Bagaimana Lingkungan Mempengaruhi Kesehatan Kita?

Status kesehatan individu, masyarakat atau bangsa dipengaruhi oleh interaksi dan integrasi dari dua jenis lingkungan-lingkungan internal manusia itu sendiri dan lingkungan eksternal yang mengelilingi dirinya.

Lingkungan internal berkaitan dengan ” masing-masing dan setiap bagian komponen, setiap jaringan, organ dan sistem organ dan fungsi yang harmonis mereka dalam sistem tubuh “. Status kesehatan manusia adalah hasil dari penyesuaian terus-menerus dan penyesuaian antara lingkungan internal dan eksternal .

Bahaya kesehatan yang disebabkan karena kurangnya harmoni yang tepat antara manusia dan lingkungan nya. Manusia hidup dalam lingkungan yang sangat rumit yang semakin lebih rumit seperti manusia ‘menjadi lebih cerdik. Lingkungan eksternal terdiri dari tiga komponen-fisik utama, biologis dan psiko sosial, semua terkait erat.

Fisik:

Istilah “lingkungan fisik” i3 diterapkan untuk hal-hal yang tak hidup dan faktor fisik seperti perumahan, air, udara, iklim tanah, panas, cahaya, suara, dengan mana manusia berada dalam interaksi yang konstan. Di kebanyakan negara berkembang, lingkungan fisik yang rusak seperti air yang tidak aman, polusi tanah dengan kotoran manusia, perumahan yang buruk terus menjadi masalah kesehatan utama.

Biologik:

Lingkungan biologis adalah alam semesta makhluk hidup yang mengelilingi manusia, termasuk manusia itu sendiri. Para makhluk hidup adalah virus, serangga tikus, hewan dan tumbuhan. Ini terus bekerja untuk kelangsungan hidup mereka, dan dalam proses ini beberapa dari mereka bertindak sebagai penyakit yang memproduksi agen, waduk infeksi dan vektor penyakit. Ketika untuk alasan apapun, hubungan yang harmonis terganggu, hasil kesehatan yang buruk.[

Psiko-sosial:

Lingkungan psiko-sosial termasuk faktor kompleks atau sosial dan psikologis dan kondisi, nilai-nilai budaya, adat istiadat, kebiasaan, agama, pendidikan, standar pekerjaan hidup dan kehidupan masyarakat. Man terkena lingkungan sosial melalui sastra, seni, pers, radio dan televisi. Memang, manusia sangat sebagian besar merupakan produk dari lingkungan sosial dan budaya yang ia membentuk dan dibentuk oleh itu.

 

Bagaimana Lingkungan Mempengaruhi Kesehatan Kita?

Kejahatan, kekerasan, penyalahgunaan obat dan bentuk-bentuk perilaku menyimpang yang disebabkan stres psikososial. Dari sudut pandang sosial psiko penyakit pandang dapat dilihat sebagai ^ ketidakmampuan dari organisme manusia untuk ‘lingkungan psiko-sosialnya akibat mispersepsi, salah tafsir dan perilaku,

Meskipun lingkungan dibagi menjadi tiga komponen, itu adalah keseimbangan yang harmonis dari individu manusia diintegrasikan ke dalam keseluruhan lingkungannya, merupakan kesehatan. Secara keseluruhan keseimbangan yang stabil dan harmonis antara manusia dan lingkungannya diperlukan untuk mengurangi kerentanan manusia terhadap penyakit dan untuk memungkinkan dia untuk menjalani kehidupan yang lebih produktif dan memuaskan.

 

Leave a Comment