Karakteristik Jamur dan Jenisnya

Karakteristik Jamur dan Jenisnya

Jamur (jamak dari jamur) adalah salah satu dari lima kerajaan organisme. Kerajaan adalah divisi utama di mana para ilmuwan mengklasifikasikan semua makhluk hidup di Bumi. Kerajaan lainnya adalah:

Monera (organisme bersel tunggal tanpa inti), Protista (organisme bersel satu dengan inti), Plantae (tumbuhan), dan Animalia (hewan). Jamur merupakan kelompok besar dan beragam organisme. Kerajaan jamur dibagi menjadi empat kelompok utama: konjugasi jamur, jamur kantung, klub jamur, dan jamur tidak sempurna. Jamur, jamur, ragi, dan jamur semua jamur.

Ahli biologi telah memperkirakan bahwa ada lebih dari 200.000 jenis jamur di alam, meskipun hanya sekitar 100.000 telah diidentifikasi sejauh ini. Penelitian ilmiah jamur disebut mikologi.

Karakteristik umum

Kelompok-kelompok yang berbeda dari jamur memiliki berbagai tingkat organisasi seluler. Beberapa kelompok terdiri dari organisme bersel tunggal yang memiliki inti tunggal per sel.

(A inti adalah struktur membran tertutup dalam sel yang berisi materi genetik sel dan mengontrol pertumbuhan dan reproduksi.) Kelompok lain terdiri dari organisme bersel tunggal di mana setiap sel memiliki ratusan atau ribuan inti. Yang lain terdiri dari organisme multisel yang memiliki satu atau dua inti per sel. Mayat jamur multiseluler biasanya terdiri dari ramping, filamen kapas yang disebut hifa.

Sebuah massa hifa disebut miselium. Miselium tersebut menjalankan semua proses-menjaga kehidupan organisme, termasuk reproduksi seksual (di sebagian besar spesies).

Tidak seperti tanaman, jamur tidak mengandung klorofil (pigmen hijau) dan dengan demikian tidak dapat membuat makanan sendiri melalui fotosintesis (proses kimia di mana tanaman yang mengandung klorofil menggunakan sinar matahari untuk mengubah karbon dioksida dan air untuk karbohidrat, melepaskan oksigen sebagai produk sampingan).

Sebagian besar spesies jamur tumbuh di tanah dan mendapatkan nutrisi dari bahan organik mati. Sebagian besar spesies pakan dengan mengeluarkan enzim, yang sebagian memecah makanan. Jamur kemudian menyerap makanan dicerna sebagian untuk menyelesaikan pencernaan internal. Karena jamur (bersama dengan bakteri) membantu menguraikan tanaman mati, hewan, dan bahan organik lainnya, mereka melayani peran ekologis penting.

Trending :  Apa itu Hormon Adrenokortikotropik?

Mereka melepaskan sejumlah besar karbon dioksida ke atmosfer dan mendaur ulang nutrisi penting lainnya nitrogen dan digunakan oleh tanaman dan organisme lain.

Beberapa jamur parasit, yang tinggal di atau di organisme lain (disebut host) dari mana mereka mendapatkan nutrisi mereka. Hubungan ini biasanya merugikan tuan rumah.

Jamur parasit seperti biasanya memiliki spesialisasi jaringan disebut haustoria yang menembus tubuh inang. Sebagian besar penyakit yang menimpa tanaman pertanian disebabkan oleh jamur parasit.

Beberapa contoh adalah penyakit luka api jagung, karat batang hitam gandum dan barley, dan kapas busuk akar. Beberapa jenis jamur juga dapat parasit hewan. Jamur yang parasit manusia menyebabkan penyakit seperti infeksi kaki, kurap, dan ragi atlet.[

Bagian-bagian untuk Tahu

Karbohidrat: Senyawa yang terdiri dari karbon, hidrogen, dan oksigen yang ditemukan dalam tanaman dan digunakan sebagai makanan oleh manusia dan hewan lainnya.

Hifa: Ramping, filamen kapas yang membentuk tubuh jamur multiseluler.

Inti: Membran tertutup struktur dalam sel yang berisi materi genetik sel dan mengontrol pertumbuhan dan reproduksi.

Parasit: Organisme yang hidup di dalam atau di organisme lain (disebut host) dari yang memperoleh nutrisi.

Fotosintesis: Proses kimia di mana tanaman yang mengandung klorofil menggunakan sinar matahari untuk mengubah karbon dioksida dan air untuk karbohidrat, melepaskan oksigen sebagai produk sampingan.

Simbiosis: Tutup hubungan antara dua organisme dari spesies yang berbeda, yang sering menguntungkan setiap anggota.

Konjugasi jamur

Ada sekitar 600 spesies jamur konjugasi. Kebanyakan spesies darat dan memakan bahan organik, meskipun ada spesies parasit beberapa. The algaelike konjugasi jamur memiliki miselium terus menerus berisi ratusan atau ribuan inti, tanpa perpecahan di antara mereka. Spesies jamur konjugasi menyebabkan hawar kentang, penyakit bulai, roti hitam cetakan, dan jamur air (yang mempengaruhi daun mati dan tongkat dalam air).

