Pengertian dan Fungsi Insulin

Insulin adalah hormon yang dibuat oleh organ yang terletak di belakang perut yang disebut pankreas. [Di sini, insulin dilepaskan ke dalam aliran darah oleh sel-sel khusus yang disebut sel beta ditemukan di daerah pankreas yang disebut pulau Langerhans (insulin jangka berasal dari bahasa Latin insula berarti pulau).

Insulin juga dapat diberikan sebagai obat untuk pasien dengan diabetes karena mereka tidak membuat cukup mereka sendiri. Hal ini biasanya diberikan dalam bentuk suntikan.

Insulin dilepaskan dari pankreas ke dalam aliran darah. Ini adalah hormon penting bagi kita untuk hidup dan memiliki banyak efek pada seluruh tubuh, terutama dalam mengendalikan bagaimana tubuh menggunakan karbohidrat dan lemak yang ditemukan dalam makanan. Insulin memungkinkan sel-sel otot, hati dan lemak (jaringan adiposa) untuk mengambil gula (glukosa) yang telah diserap ke dalam aliran darah dari makanan. Hal ini memberikan energi untuk sel. Glukosa ini juga dapat dikonversi menjadi lemak untuk memberikan energi ketika kadar glukosa terlalu rendah. Selain itu, insulin memiliki beberapa efek metabolik lainnya (seperti menghentikan pemecahan protein dan lemak).

Bagaimana insulin dikendalikan?

Ketika kita makan makanan, glukosa diserap dari usus kita ke dalam aliran darah. Kenaikan glukosa darah menyebabkan insulin akan dirilis dari pankreas. Protein dalam makanan dan hormon lainnya yang dihasilkan oleh usus dalam memproses makanan juga merangsang pelepasan insulin. Namun, setelah kadar glukosa darah kembali normal, pelepasan insulin melambat. Selain itu, hormon dilepaskan pada saat stres akut, seperti adrenalin, menghentikan pelepasan insulin menyebabkan kadar glukosa darah yang lebih tinggi. Pelepasan insulin diatur secara ketat pada orang sehat dalam rangka untuk menyeimbangkan asupan makanan dan kebutuhan metabolisme tubuh.

Insulin bekerja bersama-sama dengan glukagon, hormon lain yang diproduksi oleh pankreas. Sementara peran insulin adalah untuk menurunkan kadar gula darah jika diperlukan, peran glukagon adalah untuk meningkatkan kadar gula darah jika mereka menurun terlalu rendah. Dengan sistem ini, tubuh memastikan bahwa kadar glukosa darah tetap dalam batas yang ditetapkan, yang memungkinkan tubuh untuk berfungsi dengan baik.

Apa yang terjadi jika saya memiliki terlalu banyak insulin?

Pasien diabetes diberikan obat termasuk pengobatan insulin untuk menurunkan kadar glukosa tinggi. Namun, jika seseorang sengaja menyuntikkan terlalu banyak insulin, sel-sel akan mengambil terlalu banyak glukosa dari darah. Hal ini menyebabkan kadar glukosa darah abnormal rendah (hipoglikemia). Tubuh bereaksi terhadap hipoglikemia dengan melepaskan glukosa yang disimpan dari hati dalam upaya untuk membawa tingkat kembali normal. Namun, kadar glukosa yang masih rendah dalam darah bisa membuat seseorang merasa sakit.[

 

Pengertian dan Fungsi Insulin

Tidak seperti sel-sel lain dalam tubuh, sel-sel saraf bergantung hampir sepenuhnya pada glukosa sebagai sumber energi. Ketika kadar glukosa terlalu rendah, sebagian besar gejala hasil dari saraf tersebut tidak berfungsi dengan baik. Otak sangat dipengaruhi oleh kadar glukosa yang rendah. Gejala termasuk pusing, kebingungan dan bahkan koma pada kasus berat. Selain itu, tubuh mount ‘melawan-back’ respon melalui serangkaian khusus saraf yang disebut sistem saraf simpatik. Hal ini menyebabkan jantung berdebar, berkeringat, rasa lapar, kecemasan, tremor dan kulit pucat.

Apa yang terjadi jika saya memiliki terlalu sedikit insulin?

Hal ini sering terlihat pada orang dengan diabetes dan disebabkan oleh jalur yang berbeda dalam penderita diabetes tipe 1 dibandingkan dengan penderita diabetes tipe 2.

Pada beberapa orang, pankreas tidak dapat menghasilkan cukup insulin, misalnya, dalam kondisi yang disebut diabetes tipe 1. Kondisi ini terjadi ketika sel-sel beta yang memproduksi insulin telah hancur. Dengan terlalu sedikit insulin, tubuh tidak bisa lagi memindahkan glukosa dari darah ke dalam sel, menyebabkan kadar glukosa darah tinggi. Jika kadar glukosa cukup tinggi, kelebihan glukosa tumpahan ke dalam urin. Hal ini menyeret air tambahan ke dalam urin menyebabkan lebih sering buang air kecil dan haus. Hal ini menyebabkan dehidrasi yang dapat menyebabkan kebingungan. Selain itu, dengan terlalu sedikit insulin, sel-sel tidak bisa mengambil glukosa untuk energi. Sumber energi lainnya (seperti lemak dan otot) yang diperlukan untuk menyediakan energi ini. Hal ini membuat tubuh lelah dan dapat menyebabkan penurunan berat badan. Jika ini terus berlanjut, pasien dapat menjadi sangat sakit. Hal ini karena tubuh berusaha untuk membuat energi baru dari lemak dan menyebabkan asam yang diproduksi sebagai produk limbah. Pada akhirnya, hal ini dapat menyebabkan koma dan kematian jika perhatian medis tidak dicari.

Diabetes tipe 2 dapat disebabkan oleh dua faktor. Pertama, sel-sel beta pasien mungkin memiliki gangguan kemampuan untuk memproduksi insulin. Ini berarti bahwa sementara beberapa insulin diproduksi, itu tidak cukup untuk kebutuhan tubuh. Kedua, reseptor insulin, yang memungkinkan insulin untuk memberi efek pada sel-sel individual, menjadi tidak peka dan berhenti merespons insulin dalam aliran darah. Kombinasi faktor-faktor ini menyebabkan gejala yang mirip seperti yang terlihat pada diabetes tipe 1.

Leave a Comment