Inilah Cara Overclock RAM PC

Inilah Cara Overclock RAM PC

Inilah Cara Overclock RAM PC – Selain melakukan overclock pada CPU atau GPU, kalian juga bisa melakukan overclock pada RAM PC untuk meningkatkan kinerjanya.

Mendapatkan RAM untuk PC kalian adalah suatu keharusan. Meski, jika kalian tidak menjalankannya pada kapasitas maksimumnya, kalian akan kehilangan banyak hal. Setiap program menyimpan data dalam RAM untuk sementara waktu untuk aksesibilitas yang lebih cepat. Dengan RAM yang di-overclock, maka kalian bisa meningkatkan kinerja PC kalian.

Kalian bisa mengoptimalkan RAM kalian dengan mengutak-atik beberapa pengaturan di BIOS kalian. Dengan melakukan ini, maka kalian akan menghapus batas kecepatan memori yang ditetapkan oleh pabrikan. Pada artikel ini, akan menunjukkan kepada kalian cara untuk melakukan overclock RAM PC, dengan kelebihan dan juga kekurangannya.

 

Cara Meng-overclock RAM PC

Sebelum kalian mulai melakukan overclocking RAM kalian, ada beberapa hal yang harus kalian ketahui. Overclocking RAM mungkin sedikit lebih rumit dibandingkan overclocking GPU atau CPU. Di sisi positifnya, itu tidak menghasilkan panas sebanyak overclocking GPU atau CPU.

DDR4 adalah norma dengan RAM hari ini. Kecepatannya kira-kira sekitar 2133MHz atau 2400MHz, berasal dari pabrikan. Setiap program membutuhkan akses RAM untuk berjalan di PC kalian.

RAM menggunakan Serial Presence Detect untuk berbicara dengan komputer. Ini terdiri dari satu set frekuensi operasi dan juga pengaturan waktu. Ini tersedia di hampir semua RAM DDR4 dan dikenal juga  sebagai spesifikasi JEDEC. Akan tetapi, produsen seperti Intel mempunyai beberapa trik untuk menipu sistem ini. Mereka menggunakan profil yang berbeda yaitu XMP.

XMP merupakan singkatan dari eXtreme Memory Profile. Akibatnya, Intel menawarkan kemampuan untuk meng-overclock RAM langsung dari pabrik. Tetapi, ini bukanlah overclocking terbaik yang bisa kalian dapatkan dari RAM itu. Kalian bisa mendorong batas untuk melakukan overclock lebih lanjut dari frekuensi yang dibatasi pabrikan.

Trending :  Cara Hapus Software di Windows 10 yang Tersembunyi & Sulit Dihapus

 

Beberapa Alat Berguna untuk Overclocking RAM

Ada 3 alat untuk menilai informasi RAM kalian. Berikut adalah ketiga alat yang memungkinkan kalian untuk mendapatkan informasi mengenai RAM kalian sebelum melakukan overclocking.

  • CPU-Z : CPU-Z merupakan alat gratis untuk menilai dan mencatat DRAM kalian sebelum melakukan overclocking. Jika kalian menuju ke tab Memori CPU-Z, maka kalian bisa menemukan semua informasi di sana. Selain itu, ada pengaturan XMP yang digunakan BIOS kalian, yang terletak di bawah tab SPD.
  • Memtest86+ : Ini lebih merupakan alat pengujian yang digunakan untuk pengujian stres pada PC kalian. Muncul dengan berbagai pilihan untuk menjalankan tes stres.
  • XMP (Profil Memori eXtreme) : Seperti yang disebutkan di atas tadi, XMP merupakan profil tambahan yang digunakan oleh Intel untuk memvalidasi pengaturan overclocking. Dengan menggunakan XMP, maka akan memungkinkan firmware untuk mengonfigurasi voltase dan latensi DRAM secara otomatis.

CATATAN : Kalian selalu bisa menghapus atau mengatur ulang pengaturan RAM jika ada yang tidak berhasil untuk kalian. Jika PC kalian boot, tapi tidak stabil, kalian bisa kembali ke pengaturan sebelumnya di BIOS. Jika PC tidak bisa boot sama sekali setelah restart kedua, cobalah untuk menghapus CMOS pada motherboard kalian untuk mengatur ulang pengaturan BIOS ke default. Jika kalian tidak tahu bagaimana cara melakukannya, pertimbangkan untuk memeriksa manual motherboard kalian.

Ada 2 metode untuk melakukan overclock CPU kalian: menggunakan XMP dan overclocking secara manual.

 

  1. Menggunakan XMP untuk Meng-overclock RAM

Menggunakan XMP untuk Meng-overclock RAM

Intel memberi kalian opsi untuk melakukan overclock menggunakan profil XMP. Untuk melakukan overclock RAM PC kalian menggunakan metode XMP, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Silahkan instal dan buka CPU-Z di PC kalian.
  2. Catat frekuensi dan pengaturaan waktu DRAM bersama dengan tabel waktu dari tab SPD.
  3. Kemudian restart PC kalian dan masuk ke mode BIOS .
  4. Setelah masuk ke BIOS, buka opsi AI Tweaker / Extreme Tweaker / DOCP , tergantung pada motherboard kalian.
  5. Pilih profil XMP yang tepat dan sesuai dengan spesifikasi RAM kalian yang diiklankan.
  6. Setelah membuat perubahan yang diperlukan di BIOS, lalu simpan perubahan dan mulai ulang PC kalian.
  7. Setelah PC restart, selanjutnya lakukan stress test untuk memeriksa stabilitasnya.
  8. Jika semuanya tidak berjalan dengan baik, maka buat perubahan yang diperlukan di BIOS lalu uji stres lagi.
Trending :  Berapa Suhu GPU yang Baik untuk Gaming?

