Fungsi umum Hormon dalam Hidup Satwa

Hormon adalah zat khusus yang mengkoordinasikan kegiatan sel-sel tertentu di daerah tertentu dari tubuh. Hormon yang diproduksi oleh sel-sel dalam kelenjar, dan mereka disekresikan oleh kelenjar ke dalam aliran darah.

Aliran darah kemudian mengangkut hormon ke jaringan tertentu, di mana hormon memiliki efek. Dalam organisme hidup, sel-sel membentuk jaringan, dan jaringan membentuk organ. Kegiatan yang berbeda terjadi pada setiap tingkat, dan kegiatan ini harus dikoordinasikan agar produk yang tepat dibuat dan diangkut ke tempat yang tepat dalam tubuh.

Sistem endokrin adalah sistem produksi hormon dan sekresi dalam suatu organisme. Sistem endokrin sering dibandingkan dengan sistem saraf, yang terdiri dari otak, sumsum tulang belakang, dan saraf. Kedua impuls saraf dan hormon membawa informasi ke seluruh tubuh. Baik endokrin dan saraf sistem mengkoordinasikan kegiatan internal.

Fungsi diatur oleh hormon

Apakah hormon adalah dari tanaman, hewan invertebrata, atau hewan vertebrata, mereka mengatur beberapa fungsi penting, termasuk: Menjamin pertumbuhan yang terjadi benar.

Pada manusia, hormon pertumbuhan harus dikeluarkan pada tingkat normal oleh kelenjar pituitari seluruh masa kecil dan remaja. Pada hewan invertebrata, seperti serangga, hormon pertumbuhan bertanggung jawab untuk molting, yang merupakan penumpahan lapisan luar – exoskeleton. Pada tumbuhan, beberapa hormon tanaman mengendalikan pertumbuhan yang tepat dari akar, daun, dan bunga.

Memastikan bahwa pengembangan dan pematangan terjadi dengan benar dan tepat waktu. Pada serangga, metamorfosis – proses perubahan bentuk tubuh selama tahap perkembangan – dikendalikan oleh suatu zat yang disebut hormon remaja.

Pada tumbuhan, asam indoleacetic adalah salah satu hormon yang mempengaruhi aspek pembangunan seperti pertumbuhan akar, pertumbuhan sekunder dalam batang, daun memisahkan dari batang, dan mempromosikan perkembangan tunas.

Memastikan bahwa reproduksi terjadi pada saat yang terbaik. Bagi manusia, yang memiliki persediaan makanan yang stabil sepanjang tahun dan lingkungan terlindung di mana untuk hidup, reproduksi dapat terjadi kapan dorongan. Tapi untuk hewan dan tanaman lainnya, reproduksi perlu terjadi selama musim tertentu dalam setahun ketika pasokan iklim dan makanan yang optimal.

 

Fungsi umum Hormon dalam Hidup Satwa

Bagaimana hormon bekerja

Protein dibutuhkan di mana-mana di dalam tubuh. Membran sel, jaringan, enzim, dan hormon semua protein. Inti dari setiap sel mengandung materi genetik yang mengontrol produksi protein dan RNA. Gen hadir pada helai asam deoksiribonukleat (DNA) yang diaktifkan “pada” ketika protein tertentu perlu diproduksi. Kemudian, mereka berubah “berhenti” ketika tingkat protein yang cukup tinggi dalam tubuh.[

Sebelum protein dapat dibuat, hormon tertentu yang mengatur apakah gen diaktifkan atau dinonaktifkan harus masuk ke dalam inti sel untuk mencapai DNA. Tentu saja, hormon tidak mengontrol ekspresi setiap gen; hanya sejumlah relatif kecil dari gen secara langsung hormon diatur.

Hormon steroid, yang terbuat dari kolesterol, menyebar dari aliran darah melintasi membran plasma dari sel mereka mencoba untuk masuk ke dalam. Setelah masuk sel, beberapa hormon melewati sitoplasma sel dan menyebar ke dalam inti.

Di dalam nukleus, hormon steroid mengikat protein reseptor. Setelah protein reseptor hormon dan membentuk kompleks, gen yang mengarahkan produksi zat yang dibutuhkan adalah “dihidupkan” untuk mulai membuat substansi.

Hormon peptida, yang terbuat dari protein, mengikat protein reseptor pada membran plasma sel target. Kemudian, protein reseptor menyebabkan utusan kedua yang akan diproduksi, dan utusan kedua menyebabkan perubahan dalam sel.

Leave a Comment