Trending :  Bagaimana Lingkungan Mempengaruhi Kesehatan Kita?

jamur kantung

Jamur kantung yang dinamakan demikian karena banyak spesies dalam kelompok ini bereproduksi secara seksual dengan membentuk struktur spora penuh disebut ascus, yang berarti harfiah “kantung.” Kelompok besar ini jamur mencakup banyak spesies yang bermanfaat bagi manusia. Misalnya, ragi adalah kelompok utama dari jamur kantung. Ragi yang berbeda digunakan oleh tukang roti, bir, dan vintners untuk membuat roti, bir, atau anggur. Truffles, dianggap sebagai kelezatan makanan, adalah jamur kantung bawah tanah yang tumbuh dalam hubungan dengan akar-akar pohon.

Beberapa jenis jamur kantung muncul cetakan biru-hijau pada buah-buahan, sayuran, dan keju. Beberapa spesies lain yang penting untuk pembuatan keju, seperti keju biru.

Beberapa penyakit menyebabkan tanaman kantung jamur lainnya. Ini termasuk berangan kanker (penyakit yang hampir menyapu bersih chestnut Amerika sebagai pohon hutan dewasa) dan penyakit elm Belanda.

Lumut

Sebuah lumut adalah produk dari simbiosis (saling menguntungkan) hubungan antara jamur dan biru-hijau atau ganggang hijau. Struktur yang dihasilkan menyerupai spesies tidak. Biasanya, karbohidrat pasokan ganggang dengan jamur dan pasokan jamur nitrogen dan nutrisi lain untuk ganggang. Lumut bisa sangat berwarna-warni, mulai dari merah cerah dan jeruk untuk kuning dan hijau, dengan warna putih, abu-abu, dan hitam.

 

Karakteristik Jamur dan Jenisnya

Banyak lumut dapat menghuni lingkungan yang keras dan menahan jangka waktu kekeringan. Di wilayah beriklim Amerika Utara, lumut sering tumbuh pada batang pohon dan batu karang dan tanah. Di Antartika, mereka telah ditemukan tumbuh pada dan di dalam batu. Di Kutub Utara, spesies lumut umumnya dikenal sebagai lumut rusa yang penting dalam diet karibu dan rusa.

Spesies jamur

Spesies jamur klub bereproduksi secara seksual dengan membentuk spora di atas struktur klub-berbentuk disebut basidia. Jamur klub diyakini terkait erat dengan jamur kantung. Kelompok besar ini termasuk spesies yang dikenal sebagai jamur, jamur payung, earthstars, stinkhorns, puffballs, jamur jelly, jamur karang, dan banyak nama yang menarik lainnya. Beberapa spesies, seperti karat dan jamur api, menyebabkan penyakit pada biji-bijian pertanian. Spesies lain, seperti fly agaric, menghasilkan halusinogen kimia (bahan kimia yang menginduksi visi) dan telah digunakan oleh berbagai budaya dalam upacara keagamaan mereka.

Trending :  Definisi dan Proses Kloning DNA

Sebuah spesies yang signifikan dari klub jamur disebut mikoriza, yang berarti “jamur akar.” Jamur mikoriza membentuk hubungan simbiosis dengan berbagai jenis akar tanaman. (Simbiosis adalah hubungan erat antara dua organisme dari spesies yang berbeda, yang sering menguntungkan setiap anggota.) Jamur biasanya memasok senyawa yang mengandung nitrogen untuk tanaman, dan tanaman persediaan karbohidrat dan senyawa organik lainnya untuk jamur. Jamur mikoriza sangat penting untuk pertumbuhan anggrek dan banyak pohon, termasuk pohon pinus dan beech.

Jamur tidak sempurna

Mycologists tidak pernah mengamati reproduksi seksual jamur dalam kelompok jamur yang tidak sempurna. Karena ini bagian dari siklus hidup mereka hilang, mereka disebut sebagai jamur tidak sempurna. Jamur ini mungkin telah kehilangan fase seksual mereka melalui evolusi. Spesies dalam kelompok ini menghasilkan tanaman dan penyakit hewan. Kutu air dan kurap pada manusia disebabkan oleh jamur yang tidak sempurna.

Beberapa spesies dalam kelompok ini muncul sebagai cetakan biru-hijau pada buah-buahan, sayuran, dan keju. Beberapa spesies lain yang penting untuk pembuatan keju seperti keju biru, Roquefort, dan Camembert. Tentu saja produk yang paling dikenal diperoleh dari kelompok jamur adalah penisilin, yang pertama banyak digunakan antibiotik. Penisilin pertama kali ditemukan di notatum cetakan Penicillium oleh bakteriologi Skotlandia Alexander Fleming (1881-1955) pada tahun 1928. Para ilmuwan sekarang tahu itu diproduksi oleh spesies lain di grup ini, juga.

Check Also

Pembuluh Darah dan Limfatik dari Kaki dan Sendi

Pembuluh Darah dan Limfatik dari Kaki dan Sendi

Sendi dan otot harus dipelihara dengan baik. Darah dibawa ke pergelangan kaki dan kaki melalui …

Leave a Reply

Your email address will not be published.