Karakteristik dan Evolusi Hewan

Kerajaan binatang berkisar dari organisme sederhana seperti spons untuk organisme kompleks seperti manusia. Kami akan melihat beberapa karakteristik mendefinisikan hewan serta contoh-contoh baik invertebrata dan vertebrata.

Karakteristik Hewan

Dari keenam kerajaan, kerajaan binatang yang paling mungkin salah satu yang Anda sudah tahu yang paling tentang. Setelah semua, kita adalah bagian dari kelompok besar ini. Sedangkan ciri-ciri hewan bervariasi, ada beberapa hal yang mereka semua berbagi. Hewan yang eukariotik, organisme multisel yang tidak memiliki dinding sel, mendapatkan nutrisi mereka dengan konsumsi, dan mampu bergerak.

Dengan begitu banyak kualifikasi bersama, mungkin sulit untuk membayangkan semua perbedaan yang mungkin antara lebih dari 1,3 juta spesies hidup hewan. Karena mereka terbuat dari sel-sel eukariotik – orang-orang dengan nukleus dan organel membran-terikat – mereka adalah bagian dari domain Eukarya. ‘Multiselular’ berarti bahwa mereka terbuat dari banyak sel – bukan hanya satu sel seperti nenek moyang protozoa uniseluler mereka. Berbeda dengan kerajaan lain, sel-sel hewan tidak memiliki dinding sel. Sementara dinding sel membantu melindungi sel-sel, mereka juga membatasi fleksibilitas – sesuatu yang penting bagi sel-sel hewan karena organisme ini mampu bergerak. Gerakan ini juga diizinkan oleh kehadiran kedua otot dan saraf. Adapun reproduksi, kebanyakan hewan bereproduksi secara seksual, meskipun beberapa spesies yang mampu reproduksi aseksual.

Reproduksi seksual melibatkan pembentukan gamet – telur dan sperma – serta serikat dari dua sel ini untuk membuat keturunan genetik unik. Sebagian besar hewan memiliki sperma yang mampu bergerak karena flagela, sedangkan telur yang lebih besar tidak mampu bergerak.

Para ilmuwan dapat mempelajari embrio dan telah menemukan bahwa spesies binatang yang berbeda memiliki tahap awal sangat mirip pengembangan – meskipun organisme dewasa mungkin tidak sama. Kita bisa lihat di sini bahwa embrio awal dari beberapa spesies terlihat relatif sama tetapi organisme dewasa yang sama sekali berbeda.

Ada empat karakteristik utama yang digunakan untuk mengklasifikasikan hewan: simetri, rongga tubuh, jaringan, dan tulang punggung. Mari kita cepat kita lihat beberapa ini sebelum kita melihat beberapa contoh hewan. Ciri pertama adalah simetri. Hewan umumnya terbagi dalam dua kategori – mereka juga memiliki radial atau simetri bilateral. Organisme seperti bintang laut memiliki simetri radial – seperti yang kita lihat di sini – sedangkan organisme seperti manusia memiliki simetri bilateral – seperti yang kita bisa lihat di sini.

Hal berikutnya adalah jaringan tubuh. Semakin kompleks suatu organisme adalah, lapisan yang lebih khas dari jaringan itu. Ada tiga lapisan utama:

Ektoderm – lapisan terluar

Endoderm – lapisan terdalam

Mesoderm – lapisan tengah

Adapun kolom vertebral, ada dua kelompok utama: invertebrata dan vertebrata. Invertebrata adalah hewan tanpa tulang belakang, sedangkan vertebrata adalah hewan dengan tulang belakang. Seperti kita melihat evolusi hewan, pertama-tama kita akan melihat invertebrata lebih sederhana dan kemudian mempertimbangkan vertebrata yang lebih kompleks.

Evolusi Invertebrata

Mari kita lihat beberapa karakteristik kunci dari evolusi invertebrata. Sebagian besar pola evolusi dari yang sederhana sampai yang lebih kompleks. Contoh invertebrata sederhana meliputi hal-hal seperti moluska dan nematoda. Moluska memiliki tubuh yang lembut dan shell pelindung, seperti siput, siput laut, tiram, dan cumi-cumi. Nematoda adalah cacing sederhana – tidak cacing tanah. Nematoda adalah organisme seperti cacing tambang dan cacing gelang yang sering menyebabkan penyakit pada manusia. Nematoda sebenarnya kelompok yang paling luas dari binatang, yang berarti mereka hidup di berbagai tempat.

 

Karakteristik dan Evolusi Hewan

Arthropoda adalah invertebrata yang lebih kompleks yang memiliki tubuh tersegmentasi, exoskeleton keras, dan pelengkap bersendi. Kelompok ini sering disebut ‘serangga’ tetapi berisi lebih dari sekedar bug. Ada lebih dari 1 juta spesies yang diidentifikasi berbeda arthropoda mulai dari kepiting tapal kuda untuk laba-laba untuk lipan ke kupu-kupu.[

Kelompok lain yang penting dari invertebrata adalah echinodermata. Namanya berarti ‘kulit berduri,’ yang mudah diingat karena beberapa contoh klasik termasuk bintang laut dan landak laut.

 

Karakteristik dan Evolusi Hewan

Evolusi Vertebrata

Ingat bahwa vertebrata adalah organisme yang memiliki tulang belakang. Seperti invertebrata, vertebrata telah berevolusi menjadi lebih kompleks dari waktu ke waktu. Mari kita lihat pada kelompok kunci beberapa vertebrata, dimulai dengan bentuk yang paling sederhana dari vertebrata – yang lamprey. Organisme ini memiliki rencana tubuh yang sederhana dan mulut. Mereka sebagian besar parasit dan kait pada hewan lain.

Leave a Comment