Cara Mengatasi WhatsApp Diblokir Sementara dan dan Permanen Pasti Sukses

Mengapa WhatsApp diblokir sementara? Biasanya, penyebab WhatsApp diblokir sementara yaitu karena melanggar aturan, salah satunya dengan menggunakan versi aplikasi WhatsApp yang tidak resmi, seperti GB WhatsApp dan WhatsApp Plus. Lalu, jika WhatsApp kita diblokir sementara, bagaimanakah cara untuk mengatasinya?

WhatsApp memiliki kebijakan untuk memulihkan akun jika pengguna memenuhi persyaratan yang diajukan. Didalam laman FAQ WhatsApp menyebutkan bahwa, jika pengguna tidak memenuhi persyaratan yang diajukan, maka akunnya bisa saja diblokir secara permanen.

Pada dasarnya, GB WhatsApp dan WhatsApp Plus mirip dengan aplikasi WhatsApp resminya. Tetapi, kedua aplikasi tersebut mempunyai fitur yang tidak ada di aplikasi WhatsApp resminya, salah satu fiturnya adalah opsi mengganti tema. Menurut WhatsApp, dua aplikasi tersebut merupakan aplikasi WhatsApp yang telah dimodifikasi.

“Aplikasi tak resmi [GB WhatsApp dan WhatsApp Plus] dikembangkan oleh pihak ketiga dan melanggar ketentuan layanan kami. WhatsApp tak mendukung aplikasi pihak ketiga kamera kami tak dapat memvalidasi praktik keamanannya,” tulis WhatsApp.

Penyebab Akun WA Diblokir

Ada beberapa penyebab akun WhatsApp diblokir, baik sementara maupun permanen. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Melakukan spam: Jika Anda mengirimkan pesan yang sama ke banyak orang atau grup secara berulang kali, WhatsApp akan menganggap Anda sebagai spammer dan akan memblokir akun Anda.
  2. Menggunakan aplikasi pihak ketiga atau modifikasi: Menggunakan aplikasi WhatsApp yang tidak resmi atau yang sudah dimodifikasi bisa menyebabkan akun Anda diblokir. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menggunakan aplikasi WhatsApp resmi yang tersedia di Google Play Store dan Apple App Store.
  3. Dilaporkan oleh pengguna lain: Jika Anda mengirimkan pesan yang tidak diinginkan atau tidak pantas kepada pengguna lain dan mereka melaporkan Anda, maka akun Anda bisa diblokir.
  4. Melanggar kebijakan privasi: Jika Anda melanggar kebijakan privasi WhatsApp, seperti menggunakan informasi pribadi orang lain tanpa izin atau mengunggah konten yang tidak pantas, akun Anda bisa diblokir.
  5. Aktivitas mencurigakan: Jika WhatsApp mendeteksi aktivitas mencurigakan pada akun Anda, seperti pembajakan akun atau pembaharuan nomor yang sering, akun Anda bisa diblokir.

Cara Untuk Mengatasi WhatsApp Diblokir Sementara

Sebenarnya, cara untuk mengatasi akun WhatsApp yang diblokir sementara itu cukup mudah, yaitu  dengan cara beralih ke aplikasi WhatsApp resmi, setelah periode blokir sementara sudah berakhir. WhatsApp pun telah memberikan panduan cara untuk beralih ke aplikasi resmi supaya data yang ada di aplikasi ‘ilegal’ tidak hilang seusai beralih.

Cara Beralih dari GB WhatsApp ke WhatsApp Resmi

  1. Pertama-tama kalian tunggu saja sampai blokir sementara berakhir. Penunjuk waktu akan menunjukan jangka waktu pemblokiran
  2. Pada GB WhatsApp, ketuk Opsi lainnya > Chat > Cadangan chat
  3. Buka Setelan Telepon > ketuk Penyimpanan > File
  4. Jika sudah, temukan folder GB WhatsApp kemudian ketuk dan tahan untuk memilih folder tersebut
  5. Pada sudut kanan atas, ketuk Lainnya > Ubah nama dan ubah nama folder menjadi “WhatsApp”
  6. Lalu buka Play Store dan unduh aplikasi WhatsApp versi resmi
  7. Buka WhatsApp, verifikasi nomor telepon
  8. Pada layar Pencadangan, ketuk Pulihkan > Berikutnya
  9. WhatsApp akan dimuat beserta dengan chat yang telah dikembalikan

