Fungsi Kerongkongan Sebagai Jalan Masuk Ke Sistem Pencernaan

Dari belakang mulut (faring) ke atas perut, kerongkongan adalah tabung berotot untuk makanan dan cairan. Ini relatif tangguh dan tahan banting sebagai organ pergi, dibangun untuk mengambil sebagian besar bahan manusia menelan.

Advertisement

Untuk sebagian besar, itu bukan organ yang sangat rumit. Tergantung pada ketinggian orang, itu sekitar 10 inci panjang (25 cm) dan 1 inci diameter (2-3 cm). Kerongkongan ‘geografi biasanya terbagi menjadi tiga bagian: cervical di atas, dada di tengah, dan perut di bagian bawah.

Di bagian atas esofagus

Di bagian atas, kerongkongan memiliki gerbang, atau lebih anatomis menyatakan – sfingter – satu set otot yang dikenal sebagai faring sfingter rendah. Bekerja di sinkronisasi dengan lidah dan otot-otot di bagian belakang faring, sfingter ini terbuka untuk memungkinkan makanan, udara dan cairan ke dalam kerongkongan, dan kemudian menutup untuk mencegah aspirasi yang tidak diinginkan.

Tentu saja, ini hanya bagian dari apa yang kita sebut ‘menelan’. Setelah melewati gerbang ini, makanan dan cairan mulai menuruni esofagus, daerah kita identifikasikan sebagai tenggorokan. Makanan biasanya turun dengan bantuan gravitasi, tetapi kontraksi berirama oleh otot-otot yang melapisi dinding kerongkongan yang sebagian besar pekerjaan. Gerakan ini, yang dikenal sebagai gerakan peristaltik, mendorong materi ke bawah sebanyak usus memindahkan material dari perut ke anus.

Juga di dekat bagian atas esofagus adalah persimpangan dengan tenggorokan, dijaga oleh epiglotis, flap otot dan jaringan yang membuka dan menutup untuk memungkinkan udara ke dalam laring dan trakea.

Advertisement

Sangat mudah untuk memahami bahwa waktu gerakan otot – sfingter faring, epiglotis, otot-otot kerongkongan – adalah penting. Semua orang memiliki pengalaman dengan ‘menelan salah’ (mengirim makanan ke tenggorokan), sakit tenggorokan, kesulitan menelan dan mungkin tersedak sepotong makanan.

Di tengah esofagus

Setelah melewati epiglotis, kerongkongan sebagian besar penurunan lurus ke arah perut. Di daerah dada ini, dari sudut pandang bedah hanya ada dua poin yang menarik. Salah satunya adalah area di mana kerongkongan melintasi daerah dekat jantung, khususnya arkus aorta.

Yang lainnya adalah pada lubang di mana kerongkongan melintasi diafragma, membran yang memisahkan daerah thoraks dari perut. Titik persimpangan tersebut dapat mempersulit operasi.

Di bagian bawah esofagus

Dimana kerongkongan memasuki perut, adalah sphincter lain, persimpangan gastroesophageal. Berikut sphincter terbuka untuk memungkinkan makanan ke dalam perut dan menutup untuk mencegah cairan lambung (empedu, asam lambung) memasuki kerongkongan.

Sayangnya, ini adalah salah satu titik lemah dari sistem pencernaan. Usia tua, makan berlebihan, obesitas dan sejumlah penyakit dapat menyebabkan persimpangan gastroesophageal berfungsi buruk, yang memungkinkan cairan lambung ke kerongkongan.

Ketika hal ini terjadi kadang-kadang, kita sebut pembakaran sensasi ‘mulas’ atau asam refluks dan mungkin mengambil antasid. Ketika hal ini terjadi sering (kondisi kronis), menjadi penyakit gastroesophageal reflux, atau GERD.

 

Fungsi Kerongkongan Sebagai Jalan Masuk Ke Sistem Pencernaan

Penyakit esofagus

Sebuah penyakit umum kerongkongan, setidaknya di negara maju, dimulai dengan GERD. Jika tidak diobati, mencuci konstan dengan kerusakan asam lambung jaringan dari lapisan kerongkongan.

Kerusakan berlangsung, kondisi yang dikenal sebagai esophagus Barrett mengambil alih dan sel-sel esofagus mulai bermutasi menjadi sel-sel lambung. Meskipun biokimia yang tepat tidak diketahui, proses ini membuat rendah (perut) daerah esofagus rentan terhadap adenokarsinoma, bentuk kanker menjadi cepat lebih umum.

Kanker esofagus pada gastroesophageal Junction

Tidak mengherankan, penyakit esofagus sering berhubungan dengan apa yang kita makan, minum dan bernapas. Merokok tembakau, khususnya, memiliki banyak efek buruk termasuk kanker (sel skuamosa biasanya). Minum alkohol yang kuat adalah juga merusak jaringan kerongkongan dan dapat menyebabkan kanker kerongkongan.

Dokter dapat mengobati kanker kerongkongan dengan kemoterapi, radiologi dan operasi. Pilihan bedah biasanya penghapusan seluruh atau sebagian dari kerongkongan, suatu esophagectomy, bersama dengan tumor (s) dan jaringan yang lainnya seperti kelenjar getah bening yang terkena kanker.

Sebuah esophagectomy untuk kanker, terutama di bagian perut dari kerongkongan adalah operasi yang sangat sulit dan rumit. Teknik bedah minimal invasif (misalnya, esophagectomy thoracolaparoscopic) membantu mengurangi trauma dan waktu pemulihan.

Dari belakang mulut (faring) ke atas perut, kerongkongan adalah tabung berotot untuk makanan dan cairan. Ini relatif tangguh dan tahan banting sebagai organ pergi, dibangun untuk mengambil sebagian besar bahan manusia menelan.

Leave a Comment