Apakah Fungsi True Tone iPhone Harus Dinyalakan?

Apakah Fungsi True Tone iPhone Harus Dinyalakan?

Bagi kalian para penggemar Apple atau Apple Fanboy, mungkin fitur True Tone di iPhone sudah tidak asing lagi. Fungsi True Tone pada iPhone adalah dapat membuat layar iPhone untuk berubah tone (nuansa) warnanya.

Pada tahun 2017, fitur True Tone ini pertama kali hadir di iPhone 8 dan terus disematkan pada ponsel Apple sampai sekarang ini. Seperti layaknya Face ID, nampaknya True Tone juga seakan-akan menjadi identitas iPhone yang membedakan iPhone dengan ponsel yang lainnya.

Fitur True Tone ini bukanlah fitur untuk mengubah warna tema gambar latar belakang seperti Dark Mode, yang menjadi gelap. Melainkan, fitur True Tone ini beroperasi dengan mengubah warna cahaya yang dipancarkan layar ponsel.

Saat fitur True Tone aktif, maka warna cahaya layar iPhone akan berubah warna seiring dengan kondisi pencahayaan yang ada di sekutar pengguna.

Jika fitur True Tone sudah diaktifkan dan pengguna sedang berada di tempat yang kondisi pencahayaannya yang cenderung gelap, biasanya warna cahaya layar iPhone akan berubah menjadi warna yang lebih bernuansa temaram dan hangat (warm).

Sementara ketika pengguna berada dalam kondisi pencahayaan yang terang, maka warna cahaya pada layar iPhone akan memancarkan nuansa cold (dingin). Perubahan warna cahaya ini berjalan secara otomatis ketika fitur True Tone sudah diaktifkan. Jadi, apakah fitur True Tone ini penting?

Fungsi dari fitur True Tone ini akan lebih terasa pada saat kita sedang membaca tulisan atau artikel di iPhone dalam ruangan yang kondisi pencahayaannya gelap.

Dengan warna cahaya yang jadi lebih bernuansa temaram akan membuat mata pengguna bisa lebih nyaman ketika menatap layar iPhone, sebagaimana yang dilansir dari laman resmi Apple.

Trending :  Cara Menemukan File dan Foto yang Didownload di iPhone

Fitur True Tone dapat merubah warna cahaya layar dengan memanfaatkan sensor kecerahan cahaya atau Ambient Light. Fitur True Tone ini hanya tersedia mulai dari seri iPhone 8 dan yang lebih baru.

Cara Mengaktifkan Fitur True Tone Pada iPhone

Adapun juga cara untuk mengaktifkan fitur True Tone ini yang cukup mudah. Pengguna hanya perlu untuk mengusap layar dari atas ke bawah untuk membuka menu pengaturan cepat. Selanjutnya, klik dan tekan bar pengaturan cahaya layar. Lalu pilih opsi “True Tone”.

Pengguna dapat memilih untuk menyalakan maupun mematikan fitur True Tone ini dengan cara seperti yang ada diatas. Tetapi, apakah fitur True Tone ini harus dinyalakan? Ini merupakan persoalan yang berbeda.

Perlu kalian ketahui, bahwa fitur True Tone iPhone ini beroperasi dengan memanfaatkan sensor Ambient Light. Sementara sensor apa pun, tak terkecuali Ambient Light, bisa bekerja dengan daya yang bersumber pada baterai.

Jadi, dalam satu titik. Mengaktifkan fitur True Tone juga berarti menyumbang konsumsi daya pada baterai. Dan di sisi lain, nampaknya fitur True Tone ini tidak terlalu banyak mengonsumsi daya pada baterai. Hal ini dapat diketahui dari fitur mode daya rendah yang aktif.

Ketika mode daya rendah aktif, maka biasanya sistem operasi akan secara otomatis mematikan fitur-fitur iPhone yang ditengarai memiliki jumlah konsumsi daya tinggi, sehingga dapat menghabiskan baterai dalam waktu singkat.

Akan tetapi, cara kerja seperti itu tidaklah berlaku pada fitur True Tone. Jadi ketika mode daya rendah aktif, True Tone masih tetap diperbolehkan beroperasi. Dengan begitu, True Tone asumsinya tidaklah terlalu banyak mengonsumsi daya.

Jadi, para pengguna bisa menyalakan fitur True Tone tanpa harus khawatir akan kehabisan banyak daya. Dan fitur ini juga tidak wajib untuk dinyalakan, tergantung dengan kebutuhan para penggunanya dalam menerima warna cahaya layar iPhone. Dan itulah tadi fungsi True Tone iPhone, semoga bermanfaat dan dapat membantu.

Trending :  Cara Menyesuaikan Kecepatan Scrubbing Di iPhone

Check Also

PostgreSQL VS MySQL Memahami Alat Basis Data (1)

8 Cara Memperbaiki Webcam Windows yang NgeFreez

8 Cara Memperbaiki Webcam Windows yang NgeFreez – Apakah webcam kamu terus terkunci ketika pertemuan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.