Apa itu Radikal Bebas?

Apa itu Radikal Bebas?

Radikal bebas dapat dibentuk melalui proses fisiologis alami manusia maupun dari lingkungan. Mereka mungkin hasil dari diet, stres, merokok, alkohol, olahraga, peradangan, obat-obatan atau paparan sinar matahari dan udara polutan.

Meskipun ada banyak jenis radikal bebas yang dapat dibentuk, yang paling umum di aerobik (oksigen pernapasan) organisme oksigen radikal bebas, sering disebut Oxygen Species sebagai Reactive (ROS), yang meliputi superoksida, hidroksil anion, hidrogen peroksida dan singlet oksigen.

Radikal bebas adalah atom atau kelompok atom yang memiliki elektron yang tidak berpasangan dan karena itu tidak stabil dan sangat reaktif.

Sifat kimia atom ditentukan oleh jumlah elektron di kulit terluar. Ketika kulit terluar penuh, atom stabil dan cenderung untuk tidak terlibat dalam reaksi kimia. Ketika, bagaimanapun, kulit terluar tidak penuh, atom tidak stabil. Ini akan mencoba dan menstabilkan diri dengan baik mendapatkan atau kehilangan elektron baik mengisi atau mengosongkan kulit terluarnya.Atau akan berbagi elektron dengan ikatan dengan atom lain yang juga ingin melengkapi kulit terluarnya. Hal ini tidak biasa untuk sebuah atom untuk melengkapi kulit terluarnya dengan berbagi elektron dengan atom lain dan membentuk ikatan.[

Radikal bebas terbentuk ketika salah satu ikatan yang lemah antara elektron rusak dan jumlah yang tidak merata elektron tetap. Ini berarti elektron tidak berpasangan ini, sehingga secara kimia reaktif. Sekarang akan mencoba dan mencuri elektron dari molekul tetangga untuk menstabilkan sendiri.

Setelah bentuk radikal bebas dan berhasil memperoleh elektron lain dari molekul di dekatnya, ia meninggalkan korbannya pendek elektron dan sekarang telah membuat molekul ini baru radikal bebas, yang pada gilirannya akan, mencoba dan mencuri elektron juga. Hasilnya adalah apa yang kita sebut kaskade radikal bebas, reaksi berantai besar radikal bebas yang cepat membuat kekacauan pada jaringan hidup. Diperkirakan bahwa reaksi berantai dapat memicu 6.023 x 1021 miliar molekul untuk bereaksi per detik!

Trending :  Deskripsi Empat Jenis Ekosistem Perairan

 

Apa itu Radikal Bebas?

Bagaimana Radikal Bebas di Bentuk?

Radikal bebas dapat terbentuk secara spontan atau mereka mungkin hasil dari paparan panas, cahaya atau sesuatu di lingkungan. Kadang-kadang sistem kekebalan tubuh membuat mereka dengan tujuan untuk menetralisir virus dan bakteri.

Dalam tubuh manusia, kita memiliki array yang luas dari molekul yang lebih rentan terhadap serangan radikal bebas daripada yang lain. Ini termasuk lemak, DNA, RNA, membran sel, protein, vitamin dan karbohidrat.[

Sayangnya, oksigen sangat rentan terhadap pembentukan radikal bebas, dan dengan organisme aerobik, ini bisa mematikan. Oksigen radikal bebas yang terlibat dalam proses penuaan secara keseluruhan dan bertanggung jawab untuk photoaging, kanker dan peradangan pada kulit. Oksigen radikal bebas menyebabkan peroksidasi lipid, yang menghasilkan kerusakan membran sel dan ini dapat menyebabkan penuaan dini, kanker kulit dan kematian sel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.