Cara Mencetak Dari Ponsel atau Tablet Android

Cara Mencetak Dari Ponsel atau Tablet Android

Mau mencetak dokumen langsung dari smartphone atau tablet Android kamu? Tenang jangan khawatir, prosesnya sangat sederhana.

Mencetak hard copy dokumen merupakan sebuah tugas paling dasar yang bisa dilakukan dengan memakai komputer. Tapi tahukah kamu bahwa hal itu mudah dilakukan dari smartphone atau tablet Android?

Fiktur ini mungkin disembunyikan, tetapi terdapat di perangkat apa pun dan tidak membutuhkan perangkat keras khusus tambahan. Baik memakai aplikasi khusus dari pabrikan atau mencetak melalui Wi-Fi, kamu bisa mencetak dokumen atau foto favorit di hampir semua printer. Berikut cara untuk mencetak dari smartponone atau tablet Android.

Cara Mencetak Dari Ponsel atau Tablet Android

Berikut caranya:

Mencetak Langsung ke Printer kamu lewat Aplikasi

Ketika kamu ingin mencetak dari ponsel atau tablet Android kamu, tempat pertama untuk memulainya yaitu Play Store. Sebagian besar merek, termasuk printer Canon, Epson, dan HP pasti mempunyai aplikasi khusus buatan mereka sendiri yang akan menginstal driver yang dibutuhkan untuk memungkinkan kamu mencetak dokumen secara langsung ke printer nirkabel mereka.

Untuk menemukan aplikasinya, cari di Play stor, atau di Pengaturan > Preferensi koneksi > Mencetak pada ponsel kamu dan klik Tambah layanan. Layar kemudian akan menampilkan semua aplikasi pencetakan yang ada, dan kamu bisa memilih salah satu aplikasi yang sesuai dengan pembuatan printer kamu.

Setiap aplikasi mempunyai cara kerja yang berbeda beda, jadi ikuti petunjuk untuk aplikasi dan printer yang kamu punya.

Kamu juga harus memastikan printer kamu terhubung dengan jaringan nirkabel yang sama dengan ponsel kamu. Jadi aplikasi secara otomatis akan mendeteksinya dan kamu kemudian bisa memilih printer dan siap untuk dipakai.

Mencetak Memakai Layanan Cetak Default Dan Wi-Fi Direct

Tergantung dengan printer yang kamu pakai, kamu mungkin tidak harus mengunduh aplikasi khusus untuk memakainya. Android 8 sudah menyertakan Layanan Cetak Default, yang secara otomatis akan mendeteksi dan menyiapkan printer yang mendukung pada jaringan kamu. Dan pada Android 9, kompatibilitasnya mencakup printer yang sudah mendukung Wi-Fi Direct.

Jika printer kamu keluaran terbaru, berkemungkinan besar untuk kompatibel.

Untuk memakainya, buka Pengaturan > Preferensi koneksi > Pencetakan dan pilih Layanan cetak default. Alihkan layanan ke Aktif dan mulai memindai printer yang mendukung pada jaringan Wi-Fi kamu. Jika muncul, pilih untuk menyelesaikan proses penyiapan.

Jika tidak, kamu bisa menambahkannya dengan manual jika kamu mengetahui detailnya dengan klik ikon menu 3 titik dan pilih Tambahkan printer.

Ingat bahwa pada beberapa menu dan opsi mungkin sedikit berbeda tergantung versi Android yang ada pada ponsel yang kamu pakai, tetapi cara hampir sama.

Cetak Melalui Email

Pilihan lain yang bisa kamu pakai jika kamu mempunya printer yang mendukung yaitu dengan mencetak lewat email. Beberapa printer juga lengkapi dengan alamat email yang bisa kamu pakai untuk mencetak dari mana saja. Cukup dengan buka aplikasi email kamu, lampirkan file yang ingin kamu cetak, dan printer yang kemudian akan mengurus sisanya.

Keuntungannya yaitu kamu bisa mencetak dari mana saja dan kapan saja (selama printer kamu dihidupkan dan terhubung dengan jaringan). Printer juga tidak harus berada pada jaringan yang sama dengan ponsel kamu.

Kelemahannya yaitu hanya mendukung file tertentu saja. File tersebut mencakup semua file gambar dan kantor pada umumnya, tetapi jika kamu mempunyai file tipe berpemilik dari aplikasi tertentu, maka kamu tidak akan bisa mencetaknya lewat email.

Apakah Google Cloud Print Masih Tersedia?

Cara umum yang disyarankan untuk mencetak dari ponsel Android lewat printer apa saja adalah dengan mmakai layanan Google Cloud Print.

Google Cloud Print sudah tidak lagi tersedia. Google Cloud Print ini sudah dihapus secara bertahap pada akhir Desember 2020. Bahkan jika kamu memakainya sebelumnya, kamu sudah tidak bisa lagi memakainya.

Cloud Print merupakan sistem yang memungkinkan kamu untuk mencetak ke hampir semua printer bahkan jika itu bukan printer nirkabel dari mana saja. Itu merupakan produk Google klasik: dalam versi beta selama satu dekade dan kemudian akan dimatikan.

Cara Mencetak Dokumen di Android

Ketika kamu siap untuk mencetak, prosesnya berbeda beda setiap aplikasi yang bisa kamu pakai. Beberapa aplikasi, termasuk aplikasi Google dan pengelola file pihak ketiga serta penampil gambar, mempunyai opsi Cetak khusus di menunya.

  1. Klik tombol Cetak.
  2. Pilih printer kamu pada menu tarik turun (mungkin default ke opsi Simpan sebagai PDF).
  3. Gesek ke bawah dari atas untuk mengubah pengaturan cetak, seperti jumlah cetak, orientasi halaman, ukuran kertas, dan lain lain.
  4. Setelah selesai, klik ikon printer untuk mulai mencetak. Ini prinsip dasarnya sama dengan mencetak di desktop kamu.

Beberapa aplikasi tidak mempunyai tombol cetak khusus. Gantinya opsi ini sering kali disembunyikan di bagian bawah menu Bagikan. Klik tombol Bagikan untuk menemukan pilihan cetak. Kamu mungkin harus menggeser ke kiri pada opsi sebelum untuk melihatnya. Sebenarnya langkah langkah untuk mencetaknya sama seperti di atas.

Jika tidak satu pun dari opsi tersebut berfungsi untuk kamu, kamu bisa mencoba aplikasi PrinterShare di Play Store. Setelah kamu menginstal dan mengaktifkan aplikasi tersebut, kamu akan menemukan opsi PrinterShare yang akan muncul dibawah menu Bagikan pada banyak aplikasi.

Klik ini, dan kami bsia mengakses printer apa saja yang sudah disiapkan pada perangkat Android kamu. Klik lewat berbagai layar, dan kamu akan berakhir pada layar cetak standar. Kamu sudah bisa  mencetak dokumen kamu.

PrinterShare mendukung untuk pencetakan nirkabel, berkabel, dan jarak jauh, tetapi ada batasan dan seberapa banyak yang bisa kamu lakukan pada versi gratis. Lakukan uji terlebih dahulu untuk mengetahui apakah itu berhasil untuk kamu.

Kata Penutup

Sekian yang teknowarta sampaikan sekian dan terimakasih.

Check Also

Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi Semua Tipe

Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi Semua Tipe

Cara Mengatasi Ghost Touch – Bagi para pengguna Smartphone, tentunya sudah tidak asing lagi dengan …