Jika sistem stabil, maka kalian telah mencapai overclocking RAM kalian menggunakan XMP.

 

  1. Menggunakan Pengaturan Manual untuk Meng-Overclock RAM

Menggunakan Pengaturan Manual untuk Meng-Overclock RAM

Mengikuti langkah-langkah di atas akan memberi kalian ide bagus tentang di mana sistem stabil. Kalian mungkin ingin menuliskan pengaturan waktu, frekuensi, dan juga kecepatan yang tepat. Pada metode ini, kami akan meningkatkan tegangan RAM, yang mengarah ke kinerja RAM yang lebih baik.

Jika kalian ingin memanfaatkan pengaturan manual untuk meng-overclock RAM kalian, maka ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama reboot sistem kalian ke BIOS dan arahkan ke AI Tweaker atau pengaturan setara BIOS kalian, seperti yang disebutkan di atas.
  2. Alih-alih memilih profil XMP, pilih pengaturan Manual. Ini akan membuka kunci pengaturan tambahan untuk kalian.
  3. Kalian harus perlahan-lahan mulai meningkatkan tegangan DRAM dalam peningkatan 0,015V. Demikian juga, tingkatkan voltase CPU VCCIO dan CPU System Agent dengan peningkatan 0,05V. CATATAN : Pastikan kalian tidak berlebihan; itu bisa menyebabkan komponen kalian gagal.
  4. Untuk pengaturan waktu DRAM, periksa pengaturan waktu yang kalian catat ketika kalian melakukan overclocking XMP.
  5. Setelah membuat perubahan yang diperlukan di BIOS, simpan perubahan dan mulai ulang PC kalian.
  6. Setelah PC restart, lalu lakukan stress test untuk memeriksa stabilitasnya.

Jika semuanya tidak berjalan dengan baik, maka buatlah perubahan yang diperlukan di BIOS lalu uji stres lagi. Jika sistem kalian stabil, maka kalian sudah berhasil meng-overclock RAM kalian.

 

Haruskah Anda Meng-overclock RAM?

RAM sangat dibutuhkan untuk sistem apa pun. Setiap program di PC kalian itu menggunakan sejumlah RAM untuk boot lebih cepat dan berjalan di latar belakang. Dan di situlah kasus penggunaan sebenarnya dari RAM yang lebih cepat menjadi jelas. Tidak hanya CPU dan GPU saja yang selalu meningkatkan kinerja PC kalian: kecepatan RAM PC kalian juga yang menghasilkan kinerja yang lebih baik.

Trending :  Berapa Suhu GPU yang Baik untuk Gaming?

Kalian mungkin tidak melihat hasilnya sebagai pengguna sehari-hari, tetapi jika kalian merupakan orang yang pekerjaannya sangat bergantung pada RAM, maka overclocking adalah pilihan yang sangat direkomendasikan untuk kalian. Selain keadaan itu, jika kalian seorang gamer, kalian juga akan melihat efek sebenarnya dari RAM yang di-overclock. Frame rate dari game kalian akan meningkat secara drastis dan mungkin meningkatkan gameplay kalian.

 

Apakah Overclocking RAM Buruk untuk PC?

Secara teknis, overclocking RAM itu tidaklah buruk untuk PC kalian jika kalian melakukannya hingga batas RAM yang sebenarnya. Jika kalian melakukan overclock pada GPU atau CPU, maka kalian harus khawatir tentang kebisingan dan kapasitas pendingin untuk menangani kecepatan clock tersebut. Tapi, tidak demikian halnya dengan overclocking RAM.

Overclocking RAM, bahkan pada frekuensi yang salah, akan memberi kalian kesalahan paling banyak. Kemudian, kalian harus mengubah frekuensi atau voltase untuk menstabilkan RAM. Tidak ada masalah overheating, jadi kalian tidak perlu khawatir tentang itu.

Akan tetapi, melakukan hal ini di laptop cukup berisiko. Kalian mungkin ingin memeriksa opsi reset CMOS, sehingga kalian bisa mengatur ulang pengaturan BIOS kalian jika terjadi suatu kesalahan.

 

Overclocking RAM PC: Sukses

Jadi begitulah cara kalian bisa meng-overclock RAM PC kalian. Tetapi harus selalu kalian ingat bahwa, meskipun bebas risiko, kalian harus mempunyai RAM cadangan jika terjadi suatu kesalahan kapan pun itu. Kami menyarankan kalian untuk melakukan overclock RAM hanya jika pekerjaan kalian melibatkan banyak penggunaan RAM, seperti pengeditan video atau grafik, bermain game, dan lain-lain.

Metode untuk overclocking RAM ini berbeda-beda dari satu pabrikan ke pabrikan lainnya. Jadi, lakukan banyak riset sebelum beralih ke overclocking RAM PC kalian. Jika kalian takut untuk meng-overclock RAM kalian, maka kalian akan selalu bisa mendapatkan RAM yang di-overclock dari toko online mana pun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.