Pengertian dan Fungsi Imunitas Bawaan

Bawaan (alami) kekebalan dinamakan demikian karena itu hadir pada saat lahir dan tidak harus dipelajari melalui paparan penyerang. Dengan demikian memberikan tanggapan langsung terhadap penyerbu asing.

Namun, komponen yang memperlakukan semua penyerbu asing dalam banyak cara yang sama. Mereka hanya mengakui sejumlah mengidentifikasi zat (antigen) pada penyerbu asing. Namun, antigen ini hadir pada banyak penjajah yang berbeda. Imunitas bawaan, seperti kekebalan yang diperoleh, tidak memiliki memori dari pertemuan, tidak ingat antigen asing tertentu, dan tidak memberikan perlindungan yang berkelanjutan terhadap infeksi di masa depan.

Sel-sel darah putih yang terlibat dalam kekebalan bawaan adalah

Monosit (yang berkembang menjadi makrofag)

Neutrofil

Eosinofil

Basofil

Sel pembunuh alami

Setiap jenis memiliki fungsi yang berbeda.

Peserta lain dalam kekebalan bawaan adalah

Sistem komplemen

Sitokin

Monosit dan makrofag

Makrofag terbentuk dari sebuah jenis sel darah yang disebut monosit putih. Monosit menjadi makrofag ketika mereka bergerak dari aliran darah ke jaringan.

Monosit pindah ke jaringan bila infeksi terjadi. Di sana, selama sekitar 8 jam, monosit membesar dan menghasilkan butiran didalam dirinya sendiri, menjadi makrofag.

Butiran diisi dengan enzim dan zat-zat lain yang membantu membunuh dan mencerna bakteri dan sel asing lainnya. Makrofag tinggal di jaringan. Mereka mencerna bakteri, sel asing, dan sel-sel yang rusak dan mati. (Proses sel menelan mikroorganisme, sel lain, atau fragmen sel disebut fagositosis, dan sel-sel yang disebut fagosit menelan.)

Makrofag mengeluarkan zat yang menarik sel darah putih lainnya ke lokasi infeksi. Mereka juga membantu sel T mengenali penjajah dan dengan demikian juga berpartisipasi dalam kekebalan yang diperoleh.

Neutrofil

Neutrofil, jenis yang paling umum dari sel darah putih dalam aliran darah, di antara sel-sel kekebalan pertama yang membela terhadap infeksi. Mereka mencerna bakteri dan sel asing lainnya. Neutrofil mengandung butiran yang melepaskan enzim untuk membantu membunuh dan mencerna sel-sel ini.

Neutrofil beredar dalam aliran darah dan harus diberi tanda untuk meninggalkan aliran darah dan memasuki jaringan. Sinyal sering datang dari bakteri itu sendiri, dari protein komplemen, atau dari jaringan yang rusak, yang semuanya menghasilkan zat yang menarik neutrofil menuju daerah yang bermasalah. (Proses menggunakan zat untuk menarik sel-sel ke situs tertentu disebut kemotaksis.)

Neutrofil juga melepaskan zat yang menghasilkan serat dalam jaringan sekitarnya. Serat ini dapat menjebak bakteri, sehingga menjaga mereka dari menyebar dan membuat mereka lebih mudah untuk menghancurkan.[

Eosinofil

Eosinofil dapat mencerna bakteri tetapi juga menargetkan sel-sel asing yang terlalu besar untuk menelan. Eosinofil mengandung butiran yang melepaskan enzim dan zat beracun lainnya ketika sel-sel asing ditemui. Zat-zat ini membuat lubang di selaput target sel.

Eosinofil beredar dalam aliran darah. Namun, mereka kurang aktif melawan bakteri dibandingkan neutrofil dan makrofag. Salah satu fungsi utama mereka adalah untuk menempel dan dengan demikian membantu melumpuhkan dan membunuh parasit.

Eosinofil dapat membantu menghancurkan sel-sel kanker. Mereka juga menghasilkan zat yang terlibat dalam peradangan dan reaksi alergi (lihat Gejala). Orang dengan alergi, infeksi parasit, atau asma sering memiliki eosinofil lebih banyak di aliran darah dibanding orang tanpa gangguan tersebut.

 

Pengertian dan Fungsi Imunitas Bawaan

Basofil

Basofil tidak menelan sel asing. Mereka mengandung butiran diisi dengan histamin, zat yang terlibat dalam reaksi alergi. Ketika basofil menghadapi alergen (antigen yang menyebabkan reaksi alergi), mereka melepaskan histamin. Histamin meningkatkan aliran darah ke jaringan yang rusak.

Basofil juga menghasilkan zat yang menarik neutrofil dan eosinofil ke daerah yang bermasalah.

Natural Killer Sel

Sel pembunuh alami disebut “natural” pembunuh karena mereka siap untuk membunuh segera setelah mereka terbentuk. Sel pembunuh alami mengenali dan menempel pada sel yang terinfeksi atau sel-sel kanker, kemudian melepaskan enzim dan zat lain yang merusak membran luar sel-sel ini. Sel pembunuh alami yang penting dalam pertahanan awal terhadap infeksi virus.

Juga, sel-sel pembunuh alami menghasilkan sitokin yang mengatur beberapa fungsi sel T, sel B, dan makrofag.

Sistem Pelengkap

Sistem komplemen terdiri dari lebih dari 30 protein yang bertindak secara berurutan: Satu protein mengaktifkan lagi dan seterusnya. Urutan ini disebut cascade pelengkap.

Melengkapi protein memiliki banyak fungsi dalam kekebalan yang diperoleh serta bawaan:

Membunuh bakteri secara langsung

Membantu menghancurkan bakteri dengan menempel pada mereka dan dengan demikian membuat bakteri mudah bagi neutrofil dan makrofag untuk mengidentifikasi dan menelan

Menarik makrofag dan neutrofil menuju daerah yang bermasalah

Menetralkan virus

Membantu sel-sel imun mengingat penyerbu tertentu

Mempromosikan pembentukan antibodi

Meningkatkan efektivitas antibodi

Membantu tubuh menghilangkan sel-sel mati dan kompleks imun (yang terdiri dari antibodi melekat pada antigen)

Sitokin

Sitokin adalah utusan dari sistem kekebalan tubuh. Sel darah putih dan sel-sel lain tertentu dari sistem kekebalan tubuh menghasilkan sitokin ketika antigen terdeteksi.

Ada banyak sitokin yang berbeda, yang mempengaruhi berbagai bagian dari sistem kekebalan tubuh:

Beberapa sitokin merangsang aktivitas. Mereka merangsang sel darah putih tertentu untuk menjadi pembunuh yang lebih efektif dan menarik sel darah putih lainnya menuju daerah yang bermasalah.

Sitokin lain menghambat aktivitas, membantu mengakhiri reaksi kekebalan.

Beberapa sitokin, yang disebut interferon, mengganggu reproduksi (replikasi) virus.

Sitokin juga berpartisipasi dalam kekebalan yang diperoleh.

Originally posted 2022-06-02 16:34:51.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rekomendasi Terkait
Menu