Kembali Darah ke Jantung

Kapiler kembali ke hati: Mereka adalah pembuluh terkecil yang menjembatani arteri terkecil ke vena kecil yang disebut venula. Dari sana, darah masuk ke dalam pembuluh darah yang berfungsi sebagai anak sungai ke vena yang lebih besar sebelum memasuki jantung.

Kapiler yang terkecil, pembuluh darah tipis di seluruh tubuh. Mereka menerima darah dari arteriol dan jaringan bentuk yang disebut kapiler, yang merupakan lokasi dimana gas dipertukarkan dan nutrisi dan zat lain yang ditukar produk limbah dengan jaringan. Sel darah putih juga dapat meninggalkan sistem peredaran darah melalui dinding kapiler selama respon sistem kekebalan.

Venula yang terkecil, pembuluh darah tipis. Mereka menerima darah dari kapiler dan memberikan darah ke dalam pembuluh darah yang lebih besar. Dinding pembuluh darah memiliki tiga lapisan yang sama sebagai arteri: intima tunika, media tunika, dan adventitia tunika.

Vena berbeda dari arteri di pembuluh darah yang mungkin memiliki katup yang proyek ke lumens untuk mencegah aliran balik darah, mereka memiliki lumen yang lebih besar, dan mereka memiliki otot kurang halus. Juga, tekanan darah dalam pembuluh darah lebih rendah dibandingkan di arteri.

Vena dapat diklasifikasikan sebagai dalam atau dangkal.

Dalam vena: The vena dalam biasanya dijalankan bersama arteri dan sering berbagi nama yang sama dengan yang arteri. Contoh beberapa vena dalam termasuk

The tibialis posterior vena dari pergelangan kaki dan kaki

Vena iliac eksternal dan internal panggul

brakialis vena lengan

Trombosis vena adalah bekuan darah (rumpun menebal darah) yang terbentuk di pembuluh darah. Hal ini dapat melepaskan diri dan membentuk embolus (gumpalan darah yang tidak melekat pada dinding dan dapat melakukan perjalanan melalui pembuluh darah), yang dapat mengancam kehidupan jika mencapai paru-paru, menyebabkan emboli paru (bekuan darah bersarang di sebuah arteri paru-paru).[

 

Kapiler dan Vena: Kembali Darah ke Jantung

Vena superfisial: Vena superfisial yang lebih dekat dengan permukaan tubuh dan sering terlihat melalui kulit. Mereka termasuk

Vena saphena besar dari ekstremitas bawah

Vena cephalic dari ekstremitas atas

V. mediana kubiti hanya anterior ke siku

Varises adalah pembuluh darah bengkak yang mungkin memiliki penampilan yang berliku-liku dan mungkin menjadi menyakitkan. Mereka sering terlihat di ekstremitas bawah dan lebih mungkin untuk mempengaruhi wanita yang berdiri untuk jangka waktu yang lama. Stoking kompresi yang memeras kaki dan membantu dalam menggerakkan darah melalui pembuluh darah dapat diresepkan untuk mengobati varises. Pengobatan lain meliputi operasi laser yang menutup vena atau vena pengupasan (prosedur pembedahan yang menghilangkan vena).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rekomendasi Terkait
Menu