Apakah Semua Bunga Memiliki Putik Dan Benang Sari?

Apakah Semua Bunga Memiliki Putik Dan Benang Sari?

Bunga mencerahkan lanskap dan memberikan nektar dan serbuk sari lebah lapar dan kupu-kupu.

Namun, itu tidak tujuan utama mereka. Bunga adalah cara alami untuk memastikan bahwa tanaman akan mereproduksi melalui benih dan melakukan makeup genetik. Banyak bunga mengandung kedua bagian pria dan wanita, yang disebut benang sari dan putik. Beberapa bunga, bagaimanapun, hanya berisi bagian laki-laki atau perempuan dan perlu bantuan bunga lain untuk membentuk biji.

Benang Sari

Bagian jantan bunga, yang disebut benang sari, terdiri dari dua bagian: filamen dan kepala putik. Filamen terlihat seperti sepotong ramping benang atau memancing baris. Antera yang terletak di atas filamen dan mengandung serbuk sari. Antera biasanya berwarna kuning. Bunga umumnya memiliki jumlah yang sama benang sari sebagai kelopak.

 

Apakah Semua Bunga Memiliki Putik Dan Benang Sari?

Putik

Betina bagian dari bunga, yang disebut putik, terdiri dari tiga bagian: stigma, gaya dan ovarium. Stigma adalah bagian lengket dari putik yang mengumpulkan serbuk sari dari mengunjungi lebah dan kupu-kupu. Gaya menghubungkan stigma ke ovarium. Ovarium memegang bakal biji yang tumbuh menjadi bibit saat serbuk sari dikumpulkan dan diangkut ke ovarium.

Bunga sempurna

Bunga sempurna mengandung baik laki-laki dan bagian perempuan. Bunga-bunga ini tidak memerlukan bunga lain untuk penyerbukan tanaman. Pollen yang dihasilkan oleh tongkat anter ke stigma, dari tindakan angin atau ketika lebah dan kupu-kupu mengunjungi bunga.

Imperfect Bunga

Bunga tidak sempurna berisi komponen hanya laki-laki atau perempuan saja. Bunga-bunga ini tidak dapat menghasilkan benih tanpa bantuan bunga lain. Beberapa tanaman, seperti anggota keluarga labu, seperti mentimun (Cucumis sativus) dan labu musim panas (Cucurbita pepo), menghasilkan kedua mekar pria dan wanita pada tanaman yang sama. Tanaman ini disebut berumah satu. Lainnya seperti pistachio (Pistacia vera) dan buah kiwi (Actinidia deliciosa) mengandung laki-laki dan bagian reproduksi wanita pada tanaman terpisah dan disebut dioecious.

Trending :  Bagaimana Lingkungan Mempengaruhi Kesehatan Kita?

Bagian Bunga lainnya

Bunga juga mengandung sepal dan kelopak. Sebuah sepal terlihat seperti daun hijau kecil di dasar bunga. Para sepal selimut dan melindungi kuncup bunga sebelum mekar. Kelopak berbagai ukuran, bentuk dan warna dan berfungsi untuk menarik penyerbuk, seperti lebah, kupu-kupu dan burung untuk bunga. Banyak bunga juga mengandung nectaries di dasar kelopak diisi dengan nektar untuk menarik serangga terbang dan burung.

Leave a Reply

Your email address will not be published.