Pengertian dan Fungsi Leptin

Pengertian dan Fungsi Leptin

Leptin adalah hormon yang dilepaskan dari sel-sel lemak dalam jaringan adiposa. Leptin sinyal ke otak, khususnya untuk daerah yang disebut hipotalamus.

Leptin tidak mempengaruhi asupan makanan dari makanan untuk makan tetapi, sebaliknya, bertindak untuk mengubah asupan makanan dan mengontrol pengeluaran energi dalam jangka panjang. Leptin memiliki efek yang lebih mendalam ketika kita menurunkan berat badan dan tingkat jatuh hormon.

Ini merangsang nafsu makan yang besar dan peningkatan asupan makanan. Hormon ini membantu kita untuk mempertahankan berat badan normal dan sayangnya bagi para pelaku diet, membuat sulit untuk kehilangan orang-orang pound ekstra!

Bagaimana leptin dikendalikan?

Karena leptin yang diproduksi oleh sel-sel lemak, jumlah leptin dilepaskan secara langsung berhubungan dengan jumlah lemak tubuh; sehingga lebih banyak lemak individu memiliki, semakin banyak leptin mereka akan memiliki beredar dalam darah mereka.

Kadar leptin meningkat jika seseorang meningkatkan massa lemak mereka selama periode waktu dan, sama, tingkat leptin menurun jika seseorang berkurang massa lemak mereka selama periode waktu.

Apa yang terjadi jika saya memiliki terlalu banyak leptin?

Orang gemuk memiliki tingkat yang luar biasa tinggi leptin. Hal ini karena pada beberapa orang obesitas, otak tidak merespon leptin, sehingga mereka terus makan meskipun cadangan lemak yang memadai (atau berlebihan), sebuah konsep yang dikenal sebagai ‘resistensi leptin’.

Hal ini menyebabkan sel-sel lemak untuk menghasilkan lebih banyak leptin. Hal ini mirip dengan cara orang dengan diabetes tipe 2 memiliki tingkat yang luar biasa tinggi insulin, karena tubuh mereka tahan terhadap efek insulin. Penyebab resistensi leptin masih belum jelas.

Apa yang terjadi jika saya memiliki terlalu sedikit leptin?

Ada kondisi yang sangat langka yang disebut defisiensi leptin kongenital, yang merupakan kondisi genetik di mana tubuh tidak dapat memproduksi leptin. Di Inggris, hanya ada sekitar empat keluarga dipengaruhi oleh kondisi genetik ini.[

 

Pengertian dan Fungsi Leptin

Tidak adanya leptin membuat tubuh berpikir itu tidak memiliki lemak apapun dan hasil ini dalam asupan makanan yang tidak terkontrol dan obesitas yang parah. Selain itu, kekurangan leptin dapat menyebabkan pubertas tertunda dan fungsi yang buruk dari sistem kekebalan tubuh. Kondisi ini dapat diobati dengan baik oleh leptin suntikan, yang menyebabkan penurunan berat badan yang dramatis.

Check Also

Pengertian dan Fungsi Insulin

Pengertian dan Fungsi Insulin

Insulin adalah hormon yang dibuat oleh organ yang terletak di belakang perut yang disebut pankreas. …