Cara Daftar dan Syarat Mudik Gratis 2022 dari Kemenhub

Pemerintah tahu ini telah memperbolehkan untuk mudik lebaran, untuk itu Direktorat Jenderal Perhubungan Darat kembali mengadakan program mudik gratis di tahun ini.

Dishub telah menyiapkan sebanyak 350 unit bus yang akan digunakan untuk program mudik gratis tahun 2022 dan akan menuju ke 14 Daerah yang ada di Jawa tengah.

Mudik gratis ini dijadwalkan akan mulai diberangkatkan pada hari Kamis 28 April 2022 ke berbagai daerah di jawa tengah.

  1. Tegal
  2. Semarang
  3. Wonosobo
  4. Kebumen
  5. Purwokerto
  6. Solo
  7. Klaten
  8. Wonogiri
  9. Wonosari
  10. Yogyakarta
  11. Magelang
  12. Demak
  13. Kudus
  14. Boyolali

Cara mendaftar mudik gratis 2022 Kemenhub

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti mudik gratis dari Kemenhub ini, dapat mendaftar secara online melalui halaman www.mudikhubdat2022.com.

Kemudian login dan isikan data dengan lengkap benar, lalu tunggu verifikasi dan validasi sistem.

Setelah berhasil mendaftar, calon pemudik dapat mendownload kemudian mencetak kode QR e-tiket peserta. QR e-tiket dan dokumen pendukung lain seperti KTP,KK,Bukti Vaksin kemudian dibawa ke lokasi registrasi agar mendapatkan nomor bus.

Syarat mengikuti mudik gratis 2022 dari Kemenhub

Sedangkan untuk persyaratan agar dapat mengikuti mudik gratis Kemenhub tahun 2022 ini adalah sebagai berikut :

Memiliki dokumen sah kependudukan seperti KTP dan KK

Sudah melakukan Vaksin Covid19 atau booster

Pemudik yang baru mendapatkan vaksin dosis dua, diwajibkan untuk membawa hasil tes negatif antigen maksimal 1×24 jam, atau bisa juga dengan menggunakan tes PCR Maksimal 3x 24 Jam sebelum keberangkatan.

Kemudian jika ada pemudik yang baru mendapat dosis pertama maka diwajibkan untuk membawa hasil bukti PCR maks 3×24 jam sebelum keberangkatan.

Bagi pemudik yang tidak dapat divaksin karena kondisi khusus, dapat membawa bukti tes PCR 3×24 Jam, beserta dengan surat keterangan dari Rumah Sakit yang menerangkan bahwa yang bersangkutan belum / tida bisa melakukan vaksin ketika pemberangkatan.

Kemudian calon peserta pemudik yang membawa anak-anak wajib menyerahkan Kartu Keluarga

Peserta calon mudik gratis wajib mengunduh dan menggunakan aplikasi Pedulilindungi. Namun jika tidak memiliki Smartphone dapat dengan menggunakan kartu vaksin dan booster.

Masyarakat diimbau tidak mudah tergiur dengan calo

Budi Setiyadi, selaku Direktur Jenderal, Perhubungan Darat, mengatakan jika pada saat ini sudah semakin banyak yang menawarkan tiket bus pariwisata untuk mudik dari event organizer (EO atau penyelenggara acara), ataupun koordinator.

“Dengan beragam alasan, jadi kasihan masyarakat yang terlanjur beli tiket tersebut. Hal ini merusak tatanan sehingga saya berharap masyarakat jangan mudah tergiur oleh penawaran mudik yang bukan dari operator,” terang Budi, dikutip Kompas.com Sabtu (8/4/2022).

Untuk ke depanya bagi kendaraan ilegal baik bus ataupun travel akan di berikan pengawasan khusus.

“Saya minta kepada Kepolisian nanti untuk melakukan penindakan,” imbuhnya.

Budi juga mengimbau agar masyarakat yang telah mempersiapkan diri untuk mudik agar menghindari perjalanan pada saat puncak arus mudik, yaitu pada 30 April – 1 Mei. Sehingga kepadatan lalu lintas bisa dihindari.

Leave a Comment