Apa itu Obesitas?

Obesitas adalah keadaan kelebihan lemak tubuh. Kegemukan dan obesitas didefinisikan sebagai kelebihan berat badan untuk tinggi. Pria memiliki persentase lemak tubuh 15-20% dan perempuan memiliki sekitar 25-30%, namun indeks massa tubuh (BMI) yang digunakan jauh lebih sering daripada persentase lemak tubuh untuk mendefinisikan obesitas.

BMI dengan berat normal untuk orang dewasa adalah antara 20,0 dan 24,9. Jika seseorang kelebihan berat badan, BMI mereka akan berada di antara 25,0 dan 29,9. Obesitas didefinisikan sebagai memiliki BMI antara 30,0 dan 39,9. Berat (atau morbid) obesitas didefinisikan sebagai BMI lebih besar dari atau sama dengan 40.

Apa yang menyebabkan obesitas?

Penyebab obesitas jauh lebih rumit daripada ketidakseimbangan sederhana antara asupan energi dan keluaran energi. Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan, termasuk kombinasi gen, lingkungan dan perilaku.

Gen dapat mempengaruhi jumlah dan jenis makanan yang kita inginkan untuk makan. Kita semua tahu bahwa beberapa orang tetap kurus apa pun yang mereka tampaknya makan dan beberapa menjadi gemuk. Penelitian menunjukkan bahwa obesitas cenderung berjalan dalam keluarga dan studi kembar dan anak angkat telah menunjukkan bahwa gen memainkan peran kunci dalam hal ini. [

Lingkungan kita mempengaruhi jumlah dan jenis makanan yang tersedia untuk makan. Ukuran porsi yang semakin besar, biasanya pada sangat sedikit biaya tambahan. Lebih banyak orang makan pra-paket makanan, makanan cepat saji dan minuman ringan yang sering tinggi kalori, lemak, garam dan gula. Kami juga hidup gaya hidup yang lebih aktif. Penggunaan mobil meningkat dan hiburan tidak aktif, seperti menonton televisi dan berselancar di internet, menjadi lebih populer.

Penting untuk dicatat bahwa sebagian besar peningkatan tingkat obesitas telah terjadi selama 50 tahun terakhir, selama waktu gen kita tidak berubah secara signifikan. Ini berarti bahwa bagi kebanyakan orang, sementara gen mereka dapat mendorong kecenderungan mereka untuk menambah berat badan di lingkungan tertentu, itu adalah lingkungan itu sendiri yang memiliki pengaruh yang lebih besar.

Ada beberapa penyebab medis jarang untuk obesitas, meskipun ini jarang terjadi. Beberapa di antaranya adalah masalah kelenjar atau hormon (tiroid kurang aktif yang dikenal sebagai hypothyroidism), sindrom ovarium polikistik dan hormon seks berkurang (seperti dalam menopause), penyebab genetik (misalnya, Prader-Willi syndrome) dan beberapa obat (kontrasepsi oral, anti -psychotics, anti-epilepsi dan steroid dan beberapa obat diabetes).

Apa saja tanda dan gejala obesitas?

Gejala yang paling jelas adalah jika seseorang membawa kelebihan berat badan dan memiliki BMI lebih besar dari 30 gejala non-spesifik lainnya dapat termasuk kelelahan dan kelelahan. Depresi mungkin akibat atau penyebab asupan makanan yang berlebihan dan penurunan aktivitas. Hampir 30% dari pasien yang mengalami obesitas memiliki gangguan seperti makan berlebihan atau makanan-seeking perilaku makan.

BMI dan lingkar pinggang dan pinggul adalah cara yang berguna untuk menilai berat badan. Perubahan kulit juga dapat terjadi, dan termasuk pertumbuhan rambut berlebih dan gelap, kulit tebal di sekitar ketiak dan leher. Lutut dan osteoarthritis tulang belakang juga lebih sering terjadi pada obesitas.

 

Apa itu Obesitas?

Seberapa sering obesitas?

Kegemukan dan obesitas meningkat dengan cepat. Obesitas menjadi lebih dan lebih umum, setelah tiga kali lipat dalam 25 tahun terakhir di Inggris. Di Inggris, persentase laki-laki yang mengalami obesitas telah meningkat dari 14% pada tahun 1994 menjadi 25% pada tahun 2006, dan untuk perempuan dari 19% pada tahun 1994 menjadi 29% pada tahun 2006. Peningkatan ini di kelebihan berat badan dan obesitas juga terlihat di antara anak-anak. Antara tahun 1995 dan 2006, persentase obesitas di kalangan anak laki-laki Inggris meningkat dari 11% menjadi 17% dan dari 12% menjadi 15% di antara gadis-gadis Inggris.[

Adalah obesitas diwariskan?

Mengingat bahwa banyak anak-anak dari orang tua obesitas menjadi gemuk sendiri dan kedua kembar identik cenderung obesitas bukan hanya satu, ada tampaknya menjadi penyebab genetik untuk obesitas. Namun, seperti yang disebutkan sebelumnya, meskipun faktor genetik dapat mendorong kecenderungan individu untuk menambah berat badan di lingkungan tertentu, itu adalah lingkungan itu sendiri yang memiliki pengaruh yang lebih besar.

Bagaimana obesitas didiagnosis?

