Beberapa Jamur yang Biasa Menyebabkan Penyakit

Beberapa Jamur yang Biasa Menyebabkan Penyakit

Sekitar lima puluh spesies jamur menyebabkan penyakit pada manusia, biasanya dengan salah satu dari tiga mekanisme utama. Pertama, beberapa jamur menyebabkan respon imun, sehingga hipersensitivitas (alergi) reaksi terhadap jamur.

(Jamur sendiri sehingga bertindak sebagai antigen.) Sebagai contoh, beberapa spesies Aspergillus dapat menyebabkan asma dan reaksi alergi lainnya. Mekanisme kedua ditemukan dalam spesies jamur yang memproduksi racun atau mikotoksin. Aspsergillus flavus tumbuh pada biji-bijian tidak disimpan dan dapat menghasilkan aflatotoxins yang menyebabkan tumor pada burung dan berbagai hewan lainnya.

Mekanisme Penyakit ketiga adalah infeksi. Mikosis (tunggal, mikosis) adalah infeksi jamur yang ditemukan di atau pada tubuh. Kebanyakan mikosis yang “mengganggu” penyakit, meskipun beberapa dapat cukup serius atau bahkan mengancam jiwa.

Banyak mikosis yang disebabkan oleh organisme oportunistik, organisme mengambil keuntungan dari pasien yang mekanisme pertahanan yang turun (seperti orang yang menderita AIDS [acquired immunodeficiency syndrome]). Contoh mikosis oportunistik termasuk histoplasmosis (biasanya pernafasan), kriptokokosis (mempengaruhi organ apapun, sering otak), coccidioidomycosis (sering pernafasan), dan kandidiasis (infeksi jamur umum yang mempengaruhi setiap bagian dari tubuh). (Candidiasis dalam mulut dan tenggorokan bayi yang baru lahir disebut thrush.) Mikosis superfisial yang mempengaruhi kulit, kulit kepala, rambut, atau kuku yang menyebar melalui kontak dengan orang yang terinfeksi atau benda yang terkontaminasi. Ini mikosis yang umum biasanya membatasi diri.

Tinea adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kategori infeksi jamur oleh lokasi mereka, seperti tinea capitis (kepala, juga dikenal sebagai kurap), tinea barbae (jenggot), tinea corporis (tubuh), tinea cruris (daerah genital dan anal, juga dikenal sebagai Jock gatal), pedis tinea (kaki, juga dikenal sebagai kutu).

Mikosis subkutan berkembang pada luka dan sering menyerupai bisul atau chancres. Sporotrichosis (yang disebabkan oleh Sporothrix schenckii) adalah mikosis subkutan umum.

Trending :  Apa itu Aorta yang berliku-liku? 

 

Beberapa Jamur yang Biasa Menyebabkan Penyakit

Para mikosis sistemik, yang berkembang ketika jamur menyerang organ-organ internal (atau sistem), sangat sulit untuk mengobati, terutama pada pasien immunocompromised. Ragi, diklasifikasikan sebagai jenis jamur, dapat menyebabkan infeksi saluran kemih.

Check Also

Pembuluh Darah dan Limfatik dari Kaki dan Sendi

Pembuluh Darah dan Limfatik dari Kaki dan Sendi

Sendi dan otot harus dipelihara dengan baik. Darah dibawa ke pergelangan kaki dan kaki melalui …

Leave a Reply

Your email address will not be published.