Bentuk Penyimpanan Glukosa di Organisme

Ketika karbohidrat dari makanan yang Anda konsumsi dicerna, glukosa adalah molekul terkecil di mana karbohidrat dipecah. Molekul glukosa diserap dari sel usus ke dalam aliran darah.

Aliran darah kemudian membawa molekul glukosa ke seluruh tubuh. Glukosa memasuki setiap sel tubuh dan digunakan oleh mitokondria sel sebagai bahan bakar. Karbohidrat dalam hampir setiap makanan, tidak hanya roti dan pasta, yang dikenal untuk “carbo pemuatan.” Buah-buahan, sayuran, dan daging juga mengandung karbohidrat. Setiap makanan yang mengandung gula memiliki karbohidrat. Dan, sebagian besar makanan diubah menjadi gula ketika mereka dicerna.

Setelah organisme telah diambil dalam makanan, makanan dicerna, dan membutuhkan nutrisi yang dikirim melalui aliran darah. Ketika organisme telah menggunakan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk mempertahankan fungsi yang tepat, nutrisi yang tersisa diekskresikan atau disimpan.

Anda menyimpannya: Glikogen

Hewan (termasuk manusia) menyimpan beberapa glukosa dalam sel sehingga tersedia untuk tembakan cepat energi. Kelebihan glukosa disimpan dalam hati sebagai senyawa besar yang disebut glikogen. Glikogen adalah polisakarida glukosa, namun struktur memungkinkan untuk pak kompak, sehingga lebih dari itu dapat disimpan dalam sel untuk digunakan nanti.

Jika Anda mengkonsumsi begitu banyak karbohidrat tambahan yang menyimpan tubuh Anda lebih dan lebih banyak glukosa, semua glikogen Anda dapat kompak terstruktur, tetapi Anda tidak lagi akan.

 

Bentuk Penyimpanan Glukosa di Organisme

Pati, silakan: Menyimpan glukosa pada tanaman

Bentuk penyimpanan glukosa dalam tanaman adalah pati. Pati adalah polisakarida. Daun tanaman membuat gula selama proses fotosintesis. Fotosintesis terjadi dalam cahaya (foto = cahaya), seperti ketika matahari bersinar. [Energi dari sinar matahari digunakan untuk membuat energi bagi tanaman. Jadi, ketika tanaman membuat gula (untuk bahan bakar, energi) pada hari yang cerah, mereka menyimpan sebagian pati. Ketika gula sederhana harus diambil untuk digunakan, pati dipecah menjadi komponen yang lebih kecil. Mereka benar-benar menghemat energi untuk hari hujan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rekomendasi Terkait
Menu