Cara Untuk Beralih dari WhatsApp Plus ke WhatsApp Resmi

  1. Pertama, simpanlah riwayat chat seperti langkah di GB WhatsApp tadi
  2. Jika sudah, nantinya riwayat tersebut akan ditransfer secara otomatis ke aplikasi WhatsApp resmi. Pelajari cara untuk menyimpan riwayat chat di sini
  3. Buka Play Store dan unduh aplikasi WhatsApp
  4. Setelah itu, verifikasi nomor telepon

Cara Mengatasi WA Diblokir Permanen

Untuk mengatasi WhatsApp yang diblokir permanen, langkah-langkah yang bisa Anda lakukan antara lain:

  • Ajukan banding ke WhatsApp: Jika Anda merasa akun Anda diblokir permanen secara tidak adil, Anda bisa mengajukan banding ke tim dukungan WhatsApp. Sampaikan alasan mengapa Anda merasa akun Anda tidak seharusnya diblokir permanen dan berikan bukti yang relevan jika ada.
  • Membuat akun baru: Jika upaya mengajukan banding tidak berhasil dan akun Anda tetap diblokir permanen, Anda bisa membuat akun baru dengan nomor telepon yang berbeda. Ingatlah untuk selalu mematuhi aturan dan kebijakan WhatsApp agar akun baru Anda tidak mengalami blokir lagi.
  • Pertimbangkan alternatif: Jika Anda merasa sulit untuk menggunakan WhatsApp, Anda bisa mempertimbangkan aplikasi komunikasi alternatif seperti Telegram, Signal, atau Viber. Aplikasi tersebut juga memiliki fitur yang mirip dengan WhatsApp dan mungkin lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Mencari solusi pada forum atau komunitas: Terkadang, ada pengguna lain yang mengalami masalah serupa dan bisa berbagi solusi untuk mengatasi akun yang diblokir permanen. Anda bisa mencari informasi pada forum atau komunitas yang membahas tentang WhatsApp dan mencari solusi yang sesuai dengan masalah Anda.
  • Menghindari penyebab blokir: Untuk mencegah akun Anda diblokir permanen di masa mendatang, pastikan untuk menghindari aktivitas yang menjadi penyebab blokir, seperti menggunakan aplikasi pihak ketiga, mengirim spam, atau melanggar kebijakan privasi.

Mulai Mei 2019 WhatsApp telah melakukan pemblokiran kepada pengguna aplikasi yang tidak resmi atau bikinan pihak ketiga, termasuk GB WhatsApp.

Tentang GBWhatsApp, merupakan aplikasi yang identik dengan WhatsApp, yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa, atau yang lebih populer dengan istilah WhatsApp Mod. Sejumlah pengguna yang menggunakan aplikasi Mod ini melaporkan bahwa akunnya telah diblokir sementara.

Pada Maret 2019, WhatsApp telah memperingatkan penggunanya supaya tidak menggunakan aplikasi pihak ketiga, merujuk pada aplikasi Mod.

Mengenai aplikasi yang dipersoalkan, termasuk WhatsApp Plus, menawarkan sejumlah fitur yang tak diakomodir oleh aplikasi WhatsApp resmi.

Fitur-fitur tersebut antara lain seperti dapat mengutak-atik tema, kapasitas kirim berkas lebih besar, mengganti jenis huruf, menyembunyikan tombol mikrofon, dan masih banyak lagi.

Sekadar diketahui, di internet sudah banyak aplikasi WhatsApp Mod dan untuk menemukannya bisa dibilang cukup mudah dan dapat diunduh secara gratis.

Akhir Kata

Semoga informasi yang disampaikan dalam artikel ini dapat membantu teman-teman yang mengalami masalah WhatsApp diblokir, baik sementara maupun permanen. Ingatlah selalu bahwa menjaga komunikasi yang baik dan mematuhi aturan adalah kunci utama agar tidak mengalami blokir di aplikasi WhatsApp. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Leave a Comment