Fungsi Omentum Dalam Perut

Omentum adalah lapisan ganda membran jaringan lemak yang menutupi dan mendukung usus dan organ di daerah perut bagian bawah. Omentum ini terdiri dari omentum yang lebih besar yang merupakan penyimpanan penting bagi timbunan lemak dan omentum minus yang menghubungkan lambung dan usus ke hati.

Bintik susu pada omentum yang lebih besar mengandung sel-sel darah putih yang membantu kekebalan dengan menghapus puing-puing selular.

 

Fungsi Omentum Dalam Perut

Lemak visceral dan risiko kesehatan yang berhubungan

Lemak disimpan di omentum membuat sebuah bagian dari lemak visceral; sisa lemak visceral sangat tertanam antara organ. Kelebihan timbunan lemak visceral di daerah perut menimbulkan obesitas sentral. Tubuh dengan perut buncit disebut “apel berbentuk”. Hal ini berbeda dari “berbentuk buah pir” tubuh di mana lemak disimpan di sekitar pinggul dan paha dan lemak subkutan. Sebuah badan apel berbentuk merupakan faktor risiko sindrom metabolik atau sindrom X, gangguan yang dapat menyebabkan gangguan metabolisme dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular serta diabetes tipe 2. Komplikasi meliputi ginjal dan penyakit hati.

Lemak visceral sebagai endokrin seperti organ

Sel-sel lemak perut dapat diperlakukan sebagai organ endokrin aktif yang memproduksi hormon. Kelebihan lemak perut mengganggu fungsi hormon. Sel-sel lemak melepaskan bahan kimia seperti sitokin dan interleukin-6 yang menambah risiko penyakit jantung. Mereka juga memiliki efek yang merugikan pada tekanan darah dan kemampuan pembekuan darah. Jumlah tinggi lemak visceral dalam tubuh menyebabkan peningkatan LDL atau kolesterol jahat dan penurunan HDL atau kolesterol baik. Hal ini juga menyebabkan resistensi insulin dimana kadar glukosa darah meningkat. Hal ini dapat menyebabkan diabetes.

Faktor risiko lemak visceral dan Sindrom X

Diet, gaya hidup, kurang olahraga, dan perubahan hormonal berkontribusi terhadap akumulasi lemak di daerah perut. Tes untuk menentukan sindrom X meliputi pengukuran tekanan darah, glukosa, kolesterol, dan trigliserida.

Manfaat kesehatan dari pengurangan lemak perut

Penurunan berat badan adalah tujuan akhir dari setiap prosedur perawatan diadopsi untuk mengatasi sindrom metabolik. Perubahan gaya hidup, obat-obatan, dan operasi adalah pilihan pengobatan yang tersedia untuk mengurangi berat badan sehingga risiko penyakit jantung dan diabetes bisa dibawa turun.

Leave a Comment