Struktur Dan Komposisi Atmosfer

Atmosfer bumi terdiri dari sekitar 78 persen nitrogen, 21 persen oksigen, dan campuran 1 persen gas kecil didominasi oleh argon.[ Atmosfer dapat dibagi menjadi lapisan vertikal. Perjalanan dari permukaan planet ke atas, lapisan utama adalah troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, dan eksosfer.

Meskipun atmosfer terbentuk selama miliaran tahun, ada kekhawatiran bahwa aktivitas manusia masa kini dapat mengubah atmosfer untuk titik yang dapat mempengaruhi iklim bumi.

Masa Lalu Atmosfer

Table of Contents

Ketika Bumi terbentuk 4,5 juta tahun yang lalu, atmosfernya mungkin terdiri dari hidrogen, metana, dan amonia gas-mirip dengan planet luar di tata surya kita. Beberapa ilmuwan berteori bahwa suasana asli ini mungkin telah hilang ketika matahari keras dipancarkan bahan yang menyapu amplop gas ini dari seluruh bumi.

Hal ini diyakini bahwa atmosfer bumi saat kemudian mulai terbentuk ketika gas yang dirilis oleh aktivitas gunung berapi awal. Gas-gas ini termasuk uap air, karbon dioksida, nitrogen, dan sulfur atau belerang senyawa. Uap air yang terbentuk awan yang terus-menerus hujan di Bumi, membentuk lautan. Karena karbon dioksida mudah larut dalam air, lautan baru secara bertahap diserap sebagian besar.

Tanaman awal di planet ini kemudian mulai menyerap sinar matahari, air, dan karbon dioksida yang tersisa, melepaskan oksigen sebagai produk sampingan (proses yang dikenal sebagai fotosintesis). Selama miliaran tahun, oksigen semakin dibangun di atmosfer, akhirnya mencapai persentase kini nya.

Lapisan Atmosfer

Sembilan puluh sembilan persen dari total massa atmosfer yang terkandung dalam pertama 40 sampai 50 mil (65-80 kilometer) di atas permukaan bumi. Atmosfer dapat dibagi menjadi lapisan berdasarkan suhu atmosfer dan tekanan. Sebelum tahun 1900, para ilmuwan percaya bahwa suhu turun merata elevasi meningkat. Para peneliti sekarang tahu, bagaimanapun, bahwa suhu tingkat off, kemudian meningkat, mulai dari sekitar 8 mil (14 kilometer) di atas Bumi.

Bagian-bagian untuk Tahu

Eksosfer: Lapisan Akhir atmosfer, membentang dari bagian atas ribuan termosfer mil ke ruang angkasa. Ionosfer: Sebuah sub dalam termosfer, membentang dari sekitar 50 mil (80 kilometer) ke lebih dari 150 mil (400 kilometer) di atas Bumi dan mengandung konsentrasi tinggi dari atom dan molekul bermuatan (ion).

Mesosfer: Lapisan ketiga dari atmosfer, membentang dari stratosfer menjadi sekitar 50 mil (80 kilometer) di atas Bumi. Radiasi: Energi dalam bentuk gelombang atau partikel.

Stratosfer: Lapisan kedua atmosfer, membentang dari tropopause, atau atas troposfer, sekitar 30 mil (50 kilometer) di atas Bumi. Termosfer: Lapisan keempat atmosfer, membentang dari bagian atas mesosfer dan memperluas sekitar 400 mil (640 kilometer) di atas Bumi.

Troposfer: Lapisan atmosfer yang paling dekat dengan permukaan tanah, membentang hingga 5 sampai 10 mil (8 sampai 16 kilometer) di atas Bumi. Radiasi

ultraviolet: Radiasi mirip dengan cahaya tampak, tetapi panjang gelombang yang lebih pendek, dan energi sehingga lebih tinggi. Troposfer. Troposfer memanjang dari permukaan tanah hingga ketinggian antara 5 dan 10 mil (8 dan 16 kilometer) di atas Bumi. Troposfer adalah tebal di atas khatulistiwa dan tertipis di kutub.

Lapisan ini mengandung 80 persen dari massa atmosfer, termasuk semua udara yang kita hirup dan hampir semua yang hadir uap air di atmosfer. Awan dan semua fenomena cuaca lainnya terjadi di troposfer.

