Ciri-ciri Hewan Herbivora

Ciri-ciri Hewan Herbivora – Herbivora hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Mamalia seperti sapi, domba, dan rusa bukan satu-satunya hewan yang bisa herbivora. Serangga, ikan, dan bahkan beberapa makhluk prasejarah juga ada yang termasuk binatang herbivora. Herbivora adalah jenis hewan yang memakan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti daun, kayu, biji, buah, bunga dan lain sebagainya.

Menimbang bahwa herbivora adalah makhluk yang memakan tanaman atau produk tanaman, mungkin akan mudah untuk mengasumsikan bahwa semua serangga herbivora tapi ini tidak terjadi. Beberapa serangga seperti lebah, nyamuk, dan berbagai jenis kumbang dapat dianggap karnivora karena mereka makan atau parasit serangga lainnya. serangga herbivora adalah mereka yang memakan tanaman dan bahan tanaman sendiri dan juga serangga yang mengumpulkan nektar dan serbuk sari.

Beberapa contoh serangga herbivora termasuk belalang, ulat, kutu daun, kupu-kupu dan lebah madu. Karena banyak tanaman menghasilkan beberapa jenis obat nyamuk atau pestisida untuk menangkal serangga lapar, banyak serangga herbivora beradaptasi dengan jenis tertentu dari tanaman yang mereka makan paling sering. Serangga mengidentifikasi tanaman yang mereka makan, spesies inang, oleh penglihatan dan penciuman.

Ciri-ciri hewan herbivora

  • Kebanyakan Hidup di daratan
  • Sebagian besar berkaki empat
  • Berdarah panas
  • Beranak (vivipar)
  • Memiliki gigi seri dan gigi geraham
  • Memiliki gigi geraham yang bergerigi dan berukuran lebar
  • Golongan mamalia
  • Beberapa herbivora memiliki kantong pipi di mana untuk menyimpan makanan atau mereka memiliki rumen, perut khusus di mana mikroorganisme membantu untuk memecah selulosa tanaman.

Contoh hewan herbivora

  1. Kambing
  2. kuda
  3. sapi
  4. domba
  5. kerbau
  6. rusa
  7. kupu-kupu
  8. ulat
  9. belalang
  10. gajah
  11. jerapah
  12. kelinci
  13. panda
  14. unta
  15. kijang
  16. zebra
  17. kangur
  18. tupai
  19. keledai
  20. badak
  21. kudanil
  22. beberapa jenis burung.

 

Leave a Comment