Apa Bukti Pendukung Teori Evolusi?

Sejak Darwin pertama kali diusulkan ide-idenya tentang evolusi biologis dan seleksi alam, baris yang berbeda dari penelitian dari berbagai cabang ilmu pengetahuan telah menghasilkan bukti yang mendukung keyakinannya bahwa evolusi biologis terjadi sebagian karena seleksi alam.

Karena sejumlah besar data yang mendukung gagasan evolusi biologis melalui seleksi alam, dan karena tidak ada bukti ilmiah belum ditemukan untuk membuktikan ide ini salah, ide ini dianggap sebagai teori ilmiah. Karena banyak bukti yang mendukung teori-teori ilmiah, mereka biasanya diterima sebagai benar oleh mayoritas ilmuwan.

 

Apa Bukti Pendukung Teori Evolusi?

Berikut adalah ringkasan singkat dari bukti yang mendukung teori evolusi melalui seleksi alam:

Biokimia adalah ilmu yang mempelajari kimia dasar dan proses yang terjadi dalam sel. Biokimia semua makhluk hidup di bumi sangat mirip, menunjukkan bahwa semua organisme Bumi berbagi nenek moyang yang sama.

Anatomi komparatif adalah perbandingan struktur makhluk hidup yang berbeda. Angka ini membandingkan kerangka manusia, kucing, ikan paus, dan kelelawar, yang menggambarkan betapa miripnya mereka meskipun binatang ini hidup gaya hidup yang unik di lingkungan yang sangat berbeda. Penjelasan terbaik bagi kesamaan seperti yang antara kerangka ini adalah bahwa berbagai spesies di Bumi berevolusi dari nenek moyang yang sama.

Biogeografi, studi makhluk hidup di seluruh dunia, membantu memperkuat teori Darwin tentang evolusi biologis. Pada dasarnya, jika evolusi adalah nyata, Anda akan mengharapkan kelompok organisme yang terkait satu sama lain untuk berkumpul dekat satu sama lain karena organisme terkait berasal dari nenek moyang yang sama.

Di sisi lain, jika evolusi tidak nyata, tidak ada alasan untuk kelompok terkait organisme yang ditemukan di dekat satu sama lain. Ketika biogeographers membandingkan distribusi organisme hidup hari ini atau orang-orang yang hidup di masa lalu (dari fosil), mereka menemukan bahwa spesies didistribusikan di sekitar Bumi dalam pola yang mencerminkan hubungan genetik mereka satu sama lain.

Embriologi komparatif membandingkan embrio dari organisme yang berbeda. Embrio dari banyak hewan, dari ikan ke manusia, menunjukkan kesamaan yang menunjukkan nenek moyang yang sama.

Biologi molekuler berfokus pada struktur dan fungsi molekul yang membentuk sel-sel. Para ahli biologi molekuler telah membandingkan urutan gen antara spesies, mengungkapkan kesamaan antara bahkan organisme yang sangat berbeda.

Paleontologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan prasejarah melalui bukti fosil. Catatan fosil (semua fosil yang pernah ditemukan dan informasi yang diperoleh dari mereka) menunjukkan bukti rinci perubahan pada makhluk hidup melalui waktu.

Contoh modern dari evolusi biologi dapat diukur dengan mempelajari hasil percobaan ilmiah yang mengukur perubahan evolusioner dalam populasi organisme yang hidup hari ini. Bahkan, Anda hanya perlu melihat di koran atau hop online untuk melihat bukti evolusi dalam tindakan dalam bentuk peningkatan jumlah bakteri resisten antibiotik.

Radioisotop kencan memperkirakan usia fosil dan batuan lainnya dengan memeriksa rasio isotop dalam batuan. Isotop adalah bentuk yang berbeda dari atom yang membentuk materi di Bumi. Beberapa isotop, yang disebut isotop radioaktif, membuang partikel dari waktu ke waktu dan berubah menjadi unsur lain.

Para ilmuwan mengetahui tingkat di mana peluruhan radioaktif ini terjadi, sehingga mereka dapat mengambil batu dan menganalisis unsur-unsur di dalamnya. Radioisotop kencan menunjukkan bahwa Bumi berusia 4,5 miliar tahun, yang banyak cukup lama untuk memungkinkan banyak perubahan dalam spesies bumi karena evolusi biologis.

Sebuah fosil bernama Archaeopteryx memiliki banyak fitur yang sama dengan reptil, tetapi juga, seperti burung, menunjukkan bukti bulu.

Kode genetik dari semua kehidupan di Bumi yang tertulis dalam blok bangunan kimia yang sama.

Beberapa gen dari bakteri E. coli memiliki urutan yang sama dengan gen yang ditemukan pada manusia.

Pada tahun 1940, infeksi oleh bakteri Staphylococcus aureus dapat diobati dengan sukses dengan penisilin. Hari ini, populasi ada yang benar-benar tahan terhadap penisilin alam, serta sebagian diubah penisilin seperti methicillin. Populasi ini, yang disebut MRSA, sangat menantang untuk para profesional medis modern.

Paus memiliki kecil, tulang berguna dalam bagian belakang tubuh mereka yang sangat mirip dengan tulang yang ditemukan di kaki vertebrata.

Embrio manusia memiliki insang seperti yang terlihat pada embrio ikan. (Ikan Mengembangkan mempertahankan celah insang mereka, sedangkan manusia tidak.)

Mamalia berkantung (mamalia seperti kanguru yang melindungi anak-anak mereka dalam kantong) hidup hanya dalam beberapa tempat di dunia saat ini – Australia, Amerika Selatan, dan bagian dari Amerika Utara. Meskipun Australia kini ribuan mil jauhnya dari Amerika, di masa lalu tiga benua terhubung sebagai salah satu daratan yang lebih besar.

Fosil bentuk kehidupan paling awal di Bumi, yang terlihat seperti sel-sel bakteri, terjadi pada batuan yang para ilmuwan memperkirakan akan berusia 3,5 miliar tahun.

Leave a Comment