Cara Mengatasi WhatsApp Diblokir Sementara dan Penyebabnya

Cara Mengatasi WhatsApp Diblokir Sementara dan Penyebabnya

Mengapa WhatsApp diblokir sementara? Biasanya, penyebab WhatsApp diblokir sementara yaitu karena melanggar aturan, salah satunya dengan menggunakan versi aplikasi WhatsApp yang tidak resmi, seperti GB WhatsApp dan WhatsApp Plus. Lalu, jika WhatsApp kita diblokir sementara, bagaimanakah cara untuk mengatasinya?

WhatsApp memiliki kebijakan untuk memulihkan akun jika pengguna memenuhi persyaratan yang diajukan. Didalam laman FAQ WhatsApp menyebutkan bahwa, jika pengguna tidak memenuhi persyaratan yang diajukan, maka akunnya bisa saja diblokir secara permanen.

Pada dasarnya, GB WhatsApp dan WhatsApp Plus mirip dengan aplikasi WhatsApp resminya. Tetapi, kedua aplikasi tersebut mempunyai fitur yang tidak ada di aplikasi WhatsApp resminya, salah satu fiturnya adalah opsi mengganti tema. Menurut WhatsApp, dua aplikasi tersebut merupakan aplikasi WhatsApp yang telah dimodifikasi.

“Aplikasi tak resmi [GB WhatsApp dan WhatsApp Plus] dikembangkan oleh pihak ketiga dan melanggar ketentuan layanan kami. WhatsApp tak mendukung aplikasi pihak ketiga kamera kami tak dapat memvalidasi praktik keamanannya,” tulis WhatsApp.

Cara Untuk Mengatasi WhatsApp yang Diblokir

Sebenarnya, cara untuk mengatasi akun WhatsApp yang diblokir sementara itu cukup mudah, yaitu  dengan cara beralih ke aplikasi WhatsApp resmi, setelah periode blokir sementara sudah berakhir. WhatsApp pun telah memberikan panduan cara untuk beralih ke aplikasi resmi supaya data yang ada di aplikasi ‘ilegal’ tidak hilang seusai beralih.

Cara Beralih dari GB WhatsApp ke WhatsApp Resmi

  1. Pertama-tama kalian tunggu saja sampai blokir sementara berakhir. Penunjuk waktu akan menunjukan jangka waktu pemblokiran
  2. Pada GB WhatsApp, ketuk Opsi lainnya > Chat > Cadangan chat
  3. Buka Setelan Telepon > ketuk Penyimpanan > File
  4. Jika sudah, temukan folder GB WhatsApp kemudian ketuk dan tahan untuk memilih folder tersebut
  5. Pada sudut kanan atas, ketuk Lainnya > Ubah nama dan ubah nama folder menjadi “WhatsApp”
  6. Lalu buka Play Store dan unduh aplikasi WhatsApp versi resmi
  7. Buka WhatsApp, verifikasi nomor telepon
  8. Pada layar Pencadangan, ketuk Pulihkan > Berikutnya
  9. WhatsApp akan dimuat beserta dengan chat yang telah dikembalikan
Trending :  Inilah Penyebab Akun WhatsApp Diblokir

 

Cara Untuk Beralih dari WhatsApp Plus ke WhatsApp Resmi

  1. Pertama, simpanlah riwayat chat seperti langkah di GB WhatsApp tadi
  2. Jika sudah, nantinya riwayat tersebut akan ditransfer secara otomatis ke aplikasi WhatsApp resmi. Pelajari cara untuk menyimpan riwayat chat di sini
  3. Buka Play Store dan unduh aplikasi WhatsApp
  4. Setelah itu, verifikasi nomor telepon

 

Mulai Mei 2019 WhatsApp telah melakukan pemblokiran kepada pengguna aplikasi yang tidak resmi atau bikinan pihak ketiga, termasuk GB WhatsApp.

Tentang GBWhatsApp, merupakan aplikasi yang identik dengan WhatsApp, yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa, atau yang lebih populer dengan istilah WhatsApp Mod. Sejumlah pengguna yang menggunakan aplikasi Mod ini melaporkan bahwa akunnya telah diblokir sementara.

Pada Maret 2019, WhatsApp telah memperingatkan penggunanya supaya tidak menggunakan aplikasi pihak ketiga, merujuk pada aplikasi Mod.

Mengenai aplikasi yang dipersoalkan, termasuk WhatsApp Plus, menawarkan sejumlah fitur yang tak diakomodir oleh aplikasi WhatsApp resmi.

Fitur-fitur tersebut antara lain seperti dapat mengutak-atik tema, kapasitas kirim berkas lebih besar, mengganti jenis huruf, menyembunyikan tombol mikrofon, dan masih banyak lagi.

Sekadar diketahui, di internet sudah banyak aplikasi WhatsApp Mod dan untuk menemukannya bisa dibilang cukup mudah dan dapat diunduh secara gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.