Ciri-ciri Hewan Primata

Ciri-ciri Hewan Primata

Urutan Primata termasuk prosimian, monyet, dan kera. Primata yang diteliti dengan baik, untuk sebagian besar karena orang primata. (Manusia adalah kera, dalam superfamili Hominoidea.)

Ada beberapa 240 spesies primata yang hidup hari ini, mulai di Amerika Selatan, Afrika, dan Asia. Karena hampir semua primata terutama arboreal (mereka tinggal di pohon), distribusi geografis mereka sebagian besar terbatas pada hutan atau hutan dan untuk menghangatkan daerah di mana semua pohon tidak kehilangan daun dan buah-buahan mereka pada waktu yang sama.

Primata tradisional dibagi menjadi dua kelompok: prosimian (lemur Madagaskar dan Afrika, lorises Asia, dan tarsius Asia) dan Anthropoidea (monyet dan kera). Banyak ahli primata lebih memilih untuk mengklasifikasikan mereka dalam dua kelompok utama: Strepsirrhini (lemur dan lorises) dan Haplorrhini (tarsius, monyet, dan kera). Perbedaan antara kedua sistem klasifikasi adalah penempatan tarsius, yang menunjukkan banyak fitur berkembang relatif terhadap prosimians.

Primata adalah kelompok mamalia umum didefinisikan oleh serangkaian karakter dengan berbagai hadir di setiap spesies. Kecenderungan dalam primata termasuk:[

• Penekanan pada indra penglihatan dan deemphasis relatif pada indera penciuman; maju menghadap mata yang memungkinkan persepsi kedalaman yang baik; dan, di monyet dan kera, ada penglihatan warna.

• Menggenggam tangan, dengan retensi semua lima digit; kuku (bukan cakar) pada ujung digit; bantalan sentuhan sensitif pada menggenggam tangan, jempol opposable; dan biasanya menangkap kaki.

 

Ciri-ciri Hewan Primata

• otak besar untuk ukuran tubuh; makanan efisien janin dalam rahim, biasanya dengan satu bayi yang lahir pada satu waktu, dan masa kecil yang berkepanjangan, memungkinkan untuk lebih banyak waktu untuk belajar; hidup lebih lama dan banyak sosialitas.

Trending :  Bagian-bagian Otot dan Saraf Kaki

• diet Generalized, makan beberapa kombinasi serangga, buah, dan daun (ada beberapa spesialis di masing-masing kategori); babun dan simpanse juga berburu vertebrata untuk tingkat kecil, sementara manusia berburu relatif lebih.

• Berbagai habitat sosial dan kawin. Ada multi-laki, kelompok multifemale (babun); kelompok tunggal pria multi-wanita (beberapa gorila, beberapa babon); dan monogami (owa), polyandrous (tamarins dan marmoset), poligini, dan spesies kawin promiscuous (simpanse). Beberapa relatif soliter (misalnya, orangutan). Dalam beberapa kasus laki-laki berimigrasi dari kelompok natal mereka dan orang lain, perempuan melakukan.[

Hubungan antara primata dan perintah lainnya tidak terselesaikan, meskipun upaya menggunakan morfologi dan perbandingan biologi molekuler. Perbandingan molekul dan anatomi telah menunjukkan kelompok adik, yang meliputi Chiroptera (kelelawar), Rodentia (hewan pengerat), dan Lagamopha (kelinci), antara lain.

Fosil paling awal yang tak terbantahkan adalah primata dari zaman hangat disebut Eosen, ditemukan di Amerika Utara, Afrika Utara, dan Asia, tapi tidak di Amerika Selatan atau Antartika.

Ada urgensi khusus untuk melestarikan primata karena mereka menginformasikan para ilmuwan tentang manusia dan evolusi manusia. Sekitar sepertiga spesies primata yang terancam punah karena kerusakan merajalela habitat hutan mereka melalui penebangan dan perdagangan daging.

Leave a Reply

Your email address will not be published.