Mengapa Nutrisi Penting untuk Menjaga Kesehatan yang Baik?

Mengapa Nutrisi Penting untuk Menjaga Kesehatan yang Baik?

Nutrisi meliputi semua proses makhluk hidup dimana dibutuhkan makanan, mencerna,[ dan memanfaatkan bahan dicerna untuk (i) kelangsungan hidupnya, (ii) pertumbuhan, dan (iii) perbaikan bagian usang tubuh.

Bahan dicerna dan berasimilasi menjadi makanan bagi sel.

Nutrisi diperlukan untuk tujuan berikut.

1. Pertumbuhan:

Sel-sel tubuh berkembang biak secara teratur. Mereka bertambah besar juga. Untuk proses ini dan mengganti jaringan yang rusak dan usang, protoplasma baru terus diperlukan. Makanan membantu dalam pembentukan protoplasma baru dalam tubuh.

2. Lepaskan Energi:

Energi yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai proses kehidupan seperti konsumsi, pencernaan, penyerapan, gerakan, koordinasi, sekresi, sirkulasi, respirasi, dll energi yang dibutuhkan untuk proses ini dilepaskan oleh oksidasi makanan dalam protoplasma.

3. Pembentukan zat organik:

Banyak senyawa organik seperti enzim dan hormon yang diperlukan oleh makhluk hidup. Ini diproduksi dari bahan baku yang disediakan oleh makanan.

4. Mengatur Proses metabolik:

 

Mengapa Nutrisi Penting untuk Menjaga Kesehatan yang Baik?

[Makanan diperlukan oleh organisme untuk berbagai kegiatan metabolik lainnya. Untuk mempertahankan dan memperbaiki berbagai bagian, makanan menyediakan bahan baku dasar.

5. Memberikan perlawanan:

Makanan ini juga membantu dalam membangun perlawanan terhadap penyakit. Nutrisi diklasifikasikan menjadi dua jenis-autotrophic dan heterotrofik.

Trending :  Tulang Belakang di Bagian Leher

Leave a Reply

Your email address will not be published.