Akhirnya Google Pixel Watch Telah Resmi Diperkenalkan Oleh Google

Akhirnya Google Pixel Watch Telah Resmi Diperkenalkan

Akhirnya, Google telah resmi memperkenalkan arloji pintar (Smartwatch) pertamanya Pixel Watch melalui ajang kumpul developer tahunan Google I/O 2022 yang di diadakan pada 12 Mei sekitar pukul 00.00 WIB dini hari.

Kurang lebih spesifikasi dan desain Pixel Watch hampir sama seperti rumor yang telah beredar selama ini. Misalnya aspek layar, Smasrtwatch ini mempunyai layar yang berbentuk lingkaran dan dikelilingi oleh bezel warna hitam.

Layar Pixel Watch mempunyai tepian yang melengkung dan bentuknya sedikit cembung seperti layaknya sebuah kubah.

Secara keseluruhan, body Smartwatch ini dibalut dengan material yang berbahan stainless steel. Dan pada bagian kanannya, Google juga menyertakan sebuah ‘Crown’ yang terletak berdampingan dengan tombol fungsi.

Crown sendiri merupakan sebuah tombol fisik yang fungsinya sebagai tombol ‘Home’ atau untuk mengakses daftar aplikasi.

Dan terdapat dua lubang kecil dengan lubang speaker disekeliling Pixel Watch. Lalu pada bagian bawah Pixel Watch Nampak mempunyai ukuran yang cukup tebal.

Dibagian ini, pengguna bisa menemukan serangkaian sensor yang berfungsi untuk menjalankan sejumlah fitur, seperti contohnya memantau denyut jantung dan memonitor waktu tidur.

Pixel Watch menjalankan sistem operasi khas smartwatch yang dibuat oleh Google, yaitu WearOS 3 yang dilapisi antarmuka yang dapat menampilkan notifikasi dan petunjuk arah.

Fitur-fitur yang bisa dijalankan pada Pixel Watch mencakup Google Maps, Google Assistant, Google Wallet, dan juga Google Home.

Pixel Watch dapat menampilkan petunjuk arah dari aplikasi Maps, meskipun posisinya sedang tidak berdekatan dengan smartphone yang terhubung ke perangkat.

Smartwatch ini bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran, sedangkan Google Home digunakan untuk mengontrol perangkat yang terhubung ke ekosistem smart home.

Google juga telah menyertakan fitur Emergency SOS yang diklaim dapat membantu pengguna untuk melakukan panggilan ke layanan darurat dan menghubungi kontak teman atau keluarga ketika sedang berada di tengah situasi genting.

Trending :  Cara membuat suara google di hp dengan Cepat dan Mudah

Adapun juga fitur Find My Device yang dapat digunakan untuk melacak lokasi smartphone Pixel, earbuds, ataupun perangkat lain yang sedang hilang.

Dalam merancang Pixel Watch, Google juga turut mengintegrasikan sejumlah kemampuan dari Fitbit, vendor aksesori fitness yang sudah diakuisisi oleh perusahaan pada 2019 lalu.

Hal ini ditandai dengan munculrnya fitur Active Zone Minutes yang fungasinya untuk melihat analisa statistik pada saat berolahraga.

Pengguna juga bisa melakukan sinkronisasi data ke akun Fitbit, sehingga pengguna dapat dipantau melalui aplikasi dan situs Fitbsit.

Seperti layaknya smartwatch pada umumnya, Pixel Watch juga turut dilengkapi dengan karet gelang (band) yang sudah tersedia dalam beberapa pilihan, sehingga bisa dikustomisasi.

Beberapa fitur lainnya pada Pixel Watch ini mencakup kemampuan water resistance (fitur anti-air) yang dapat melindungi perangkat hingga kedalaman 50 meter. Smartwatch ini juga dilengkapi dengan fitur GPS.

Sebagaimana yang dihimpun dari 9to5Google, Kamis (12/5/2022), Pixel Watch tersedia dalam opsi 4G LTE.

Pixel Watch diposisikan sebagai arloji digital yang eksklusif untuk perangkat Android. Berarti, Pixel Watch hanya dapat dihubungkan pada smartphone yang berbasis Android saja, setidaknya pada OS Android 8.0 atau diatasnya.

Agar bisa menjalankan fitur-fitur dalam Pixel Watch ini, pengguna juga diharuskan untuk membuat akun Google.

Selain informasi yang tadi telah disampaikan di atas, Google masih belum memberikan informasi tentang ketersediaan, harga, serta chip yang akan digunakan pada Pixel Watch.

Google telah berjanji akan mengumumkan informasi yang lebih banyak dalam beberapa bulan ke depannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.