Suhu di lapisan penurunan ini terus meningkat dengan ketinggian, sekitar 3,5 ° F per 1.000 kaki (2 ° C per 305 meter). Di permukaan bumi, suhu rata-rata sekitar 63 ° F (17 ° C). Di bagian atas troposfer, daerah yang dikenal sebagai tropopause, suhu berhenti menurun, setelah mencapai serendah -70 ° F (-57 ° C).

 

Struktur Dan Komposisi Atmosfer

Stratosfer. Stratosfer memanjang ke atas dari troposfer sekitar 30 mil (50 kilometer) di atas Bumi. Suhu di stratosfer tetap cukup konstan. Mereka mulai naik hanya dekat bagian atas lapisan, sebuah daerah yang disebut stratopause tersebut. Berikut suhu hampir hangat seperti mereka berada di permukaan bumi.

Pemanasan ini karena adanya lapisan ozon, atau ozonosfir, dalam stratosfer, sekitar 15 mil (24 kilometer) di atas Bumi. Molekul ozon menyerap radiasi ultraviolet matahari (energi dalam bentuk gelombang atau partikel) dan mengubahnya menjadi energi panas, yang memanas stratosfer dan menyebabkan peningkatan suhu.

Kehadiran ozon di atmosfer sangat penting karena mencegah sinar ultraviolet dan radiasi berbahaya lainnya dari mencapai permukaan planet. Mesosfer. Mesosfer memanjang ke atas dari stratosfer menjadi sekitar 50 mil (80 kilometer) di atas Bumi. Suhu menurun tajam dalam lapisan ini, jatuh dari sekitar 20 ° F (-6 ° C) di dasar sekitar -130 ° F (-90 ° C) di bagian atas. Termosfer.

Termosfer memanjang ke atas dari mesosfer ke sekitar 400 mil (640 kilometer) di atas Bumi. Suhu meningkat secara dramatis dalam termosfer, mencapai 2.700 ° F (1.480 ° C). Karena ini suhu tinggi, kebanyakan meteor yang memasuki atmosfer bumi hancur atau terbakar di lapisan ini. Termosfer mengandung daerah yang dikenal sebagai ionosfer, yang membentang dari sekitar 50 mil (80 kilometer) ke lebih dari 250 mil (400 kilometer) di atas Bumi.

Ionosfer mengandung konsentrasi tinggi ion, atau partikel bermuatan listrik, yang membantu mencerminkan sinyal radio tertentu melalui jarak yang jauh. Elektron berkecepatan tinggi dari Matahari ditarik menuju daerah kutub oleh medan magnet bumi. Setelah memasuki termosfer dan bertabrakan dengan molekul udara seperti oksigen dan nitrogen, partikel-partikel ini menjadi bercahaya, sehingga borealis berwarna-warni aurora (cahaya utara) di belahan bumi utara dan aurora australis (cahaya selatan) di belahan bumi selatan. eksosfer.

Eksosfer adalah lapisan akhir dari atmosfer, membentang dari bagian atas ribuan termosfer mil ke ruang angkasa. Suhu di lapisan ini berkisar dari sekitar 570 ° F (300 ° C) untuk lebih dari 3.000 ° F (1.650 ° C). Suasana tidak lagi dianggap gas pada lapisan ini karena kurangnya gravitasi memungkinkan banyak molekul gas melayang ke angkasa.

 

Struktur Dan Komposisi Atmosfer

 

Masa Depan Atmosfer

Perubahan masa depan ke atmosfer yang sulit diprediksi. Ada banyak kekhawatiran, namun, tentang peningkatan karbon dioksida dan penurunan ozon di atmosfer. Karbon dioksida adalah salah satu yang disebut gas rumah kaca. Gas-gas ini menyerap sebagian energi matahari yang terpancar dari bumi, mencerminkan kembali ke permukaan sebelum lolos ke ruang angkasa.

Peningkatan kadar karbon dioksida di atmosfer, yang disebabkan oleh pembakaran bahan bakar fosil seperti batu bara dan minyak, dapat menyebabkan peningkatan suhu permukaan bumi.

Penurunan jumlah ozon di atmosfer pertama kali terdeteksi pada pertengahan 1980-an. Hal ini ditemukan setelah itu bahwa chlorofluorocarbons (CFC) -Industri kimia yang digunakan dalam pendingin, propelan aerosol, dan pelarut-bertanggung jawab untuk menghancurkan ozon. Penggunaan CFC sejak itu telah dilarang di sebagian besar negara-negara industri, tetapi efek jangka panjang dari hilangnya ozon belum diketahui.

 

Leave a Comment