalian dalam format tampilan spreadsheet.

Tetapi keterbatasannya adalah bahwa ini merupakan bagian dari ekosistem Google, dan kalian membutuhkan akun Gmail untuk menggunakannya. Kustomisasi desain juga terbatas, dan pengguna harus membuat kata sandi yang kuat untuk melindunginya. Terakhir, kalian membutuhkan internet untuk menggunakannya.

 

  1. Microsoft Forms

Microsoft Forms merupakan bagian dari Office 365 dan paling utama digunakan untuk membuat survei, polling, dan juga kuis. Ini berbasis web, lugas, dan intuitif untuk dibangun.

Salah satu keuntungan utamanya yaitu secara otomatis bisa mengubah data formulir kalian menjadi bagan dan grafik yang membuat data kalian mudah ditafsirkan dan disajikan. Selanjutnya, kalian bisa mentransfer data ke Excel untuk analisis lebih lanjut, dan terintegrasi dengan Microsoft Flow dan SharePoint.

Dan keterbatasannya adalah kalian harus mempunyai akun Microsoft untuk mengaksesnya. Untuk setiap formulir, kalian hanya bisa mempunyai hingga 100 pertanyaan saja. Dan, tidak ada opsi untuk menyimpan formulir saat mengisinya. Isinya sekaligus. Terakhir, jika kalian menggunakan pertanyaan peringkat, maka kalian hanya akan memiliki 2-10 sebagai opsi yang tersedia.

 

  1. Typeform

Saat mengisi formulir akan menguras tenaga. Typeform pun memanfaatkan hal ini dan membuat formulir yang menarik untuk diisi. Ini merancang bentuk yang indah dan mengajukan pertanyaan dengan nada percakapan untuk membuat orang tetap terlibat.

Typeform membuat formulir menjadi lebih menarik dengan menggunakan gambar, GIF, dan video. Hal ini dilakukan dengan cara yang halus untuk mendorong pengisian pertanyaan daripada menjadi gangguan. Ini juga mempunyai integrasi bawaan dengan Google Sheets, Mail Chimp, dan juga Zapier, yang mempunyai lebih dari 500 integrasi.

Kekurangannya adalah tidak seperti Google Forms dan Microsoft Forms, yang dimana kalian bisa dengan mudah mengekspor data ke spreadsheet, ekspor ke Typeform agak kikuk. Kalian juga tidak bisa mengubah tampilan formulir dengan mudah. Jika kalian ingin mencocokkan survei dengan merek kalian, kalian tidak bisa.

 

  1. Paper Form

Sebelum kalian mengumpulkan beberapa data, bagaimana jika kalian bercerita atau essay? Paper Form akan membantu kalian melakukannya. Desainnya memungkinkan kalian menceritakan kisah kalian melalui foto, video, dan juga media lain sebelum mengajukan pertanyaan.

Paper Form terlihat seperti halaman arahan dan bertindak sebagai pengganti halaman arahan. Ini akan membantu kalian mengumpulkan data pengunjung untuk kampanye pemasaran bertarget dan iklan PPC. Dan yang terbaik adalah membuat formulir yang mencerminkan merek kalian.

Kekurangannya adalah jika kalian membuat formulir multihalaman dan seseorang tidak melengkapinya, kalian tidak bisa mengabaikan pengisian formulir melalui email. Ini juga mempunyai masa percobaan terbatas 14 hari.

 

  1. Wufoo

Wufoo adalah pembuat formulir berbasis cloud yang akan memudahkan pembuatan formulir pendaftaran, formulir aplikasi, survei, formulir kontak, formulir pembayaran, dan masih banyak lagi. Untuk membuat formulir menggunakan Wufoo, kalian hanya tinggal drag and drop. Jika kalian mencari pengalaman membangun bentuk yang sederhana, maka Wufoo adalah tempatnya.

Wufoo terintegrasi dengan segalanya. Kalian bisa menyinkronkan Wufoo ke Google Spreadsheet, Zapier, Slack, Google Drive, gateway pembayaran, ESP/CRM email, dan masih banyak lagi. Kekurangan Wufoo  adalah dukungan yang buruk yang didasarkan pada sistem tiket berjenjang. Waktu respons mereka akan berkorelasi dengan rencana kalian. Jika kalian menggunakan paket gratis, diharapkan menunggu lebih lama saat kalian mempunyai masalah.

 

  1. JotForm

JotForm merupakan pembuat formulir online yang memungkinkan kalian untuk membuat formulir online khusus. JotForm ini mempunyai antarmuka drag-and-drop intuitif yang membuatnya mudah untuk membangun formulir. JotForm juga mempunyai lebih dari 10.000 templat dari formulir pendaftaran, survei, jajak pendapat, formulir aplikasi, dan masih banyak lagi.

JotForm mematuhi peraturan privasi data. Ini memenuhi kepatuhan PCI untuk privasi data keuangan, kepatuhan HIPAA untuk kepatuhan kesehatan, dan GDPR UE. Ini kompatibel dengan lebih dari 80 integrasi aplikasi yang antara lain Slack, HubSpot, Salesforce, Google Kalender, PayPal, Mailchimp, dan masih banyak lagi.

 

  1. Formstack

Formstack mempunyai editor drag-and-drop intuitif yang memudahkan pembuatan formulir. Ini mempunyai lebih dari 300 templat yang bisa kalian sesuaikan, fitur simpan & lanjutkan, dan juga mendukung 36 bahasa. Tetapi, antarmuka pembuatan formulir hanya dalam bahasa Inggris saja.

Formstack mempunyai perpustakaan video tutorial, artikel bantuan, dan juga panduan yang bisa kalian gunakan untuk mempelajari cara untuk membuat formulir. Mereka berguna pada saat menjelajahi fitur Formstack yang lebih canggih. Fitur rapi lainnya dari Formstack yaitu ia mempunyai pembuat tema yang memungkinkan kalian untuk membuat formulir yang sesuai dengan merek kalian. Kalian bisa menyimpan tema kalian dan menggunakannya di masa mendatang ketika membuat formulir lain. Formstack juga terintegrasi dengan berbagai alat pihak ketiga termasuk pemrosesan pembayaran seperti PayPal dan Stripe.

Formstack mempunyai satu kelemahan yaitu tidak memiliki paket gratis. Ini hanya menawarkan uji coba gratis selama 14 hari saja. Paket dengan harga rendah sangat membatasi. Mereka membatasi jumlah formulir yang bisa kalian buat dan pengiriman formulir bulanan yang bisa kalian buat. Ini juga mempunyai batas penyimpanan data, dan juga dukungan pelanggan lambat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.