Kriteria WHO untuk obesitas didasarkan pada BMI. Seperti disebutkan sebelumnya, untuk orang dewasa, kelebihan berat badan adalah BMI 25,0-29,9. BMI dihitung dengan berat badan Anda dalam kilogram dibagi dengan tinggi badan dalam meter kuadrat (kg / m2). Obesitas adalah BMI 30,0-39,9 kg / m2. Parah atau tidak sehat obesitas didefinisikan sebagai BMI lebih besar dari atau sama dengan 40 kg / m2.

Bagaimana obesitas diobati?

Ada banyak strategi yang berbeda yang diajukan untuk mengobati obesitas dan orang-orang dapat merasa sangat sulit untuk menurunkan berat badan. Menurunkan berat badan adalah komitmen jangka panjang dan individu perlu menemukan strategi yang bekerja untuk mereka dan bahwa mereka dapat mempertahankan dari waktu ke waktu. Sebelum membuat perubahan yang signifikan terhadap gaya hidup, disarankan untuk mengunjungi GP.

Obesitas diperlakukan dalam sejumlah cara yang berbeda:

Program diet – Mencapai pengurangan asupan kalori masih merupakan cara yang paling penting untuk mencapai tahan lama penurunan berat badan.

Program Latihan – Latihan aerobik (seperti jalan cepat atau berenang) adalah nilai terbesar bagi individu yang mengalami obesitas. Tujuan utama minimum harus mencapai 30-60 menit latihan aerobik terus menerus setidaknya lima kali per minggu. Latihan sangat penting untuk setiap program manajemen berat badan karena membantu membangun massa otot, meningkatkan aktivitas metabolisme dan meningkatkan kesehatan secara umum.

Kebijakan publik – Meskipun pengelolaan obesitas pada individu penting, obesitas juga merupakan masalah kesehatan masyarakat. Mendidik masyarakat tentang pola makan sehat serta mendorong partisipasi reguler dalam latihan dan kegiatan di luar ruangan adalah penting.

Diet kalori sangat rendah – ini melibatkan mengurangi asupan kalori hingga 800 kalori per hari atau kurang. Mereka hanya cocok untuk pengobatan pada orang yang sangat gemuk dan hanya harus dilakukan di bawah pengawasan medis. Ketika digunakan dalam kondisi yang tepat, mereka dapat mencapai berat badan dari 1.5-2.5kg per minggu, dengan total kerugian sebanyak 20 kg selama 12 minggu. Meskipun diet ini dapat menyebabkan penurunan berat badan jangka pendek yang signifikan, hal ini sangat sulit untuk mempertahankan diet di luar beberapa minggu. Tutup pengawasan diperlukan untuk menghindari melanggar diet. Kebanyakan orang sering cepat mendapatkan kembali semua berat mereka kehilangan dan sering mendapatkan lebih.

Perubahan Perilaku – ini membutuhkan profesional yang terlatih untuk melakukan diskusi mendalam dengan orang mengenai perubahan yang diperlukan, seperti makan non-makanan dan ngemil. Keberhasilan tergantung pada kedua orang yang sangat termotivasi dan konselor berdedikasi yang bersedia untuk mempertahankan jangka panjang tindak lanjut.

Obat – Tidak banyak obat yang tersedia untuk pengobatan obesitas, dan mereka yang tersedia memiliki efektivitas jangka panjang minimal. Di Inggris, obat anti-obesitas hanya tersedia saat ini adalah orlistat. Orlistat menghambat aksi enzim pankreas mengurangi penyerapan lemak. Ujian telah menunjukkan penurunan berat badan 9-10% selama dua tahun, meskipun hal ini sering kembali pada menghentikan pengobatan (kecuali perubahan gaya hidup – seperti peningkatan olahraga dan penurunan asupan makanan – telah terjadi).

Perawatan bedah – Terapi bedah untuk obesitas (operasi bariatrik) hanya terbukti dihubungkan dengan penurunan berat badan berkelanjutan pada orang dengan obesitas berat yang tidak sehat atau obesitas terkait dengan kondisi lain. Bukti menunjukkan bahwa baik melakukan operasi bariatrik pada pasien yang dipilih dengan cermat dengan dukungan multidisiplin yang baik secara substansial meningkatkan masalah dikaitkan dengan obesitas berat. Oleh karena itu, meskipun operasi bariatrik adalah satu-satunya metode terapi yang terkait dengan terbukti secara konsisten penurunan berat badan berkelanjutan, itu bukan jawaban untuk semua orang.

Apakah ada efek samping untuk pengobatan?

Banyak pengobatan untuk obesitas melibatkan memiliki gaya hidup yang sehat, seimbang dan aktif, yang semuanya berdampak positif pada kesehatan.

Pembedahan memiliki risiko yang terkait dengan itu, antara angka kematian 0,2-1,0%, tergantung pada jenis prosedur yang dilakukan.

Apa implikasi jangka panjang dari obesitas?

Obesitas dikaitkan dengan banyak konsekuensi jangka panjang yang berdampak negatif pada kualitas harapan hidup dan kehidupan. Ini termasuk kondisi seperti:

Diabetes tipe 2

Mobilitas berkurang

Tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan stroke

Kanker seperti endometrium, prostat, kandung empedu, payudara, usus besar dan pankreas

Depresi

Apnea tidur obstruktif

Kesuburan berkurang

Osteoarthritis

Fatty liver dan refluks esofagitis

Leave a Comment